by

Foyer Rumah Minimalis mengapa Harus ada di Ruang Tamu Anda?

Foyer rumah minimalis adalah bagian dari rumah yang kurang lebih berfungsi sebagai tempat transit bagi para tamu sebelum memasuki ruang tamu utama. Untuk tipe kebanyakan rumah di Indonesia, mungkin tidak terdapat ruangan yang disebut foyer atau tempat peralihan dari beranda ke bagian dalam rumah.

Foyer memang merupakan konsep ruangan yang diambil dari arsitektur barat yang secara geografis mengalami musim dingin, dimana foyer dijadikan pemisah ruangan suapaya suhu dingin tidak langsung masuk ke dalam ruangan rumah.

foyer rumah minimalis, desain foyer rumah minimalis, contoh foyer, ruang foyer, meja foyer, foyer adalah, pengertian foyer
foyer rumah minimalis – diminimalis.com

Foyer rumah minimalis cocokkah untuk denah rumah Indonesia?

Sebagaimana yang kita tahu, Indonesia hanya mengenal dua musim dan tidak mengalami musim dingin. Selain itu foyer pada desain interior akan membutuhkan ruang tambahan. Tentu saja hal ini akan merepotkan bagi pecinta konsep rumah minimalis untuk mendesainnya.

Namun pertimbangan di atas bukan masalah di era modern saat ini. Karena kehadiran foyer tidak lagi semata-mata untuk mencontek desain arsitektur barat semata.  Kita tinggalkan alasan tersebut, termasuk manfaat foyer saat musim dingin di barat sana.

Di Indonesia sendiri, foyer banyak difungsikan sebagai ruang tunggu oleh dokter yang membuka praktek di rumah. Dari sini dapat disimpulkan bahwa rumah yang memiliki foyer umunya hanya rumah-rumah yang luas. Namun bukan berarti, desain foyer tak cocok diterapkan untuk rumah minimalis.
Bagi Anda pecinta konsep minimalis, kehadiran foyer tetap penting ketika Anda sudah memiliki alasan yang tepat, diantaranya.

1.    Pada momen-momen tertentu, foyer  dapat berfungsi sebagai ruang tamu utama ketika sang pemilik rumah sedang kebanjiran tamu seperti pada saat lebaran. Oleh karena itu, penataan foyer perlu direncanakan sejak awal agar dapat berfungsi secara maksimal pada momen-momen seperti di atas.

2.    Seperti yang telah disinggung di atas, foyer berfungsi sebagai tempat transit bagi para tamu rumah sebelum memasuki ruang tamu utama. Hal ini juga bisa menjadi pemisah bila ada tamu yang datang pada waktu bersamaan dengan maksud dan tujuan yang berbeda, sehingga tamu bisa diterima secara terpisah.

3.    Adakalanya kita menerima tamu tertentu yang tidak perlu disambut di dalam ruang tamu utama, misalnya petugas administrasi ataupun sales yang mungkin datang untuk keperluan tertentu.

4.    Foyer bisa mengurangi debu dan polusi dari luar yang masuk ke ruang tamu utama.

5.    Mengurangi suhu panas dari luar ruangan sehingga suhu di tidak terlalu panas

foyer rumah minimalis, desain foyer rumah minimalis, contoh foyer, ruang foyer, meja foyer, foyer adalah, pengertian foyer
foyer rumah minimalis dengan cermin di dinding – diminimalis.com

6. Anda juga bisa melengkapi foyer dengan sentuhan artistik yang sedikit bisa menggabarkan karakter pemilik rumah. Anda bisa juga menambahkan lukisan atau cermin di dinding foyer.

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membuat Foyer Rumah Minimalis

1. Tentukan dimana foyer akan dibuat

Anda bisa menentukan letak foyer di bagian depan  setelah pintu utama. Atau bisa juga di tempat lain jika memang space yang ada tidak memungkinkan. Yang penting adalah sesuai dengan fungsi dan tujuan utamanya.

2. Apa fungsi keberadaannya

Kalau dulu, foyer lebih ke tempat untuk meletakan barang-barang antik yang dikoleksi. Namun saat ini foyer lebih sering difungsikan sebagai ruang tamu mini atau tempat menyambut tamu sebelum masuk ke ruang tamu utama. Apapun tujuan Anda membuat foyer, pikirkan sejak awal agar mudah merancang desainnya.

3. Sesuaikan tema desainnya dengan konsep rumah

Menyesuaikan konsep foyer dengan tema rumah sangatlah penting. Hal ini agar tercipta hasil desain yang lebih sesuai dengan keinginan. Jika rumah Anda mengusung konsep minimalis modern, maka cukup tambahkan beberapa furniture saja. Pilih yang warnanya netral atau monochrome agar terlihat elegan.

4. Pilih furniture yang paling tepat

Terakhir, tentukan furniture yang paling tepat mengisi foyer rumah Anda. Pilih furniture yang mampu menunjang kebutuhan dan fungsi foyer Anda. Tambahan meja kecil dan beberapa kursi sepertinya sudah cukup. Anda juga bisa menambahkan cermin atau elemen lain yang bisa menunjang tampilan foyer lebih baik.

Ingat bahwa Foyer rumah minimalis merupakan salah satu cara untuk memodifikasi ruangan untuk beragam kepentingan. Anda juga bisa memodifikasi ruang tamu dengan desain ruang terbuka minimalis. Selamat berkreasi.(ls) editted by RN11122019


Comment