Elemen Pelengkap Tangga dengan Masing-Masing Manfaatnya

Tangga dengan berbagai elemen pelengkap keamanannya - diminimalis.com

Elemen pelengkap tangga pada rancangan rumah minimalis modern dihadirkan sebagai inovasi untuk memberikan keamanan bagi pemilik rumah. Bila Anda memiliki rumah dua lantai, maka Anda juga perlu memasang beberapa elemen tangga yang kami rekomendasikan disini, antara lain : plint lantai, border, dan step nosing. Pada kesempatan kali ini, Diminimalis akan membahas ketiga ornament tersebut dan mengapa penting untuk Anda pasang pada tangga rumah minimalis Anda.

elemen pelengkap tangga, elemen pelengkap tangga rumah, ornamen tangga rumah
Tangga dengan berbagai elemen pelengkapnya – diminimalis.com

Elemen pelengkap tangga dan manfaatnya

Apa yang dimaksud dengan border, plint lantai, dan step nosing tangga? Di bawah ini akan kami jelaskan masing-masing manfaatnya untuk Anda.

1. Border
Border biasa digunakan sebagai pembatas untuk dua area ruang yang berbeda ukuran material, corak, maupun jenis material lantai atau dinding. Misalnya lantai kamar menggunakan keramik 40×40 sedangkan lantai koridor menggunakan keramik 60×60 maka biasanya pada pertemuan material yang berbeda ukuran tersebut (pada kasus ini anggap saja di pintu) dipasang border lantai agar terlihat rapi.

elemen pelengkap tangga, elemen pelengkap tangga rumah, ornamen tangga rumah
salah satu contoh plint lantai pada tangga – diminimalis.com

2. Plint lantai
Plint lantai atau skirting adalah bidang pembatas antara lantai dan dinding. Umumnya plint lantai dibuat pada dinding 10 cm sampai 15 cm dari lantai. Fungsi dari plint lantai adalah untuk menjaga dinding tetap bersih dari gesekan benda-benda serta untuk mencegah debu dan kotoran berkumpul pada sudut pertemuan dinding dan lantai sehingga mudah dibersihkan.

Plint lantai umumnya menggunakan bahan yang sama dengan lantainya (misalnya lantai keramik 30 x 30 cm maka plintnya juga keramik mungkin dengan ukuran 10 x 30 cm), tetapi kadang ada juga yang menggunakan pelat stainless steel, kayu solid atau kayu olahan (MDF), atau ada juga yang hanya menggunakan cat dengan warna yang lebih gelap dari cat dindingnya (bisa cat tembok biasa atau cat minyak).

3. Step nosing

Sedangkan step nosing biasanya dipasang pada ujung trap tangga agar tangga tidak licin / anti selip selain itu step nosing juga biasanya tumpul pada bagian ujungnya sehingga melindungi pengguna dari sudutan trap tangga.

Demikian ulasan kami tentang berbagai ornamen tangga dan manfaatnya, Anda juga bisa membaca artikel kami tentang memanfaatkan ruang bawah tangga rumah minimalis Anda di bawah ini, semoga bermanfaat. (ls)

Memanfaatkan ruang bawah tangga rumah minimalis Anda

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.