Drainase atau yang lebih familiar disebut dengan saluran air ini memiliki peran yang sangat penting untuk menjadikan sebuah rumah layak huni. Meski begitu, ternyata sebagian orang masih ada yang awam dengan sistem drainase rumah.

Tidak sedikit masyarakat yang mengabaikan masalah drainase ini ketika membangun rumah mereka sehingga tidak heran sering memunculkan berbagai masalah dikemudian hari.

Masalah yang paling ringan salah satu diantaranya adalah munculnya genangan air di beberapa titik di sekitaran rumah. Genangan air ini jika dibiarkan lama-kelamaan bisa menjadi sumber masalah yang tidak nyaman. Bagi nyamuk, genangan tersebut tentu menjadi tempat yang nyaman untuk berkembang biak yang nantinya dapat menularkan penyakit kepada Anda dan keluarga.

Drainase rumah
saluran rainase rumah – diminimalis.com

Hal yang perlu diperhatikan dalam membuat drainase rumah tinggal

Sebagian masalah-masalah di atas tentunya tidak akan terjadi jika rumah Anda memiliki sistem drainase yang baik. Rumah Anda tentunya akan menjadi lebih sehat dan nyaman u8ntuk ditempati dengan adanya drainase yang baik ini. Berikut ini akan kami sampaikan beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam sebuah sistem drainase agar keberadaannya bisa memberi manfaat yang maksimal.

Saluran air

Hal pertama yang patut diperhatikan dalam sistem drainase rumah adalah letak saluran air di sekitar rumah Anda. saluran air yang ada apakah cukup jauh atau dekat letaknya dan seberapa besar kapasitas dari saluran air tersebut. Sesuaikan juga ukuran drainaes rumah dengan saluran air yang ada.

Ukuran drainase tidak boleh terlalu kecil dibandingkan dengan saluran air yang akan mengakibatkan tidak lancar dan tersumbatnya saluran drainase. Bila saluran air sudah ada di lingkungan Anda maka sesuaikanlah besaran ukuran drainase agar terlihat serasi dengan lingkungan sekitar.

Penggunaan pipa

Pemilihan pipa harus juga Anda perhatikan agar saluran drainase tidak terganggu. Pipa drainase haruslah berkualitas baik, tidak mudah retak dan pecah serta tahan dari segala macam cuaca. Anda bisa menggunakan pipa berbahan dasar PVC (poli vinil chlorida) yang tahan terhadap air sehingga bisa dipakai dalam jangka waktu lama.

Jika pipa sudah terpasang alangkah baiknya jika Anda melakukan uji coba terlebih dahulu agar jika nantinya terjadi masalah tidak terlalu repot membongkarnya. Anda juga harus memperhatikan area pemasangan pipa apakah sering dilalui ataukah tidak. Jika area pemasangan pipa sering dilalui maka pasanglah pipa cukup dalam agar tidak mudah rusak nantinya.

Air permukaan

Anda perlu juga memperhitungkan air permukaan yang ada. Keberadaan air permukaan semisal air bekas cucian, air dari kamar mandi dan juga air yang Anda gunakan untuk mencuci kendaraan patut juga Anda waspadai.

Drainase rumah
parit-parit di sekitar rumah – diminimalis.com

Anda bisa membayangkan jika dalam waktu bersamaan semua anggota keluarga yang ada menggunakan air. Jika saluran drainase yang ada tidak mencukupi maka air akan meluap dan mengakibatkan genangan. Genangan air bekas pakai ini tentunya lama kelamaan akan menimbulkan aroma yang bisa menggangu. Oleh karena itu penambahan parit-parit kecil sebagai penampung sementara curahan air ini diharapkan bisa menjadi solusi.

Tips Pembuatan Drainase Rumah yang Aman

Dalam membuat drainase agar tidak berpotensi masalah, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan. Dimulai dari tahap konstruksi hingga teknis perawatan ketika nanti sudah jadi. Berikut ini beberapa hal yang setidaknya perlu Anda perhatikan saat ingin membuat drainase rumah.

Pertama, sebelum mulai membangun konstruksi, lakukan pem-bouwplank-an terlebih dahulu agar rapi. Bagian tepi saluran drainase tidak akan bengkok dan ukurannya juga sesuai dengan gambaran rencana awal.

Kedua, untuk dasar saluran drainase rumah sebaiknya tidak perlu diplester keseluruhan, tapi sebagiannya saja. Minimal setiap 5 meter diberi lubang resapan agar air bisa dengan mudah masuk ke tanah.

Ketiga, penutup utama [bak] harus dibuat rata dengan permukaan jalan agar tidak membahayakan pejalan kaki ataupun penyandang disabilitas. Selain rata dengan permukaan jalan, tutup mainhole juga sebaiknya didesain mudah dibuka tutup. Ini berguna untuk memudahkan perawatan dan pembersihan semisal terjadi penyumbatan.

Demikianlah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan didalam permasalahan drainase rumah tinggal ini. Harapannya drainase yang ada bisa menjadi solusi pembuangan air bisa menjadi maksimal bukannya malah menimbulkan masalah lainnya. Semoga bermanfaat, salam diminimalis (am).

Baca juga: rumah ramah lingkungan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *