Rekomendasi Film Bertema Arsitek yang Cocok untuk Arsitektur Muda

Di dunia digital seperti ini semua ilmu pengetahuan bisa dipelajari dengan mudah melalui berbagai cara. Jika Anda sedang menekuni bidang keahlian tertentu, Anda bisa mendapatkan referensi ilmu di mana saja termasuk dari sebuah scene film.

Untuk Anda pecinta desain bangunan [arsitektur], ada beberapa rekomendasi film bertema arsitek yang bisa Anda tonton untuk memperkaya khazanah keilmuan Anda. Film-film ini bahkan ada yang diangkat dari kisah nyata seorang tokoh terkenal dunia.

Penasaran, apa saja judul film bertema arsitek yang kami rekomendasikan? Yuk kita cek sama-sama di bawah ini.

My Arcitect dan Archiculture: Film Bertema Arsitek yang Layak Tonton

Dunia film selalu menyuguhkan cerita menarik dengan tokoh, scene, dan setiap adegan yang dilakukan. Ada yang tujuannya sekedar menghibur, ada pula yang memang bersifat edukasi agar penonton bisa mengambil sebuah nilai moral dari film tersebut.

Nah, bicara soal film, ada tema yang unik yang jarang diangkat kepada khalayak sebagai topik/nama film, yaitu tema arsitektur.

Pernah ada beberapa film bertema arsitek yang cukup bagus untuk ditonton namun memang sudah sedikit lawas. Meski begitu, justru artikel ini akan mengulas film-film lawas tersebut karena menurut kacamata kami masih layak dinikmati di awal tahun 2021 ini.

Jadi, bagi Anda yang memiliki passion di dunia arsitektur, ada 2 film bertema arsitek yang akan kami rekomendasikan disini. Dua film tersebut yaitu “My Arcitect” (2003) dan “Archiculture” (2014). Keduanya adalah film dokumenter yang sama-sama mengulas mendalam tentang dunia arsitektur.

film bertema arsitek, film bertema arsitektur, film tentang bangunan
Cover film “My Architect” – diminimalis.com

Jadi, mari kita bahas-bahas satu sinopsis film bertema arsitek tersebut ya biar ada sedikit gambaran.

My Arcitect

My Arcitect adalah sebuah film bertema arsitek yang menyajikan sebuah “Katalog” karya-karya Louis Khan, seorang arsitek perfeksionis dan idealis di masanya.

Film ini dibuat dengan alur yang lambat namun tidak ada sedikitpun kesan membosankan. Tidak lain karena sejak awal sudah dimanjakan oleh banyak karya bangunan layaknya mahakarya seni.

Film ini bercerita tentang Nathaniel Khan, seorang anak yang ingin mengenali ayahnya yang telah meninggalkannya semenjak umur 11 tahun. Ayahnya adalah Louis Khan, seorang arsitek ternama dunia yang telah meninggal dunia karena serangan jantung di kamar mandi sebuah stasiun tahun 1974.

Louis Khan meninggalkan 3 orang istri dan anak-anak. Yaitu satu perempuan yang dinikahinya beserta anak dan dua perempuan yang tidak dinikahinya juga beserta anak-anaknya.

Khan melakukan perjalanan ke gedung-gedung yang dibuat oleh ayahnya, mewawancarai kolega, istri, dan juga saudari tirinya. Selain itu ia juga mengamati beragam video tentang ayahnya.

Di film ini, tidak hanya menyajikan narasi tentang Louis Khan, suguhan bangunan-bangunan cantik dari sudut pandang menarik pun lumayan memanjakan mata.

Film ini salah satu yang kami rekomendasikan untuk Anda tonton karena pesan tersiratnya yang bagus sebagai pengetahuan seorang arsitektur.

Kegigihan yang dimiliki oleh Khan dan kejeniusannya dalam mengembangkan karya patut ditiru oleh siapapun yang menekuni bidang yang sama. Secara keseluruhan, film bertema arsitek ini cukup bagus sebagai referensi dalam menemukan ide arsitektur.

Jalannya film yang tidak datar-datar saja akan membawa Anda menyelami dunia arsitektur ala pikiran tokoh pemerannya dengan penuh semangat. Jika belum menontonnya silahkan download filmnya di situs download film internet.

Archiculture

film tentang arsitek, judul film tentang arsitek, film tentang kehidupan arsitek
cover film archicultire – diminimalis.com

Jika Anda ingin lebih tahu tentang dunia kearsitekan, film ini kami rekomendasikan juga untuk Anda tonton.

Film Archiculture ini memang lebih terasa bergenre pop dengan pendeskripsian dunia kerja arsitek yang kekinian. Tidak heran, film ini sudah banyak dinanti kehadirannya oleh para penggemar yang telah lebih dulu menyaksikan trailer nya.

Archiculture” merupakan film besutan Ian Harris dan David Krantz—keduanya pernah mengenyam pendidikan arsitektur sebelum bergelut di dunia film.

Mereka ingin menunjukkan bahwa dunia studio arsitektur berperan sentral dalam dunia akademik arsitek. Beragam karakter unik dengan segala humor, gairah, dan ketegangannya, mampu dikemas dan disajikan secara natural kepada khalayak ramai.

Mereka ingin menunjukkan kehidupan tersebut sekaligus juga memberikan sudut pandang kritis mengenai budaya yang ada di dunia studio arsitektur.

Film ini menceritakan perjalanan sekelompok mahasiswa desain melewati semester akhir mereka di Pratt Institute di Kota New York. Interaksi dan reaksi para mahasiswa membantu memberi ilustrasi tantangan nyata menjadi seorang desainer muda di dunia.

Alur cerita film yang dibangun sebagai sebuah diskusi timbal balik antara dunia studi arsitektur dan praktek profesi arsitek yang mampu menciptakan kesan yang mendalam di industri arsitektur.

Film dokumenter berdurasi 25 menit ini spesifik menyoroti aktivitas studio tingkat akhir di Pratt Institute, New York. Selain itu, film ini juga meliput pendapat dari berbagai arsitek, sejarahwan, dosen, dan kritikus arsitektur mengenai kehidupan studio.

Beberapa tokoh yang diwawancarai antara lain Shigeru Ban, Kenneth Frampton, dan Thomas Mayne.

Archiculture dibuat sejak tahun 2007. Mulanya film ini ingin dinamakan Architorture, tetapi kemudian diganti menjadi nama yang lebih netral mengingat tujuannya bukan untuk melihat studio sebagai suatu budaya yang negatif.

Syuting/pengambilan gambarnya sendiri dilakukan pada tahun 2008, dengan total footage mencapai 160 jam.

Setelah diputar lebih dari 130 kali di 26 negara, “Archiculture” dirilis untuk umum pada 17 Desember 2014 dan kini bisa dinikmati di seluruh dunia. Sekarang setelah film ini diputar 130 kali di 26 negara, Anda bisa menontonnya secara online melalui youtube.

Film ini sangat kami rekomendasikan bagi Anda yang menyukai dunia arsitekur, karena banyak sekali pelajaran yang bisa Anda dapatkan setelah menonton film ini.

Baca juga: Pentingnya Memakai Layanan Jasa Arsitek untuk Pembangunan Rumah Impian Anda

Oke itu saja ulasan dari kami tentang dua film bertema arsitek terbaik yang pernah dibuat industri perfilman. Jika Anda sedang menggeluti dunia kearsitekan, maka film ini sebaiknya tidak Anda lewatkan untuk ditonton. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa.(ls) editted by RN18032021

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.