Efek Buruk AC yang Perlu Dihindari Demi Kualitas Rumah Lebih Baik

aturlah pemakaian suhu ruangan dengan bijak - diminimalis.com

Efek buruk AC yang perlu dihindari sebaiknya mulai Anda perhatikan sekarang juga. AC memang membuat ruangan lebih sejuk dan terhindar dari pengap. Namun, penggunaan yang tidak tepat akan memberikan dampak negatif terhadap rumah beserta penghuninya. Pada kesempatan kali ini, Diminimalis akan memberikan mengulas seputar efek buruk dari penggunaan AC.

Efek Buruk AC, Efek Buruk AC bagi kesehatan, dampak negatif ac bagi lingkungan , Cara Bijak Menggunakan AC, cara menghemat listrik ac rumah, suhu ac yang baik saat tidur
aturlah pemakaian suhu ruangan dengan bijak – diminimalis.com

Efek Buruk AC yang Sebaiknya Perlu Kita Hindari

Di bawah ini ada beberapa efek buruk penggunaan AC yang perlu kita hindari, diantaranya yaitu:

1. Boros penggunaan listrik

Menyalakan AC dalam jangka waktu yang lama akan membuat pemakaian listrik menjadi boros. Akan semakin boros jika AC yang digunakan tidak hemat enerji. Pilih AC dengan kapasitas yang baik dan sesuai dengan kondisi ruangan.

2. Sirkulasi udara tidak lancar

Saat AC dihidupkan tentu ruangan harus ditutup termasuk ventilasi. Maka tak heran penggunaan AC di suatu ruangan dalam kurun waktu lama membuat ruangan menjadi kurang nyaman untuk didiami.

Efek Buruk AC, Efek Buruk AC bagi kesehatan, dampak negatif ac bagi lingkungan Bahaya Tidur di Lantai, Bahaya Tidur di Lantai keramik, bahaya tidur di kasur tanpa ranjang
AC yang terlalu dingin bisa mengakibatkan flu – diminimalis.com

3. Penghuni rumah rentan terhadap penyakit

Efek buruk AC yang perlu dihindari selanjutnya adalah penyakit. Menggunakan AC selama kurang lebih 9 jam membuat otot-otot menjadi kaku. Selain itu, menggunakan AC berlebihan dapat memicu penyakit legionnaire yang dapat mengancam jiwa.

4. Tak ramah lingkungan

Apabila Anda memperhatikan cuaca di luar semakin panas, maka AC turut andil dalam menciptakan hawa yang semakin panas. Freon atau CFC pada AC akan merusak lapisan ozon yang berfungsi untuk melindungi bumi dari sinar UV yang berbahaya.

AC memang memberikan beberapa manfaat terhadap ruangan seperti penyejuk dan memberi efek relaksasi yang menyenangkan. Namun, di balik itu semua pemakaian AC yang tidak pada tempatnya dapat menimbulkan masalah baru untuk penghuni rumah maupun lingkungan tempat tinggal.

Salah satu cara yang dapat diterapkan untuk mengurangi dampak tersebut adalah menggunakan AC dengan bijak. Anda dapat memilih AC hemat enerji serta mengatur suhu ruangan dengan baik. Selain itu, konsultasikan kepada dokter apabila Anda mulai merasakan gangguan kesehatan akibat pemakaian AC. Dengan memeriksakan sejak dini, gangguan kesehatan yang diderita dapat diobati dengan cepat. Mari ciptakan kondisi yang nyaman dengan pemakaian AC yang tepat.

Demikian penjelasan dan uraian kami tentang efek buruk AC yang perlu dihindari. Anda juga bisa membaca artikel kami tentang cara bijak menggunakan AC di rumah minimalis Anda di bawah ini, semoga bermanfaat. (ls)

Cara bijak menggunakan AC di rumah minimalis Anda

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.