Memasang Exhaust Fan Kamar Mandi untuk Menjaga Kelembaban

Rumah minimalis secara tidak langsung memaksa setiap ruangan yang ada di dalamnya untuk serba terbatas. Baik secara ukuran maupun desain interior yang diusung. Hal ini berdampak pada kamar mandi yang sangat sulit dibuatkan ventialasi. Apalagi biasanya terletak di antara dua ruangan yang berbeda.

Kondisi ini memaksa Anda untuk mencari altenatif agar ruangan tidak terlalu lembab. Salah satu ide yang bisa diterapkan adalah dengan memasang exhaust fan kamar mandi. Yang mana alat ini berfungsi sebagai pengganti jendela yang berguna untuk mensirkulasikan udara. Kita tahu, kamar mandi jika sering lembab dan pengap maka tidak menyehatkan.

Alasan Pentingnya Sirkulasi Udara pada Kamar Mandi

Apapun fungsi sebuah ruangan, ventilasi udaraa sangatlah penting. Apa alasannya?

1. Ruangan jadi tidak pengap; cahaya dan udara bisa masuk dengan mudah

Pertukaran udara dan cahaya yang keluar masuk ruangan amat penting untuk kesehatan. Itulah kenapa minimal harus ada beberapa jendela atau bukaan di salah satu sisi rumah.

Kaitannya dengan kamar mandi, ventilasi menjadi penting untuk dibuat agar tidak pengap. Bau-bauan sisa sabun dan detergen bisa keluar dan digantikan dengan udara baru. Jadi intinya, kamar mandi yang dipakai hampir setiap hari memerlukan sirkulasi udara sehingga menambahkan ventilasi sangatlah penting.

2. Menghemat energi

Siapa sangka bahwa adanya ventilasi udara juga berpengaruh pada misi penghematan bulanan. Ya, ventilasi selain berfungsi sebagai sirkulai udara juga bisa dimanfaatkan sebagai sumber masuknya cahaya. Dengan kata lain, jika cahaya ruangan/ kamar mandi bisa sekaligus diambilkan dari ventilasi maka lampu akan lebih minim pemakaian. Anda jadi lebih hemat.

3. Ventilasi bisa jadi pintu darurat

Pada rumah minimalis modern, semua dinding terbuat dari konstruksi bangunan yang kuat. Satu-satunya yang bersifat fleksibel adalah elemen ventilasi khususnya jendela. Dalam beberapa kasus berbahaya, jendela atau elemen ventilasi lainnya bisa jadi jalan keluar darurat. Misalnya saat terjadi kebakaran atau musibah lain yang tidak memungkinkan Anda untk keluar dari pintu utama.

4. Dukung kecantikan rumah dengan ventilasi

Adanya ventilasi juga bisa sekaligus dimanfaatkan untuk membuat rumah semakin cantik. Ini tentu berlaku untuk jenis ventilasi yang berukuran besar seperti jendela. Untuk ruangan tertentu seperti kamar mandi, ventilasi juga bisa berperan sebagai penghias ruangan. Jika tidak memungkinkan dibuat jendela, maka kipas hisap bisa jadi pilihan yang pas untuk mewujudkan kamar mandi sehat dan cantik.

Ventilasi dengan Exhaust Fan Kamar Mandi

Exhaust fan bisa Anda gunakan sebagai salah satu solusi mengakali kamar mandi yang tidak memiliki jendela. Kita tahu jika kamar mandi tanp sirkulasi udara dan cahaya yang bagus, akan mengakibatkan jadi lembab serta mudah ditumbuhi jamur.

Exhaust fan Kamar Mandi, Exhaust fan Kamar Mandi yang bagus, fungsi Exhaust fan Kamar Mandi

kamar mandi sehat dengan exhaust fan – diminimalis.comExhaust fan kamar mandi sendiri umumnya dipasang di plafon. Idealnya, Anda bisa menggunakan exhaust fan dari tipe sirocco atau tipe penghisap seperti layaknya AC. Namun, apabila tidak memungkinkan untuk memasang tipe sirocco, pilihlah tipe baling-baling karena tipe ini juga tak kalah bagus.

Dalam memasang exhaust fan kamar mandi tipe baling-baling, jarak antara plafon dengan atap minimal adalah satu setengah meter. Sediakan ventilasi di bagian atap guna mengalirkan udara hasil buangan dari exhaust fan tersebut. Untuk daya sedot yang dibutuhkan sebuah kamar mandi adalah lima kali dimensi ruang dalam meter kubik.

Exhaust fan Kamar Mandi, Exhaust fan Kamar Mandi yang bagus, fungsi Exhaust fan Kamar Mandi

salah satu contoh produk Exhaust fan yang berkualitas – diminimalis.com 

 

Sebagai contoh, apabila ukuran kamar mandi Anda adalah 2 x 3 meter dan tinggi 2.5 meter maka daya sedot minimal yang dibutuhkan ialah 5 x 15 meter kubik atau sama dengan 75 meter kubik per jamnya. Exhaust fan kamar mandi ini juga bisa digabung dengan jalusi di pintu. Jalusi akan memasukkan udara ke kamar mandi saat exhaust fan menyala atau dalam keadaan on.

Agar fungsi exhaust fan bekerja maksimal, Anda bisa memasangnya di plafon yang letaknya bersebarangan dengan pintu. Ini bertujuan agar udara bisa berputar dari dan keluar kamar mandi. Sirip pintu jalusi juga sebaiknya dibuat miring ke atas, bukan ke arah bawah. Tujuannya agar angin dingin bisa masuk dari bagian bawah.

Model dan Harga Exhaust Fan Kamar Mandi

Hingga saat ini ada beberapa model dan merk exhaust fan yang beredar di pasaran. Merk-merk tersebut diantaranya: KDK, Cosmos, Mitsubishi, Maspion, dan Panasonic. Adapu harga yang ditawarkan setiap unit merk ergantung pada model, ukuran, dan kualitas barang.

Sebagai gambaran, harga exhaust fan dikutip dari online shop jualelektronik.com adalah sebagai berikut:

Merk

Rentang Harga

KDK

250 ribu – 3 juta

Cosmos

150 – 500 ribu

Maspion

150 – 300 ribu

Mistsubishi

200 – 300 ribu

Panasonic

300 – 800 ribu

Masing-masing merk di atas juga punya model tersendiri yang ditawarkan, ada sirocco ada juga baling-baling. Biasanya tipe sirocco lebih mahal namun lebih awet. Sementara tipe baling-baling harganya lebih terjangkau meski kualitas barang medium. Jadi, Anda pilih yang mana?

Semoga sukses ya dalam memasang exhaust fan kamar mandi di rumah Anda. Sampai jumpa. (ls) editted by RN17042020


Comment