Tips Mempercantik Eksterior Rumah Minimalis dengan Aplikasi Cat

Bicara soal bagian luar rumah atau sering disebut dengan eksterior pada rumah minimalis, maka ide desainnya sangat kompleks. Elemen eksterior rumah minimalis tidak hanya bicara soal tembok saja. Namun juga, hal-hal lain yang turut serta jadi bagian dari teras, halaman, dan seluruh area yang tercakup dalam luas tanah dimana berdirinya rumah.

Nah, atas dasar inilah tidak heran jika eksterior rumah minimalis yang dimiliki setiap orang juga pasti berbeda-beda, tergantung selera. Namun demikian, elemen eksterior hunian itu tidak akan jauh-jauh dari yang biasa dijumpai pada sebuah hunian, khususnya model desain minimalis.

Dari mulai tembok bagian luar, teras hingga carport jadi bagian dari elemen eksterior yang biasanya ada pada rumah minimalis. Sekarang, mari kita bahas bagaimana tips terbaik mempercantik eksterior rumah minimalis Anda agar tidak monoton.

Alasan Kenapa Eksterior Rumah Perlu Diperhatikan

Demi estetika hunian, banyak yang rela mengeluarkan biaya lebih untuk membuat  eksterior rumah minimalis yang diidamkan terwujud. Tentu ini tidak salah alias wajar saja jika tidak terlalu mengganggu biaya bulanan Anda.

Jika memang ingin yang serba irit, Anda bisa lakukan beberapa perubahan dalam hal dekorasi memanfaatkan barang-barang bekas. Sayangnya kita tidak akan membahas terlalu jauh soal itu, karena kita hanya akan coba menyoroti soal pemilihan cat tembok bagian luar rumah.

eksterior rumah minimalis
eksterior rumah minimalis yang menawan – diminimalis.com

Cat yang cepat terkelupas atau luntur merupakan salah satu masalah yang sering terjadi pada sebuah rumah. Entah karena faktor cuaca, atau kesalahan pemilihan cat sedari awal sehingga kualitasnya buruk. Yang pasti, eksterior rumah minimalis jadi terlihat kurang estetis secara tampilan.

Sebagai bahan perbincangan, berikut ini diminimalis ulas beberapa tips memilih cat yang bisa diaplikasikan pada semua type eksterior rumah minimalis:

Tips Memilih Cat Agar Tampilan Eksterior Rumah Minimalis jadi Estetis

Meski tidak semua orang tahu bagaimana memilih cat eksterior rumah yang tepat, namun Anda bisa jadikan poin-poin berikut sebagai pertimbangan.

1. Rumah sebagai hunian yang menenangkan

Seperti jargon “Rumahku Surgaku”, maka pilihlah warna yang mewakili perasaan Anda. Warna hijau yang melambangkan kesejukan atau warna biru yang melambangkan kesegaran bisa menjadi pilihan.

Rasa penat dan strees sepulang dari kantor atau tempat aktivitas sering menjadi pemicu stress di dalam rumah. Anda harus berusaha menghilangkan hal tersebut dan pemilihan cat yang tepat pada eksterior rumah minimalis bisa menjadi alternatif untuk menghilangkan suasana negatif tersebut.

2. Kesesuaian dengan interior

Penyesuaian antara bagian interior dan eksterior ini dimaksudkan untuk memberikan kesan seimbang, jangan sampai perpaduan warna yang dihasilkan terlalu kontras perbedaannya.

3. Manfaatkan alam sebagai latar belakang

Apakah rumah Anda berada di lereng gunung atau di tengah kota? Pemilihan warna yang menyatu dengan alam atau terkesan lebih mencolok bisa menjadi panduan.

4. Bisa diambil dari Pengalaman ke tempat wisata yang pernah dikunjungi

Perjalanan ke tempat wisata pastinya memberikan banyak kesan, terutama kesan bahagia. Anda bisa mengingat-ingat kembali tempat-tempat yang pernah dikunjungi tersebut dan menuangkannya ke dalam cat eksterior rumah minimalis Anda.

5. Perhatikan lingkungan sekitar (tetangga)

Meski pemilihan cat eksterior rumah minimalis bertujuan untuk memperjelas keberadaan rumah Anda. Namun, diusahakan senada dengan lingkungan sekitar Anda. Maka, mulailah Anda memperhatikan warna cat rumah tetangga dan mengkreasikannya pada detail rumah Anda, ini akan memberikan kesan unik dan menarik.

6. Sesuaikan dengan karakter

Karakter setiap orang berbeda-beda, inilah yang memberikan keunikan tersendiri pada tiap-tiap rumah. Warna merah misalnya, ini menggambarkan keberanian dan kehangatan. Bagi Anda yang berkarakter tenang dan sensitif, warna biru bisa menjadi pilihan.

7. Sesuaikan Fasad sesuka Anda

Perhatikan tampilan depan rumah (fasad) Memilih cat eksterior rumah minimalis tidak hanya tergantung selera saja. Memperhatikan tema fasad juga penting. Tema tropis yang dipadukan dengan batuan alam bisa dikombinasikan dengan warna krem dan coklat memberikan nuansa alam yang menyatu.

rumah minimalis klasik modern
rumah minimalis klasik modern – diminimalis.com

Fasad juga sering dijadikan tempat penilaian oleh tamu atau orang yang berkunjung ke rumah Anda. maka dari itu penampilan fasad haruslah Anda jaga agar senantiasa menarik dari waktu ke waktu. Anda bisa mengambil rujukan dari media maupun berkonsultasi dengan desainer kepercayaan Anda untuk memperoleh tampilan fasad yang menarik.

8.    Pilih cat khusus

Cat yang mengandung UV protection wajib ada dalam pemilihan cat eksterior rumah minimalis.
Sedangkan untuk daerah yang sering terkena banjir, pengaplikasian cat waterproof juga perlu dipertimbangkan, karena akan memperpanjang usia cat.

9.    Konsultasikan dengan desainer rumah Anda

Apabila anda tidak faham dengan masalah cat, berkonsultasilah terlebih dahulu dengan desainer rumah Anda. Kesalahan dalam pengaplikasian cat dapat berakibat fatal. Kami yakin Anda tidak ingin rumah yang ditempati menjadi sumber masalah dikarenakan karena ketidaktahuan Anda.

Demikian ulasan mengenai tampilan rumah berkarakter dengan memilih cat yang tepat. Semoga menjadikan rumah Anda lebih berwarna dan menambah kebahagiaan Anda sekeluarga. Semoga bermanfaat. (am.) editted by RN14062021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.