Memiliki sebuah hunian yang alami dan sejuk merupakan dambaan setiap orang, khususnya untuk yang tinggal di daerah perkotaan yang notabenya berhawa panas dan gersang. Penggunaan elemen batu alam pada lantai maupun dinding bisa digunakan sebagai sarana untuk menciptakan kesan alami dan sejuk tersebut.

Penerapan elemen batu alam nantinya tidak hanya akan sekedar sebagai penyejuk semata, namun juga jadi semacam penunjang estetika hunian. Tinggal seperti apa strategi yang tepat untuk memadukan elemen batu alam tersebut menjadi sebuah hasil karya yang nyata.

elemen batu alam
dinding dengan elemen batu alam – diminimalis.com

Pada prinsipnya, semua bagian eksterior dan interior dapat dikombinasikan dengan batu alam sebagai elemen pemanis sekaligus ‘menaturalkan’ rumah. Pada bagian eksterior rumah, batu alam bisa Anda aplikasikan pada dinding pagar atau fasad sehingga tampak depan menjadi lebih indah.

Sementara pada interior, meletakan batu-batu kecil di area kamar mandi juga dapat dilakukan guna mengesankan nuansa yang lebih alami. Bisa juga diaplikasikan pada lokasi tertentu yang sengaja dibuat untuk menampilkan kesan natural pada interior rumah minimalis Anda.

Tips Memadupadankan Elemen Batu Alam

Untuk mendapatkan hasil perpaduan terbaik batu alam dengan lingkungannya tentu saja tidak bisa serta merta asal memasangnya. Perlu ada beberapa hal yang ditentukan seperti misalnya jensi batu alam seperti apa yang cocok dengan ruangan.

Secara garis besar, berikut ini beberapa hal yang kudu diperhatikan, diantaranya:

Tentukan elemen batu alam terbaik

Ketika Anda hendak mewujudkan rumah minimalis dengan aplikasi batu alam pada rumah, hal pertama yang mesti Anda lakukan adalah menentukan ukuran, pola, dan teksturnya. Penentuan jenis batu alam untuk dinding yang tidak tepat akan menjadikan sulitnya psoses pemasangan.

Selain itu, keseragaman ukuran elemen batu alam yang Anda pilih juga akan menentukan baik tidaknya hasil akhir yang diperoleh. Waktu pengerjaan yang dibutuhkan juga dipengaruhi oleh ukuran batu alam pilihan Anda.

Semakin sesuai dan seragam ukuran batu alam yang dipilih maka semakin singkat waktu pengerjaan yang dibutuhkan untuk menyusunnya. Semakin cepat pengerjaan jelas berdampak pula pada lebih sedikitnya dana yang dibutuhkan untuk pembiayaannya.

Untuk urusan pola dan tekstur batuan alam seperti apa yang diinginkan setiap orang tentunya tidak sama. Namun secara umum elemen batu alam ini lumrahnya digunakan di area eksterior. Fasad rumah akan terlihat lebih indah dan terkesan natural jika mengadopsi batu alam.

Besarnya pori-pori yang dimiliki batu alam juga turut andil menyulitkan pemasangan sehingga hindarilah pemasangan langsung pada dinding. Solusi untuk menghindari hal tersebut adalah dengan merendamnya dalam air beberapa saat agar daya rekat batu alam bisa maksimal. Selanjutnya, pemilihan bahan perekat juga sangat menentukan kuat tidaknya batu alam bisa menempel pada dinding. Untuk itu, gunakan semen yang berkualitas baik sebagai bahan perekatnya.

elemen batu alam
jenis batu alam – diminimalis.com

Pilih Kombinasi Terbaiknya

Pengetahuan Anda tentang batu alam juga sebaiknya diperdalam, karena banyaknya jenis batuan alam yang bisa Anda manfaatkan. Salah satu contohnya adalah membedakan jenis batu alam yang bisa dipakai pada dinding dan di lantai, masing-masing memiliki kriteria yang berbeda. Secara umum batuan yang digunakan pada dinding bertekstur lebih kasar dibandingkan batuan yang digunakan pada lantai.

Keindahan dari penggunaan elemen batu alam pada rumah memang ‘menyejukkan’ namun faktor keselamatan jangan terlewat untuk Anda perhitungkan. Anda harus memastikan batu alam yang digunakan aman bagi seluruh penghuni rumah, sehingga kesempurnaan penggunaan elemen batuan alam bisa Anda dapatkan.

Pengkombinasian dengan elemen kayu juga bisa Anda lakukan guna memaksimalkan kesan natural rumah Anda. Anda bisa menggunakan material kayu ini sebagai bingkai ataupun pembatas jika Anda menggunakan lebih beberapa jenis batu alam yang berbeda. Pilih area yang tidak terkena panas dan hujan secara langsung untuk material kayu ini agar tidak cepat lapuk dan rusak.

Demikianlah ulasan singkat mengenai elemen batu alam yang bisa Anda gunakan sebagai penambah kesegaran dan kesan natural pada rumah minimalis Anda. Semoga bisa menginspirasi dan memberikan pencerahan saat Anda hendak membangun rumah. Selamat mencoba dan semoga membantu (am.).editted by RN05052021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *