Menambahkan Desain Dinding Motif Batik ke Dalam Interior Rumah, Ide Bagus?

Rumah yang dihuni bertahun-tahun namun desainnya itu-itu saja akan sangat membosankan dan terlihat tidak ada yang spesial. Makanya, perlu ada ide baru yang dilakukan agar tampilannya tidak monoton. Ada banyak cara untuk melakukannya. Salah satunya dengan mengubah tampilan dinding dengan motif-motif unik yang jarang digunakan oleh kebanyakan orang.

Karena kita di Indonesia dan tinggal di pulau Jawa, aksen batik jadi motif unik yang bisa dipakai pada dinding rumah minimalis Anda. Bayangkan jika dinding motif batik menghiasi sekeliling ruangan rumah Anda. Tentu akan membuat hunian Anda anti-mainstream dan lebih bagus dari milik siapapun. Ini akan jadi daya tarik tersenidiri karena bisa jadi tamu-tamu Anda akan mengaguminya.

Nah, lalu bagaimana cara terbaik mengadopsi dinding motif batik ke dalam interior rumah Anda? Mari simak selengkapnya di artikel ini.

Keuntungan Memiliki Desain Dinding Motif Batik

Memiliki rumah dengan dinding motif batik merupakan salah satu cara unik dalam menghias interior rumah. Dengan menghadirkan aksen batik, interior rumah minimalis Anda tidak akan lagi terkesan monoton.

Kita tahu, batik sangat kuat dalam memberikan nuansa etnik pada sebuah permukaan benda. Bisa dilihat pengaplikasian populernya pada kain yang banyak disulap menjadi kemeja atau hem.

Dengan mengadopsi cara yang sama untuk diterapkan pada dinding rumah minimalis Anda maka akan terlihat lebih segar dan natural.

Mulai dari mana?

Ada banyak alternatif yang bisa Anda lakukan untuk mengaplikasikan dinding motif batik ke dalam rumah. Anda bisa mengunakan wallpaper, wall sticker, atau mengecat langsung pada dinding dengan melukis motif batik secara manual.

Cara terakhir sebenarnya cukup sulit, tapi justru hal ini menjadi kesempatan Anda  untuk gigi dan belajar mengekspresikan diri. Apalagi Anda pasti memiliki selera dan karakter masing-masing, hasilnya akan sangat mungkin berbeda dari yang lain.

 dinding motif batik, wallpepaer dinding motif batik, interior motif batik,, batik dalam interior, aplikasi batik dalam interior, dekorasi menggunakan kain batik

ruang tamu yang dihiasi dengan wallpaper motif batik yang cantik – diminimalis.com

Ide Dinding Motif Batik untuk Rumah Minimalis Anda

Model batik pada interior merupakan ide desain kontemporer yang layak untuk Anda terapkan pada rumah minimalis Anda. Bila Anda berminat untuk menggunakan batik sebagai salah satu aksen dalam interior rumah, Anda perlu perhatikan padu-padan atau komposisi warna yang digunakan.

Untuk menambahkan kesan ceria, aplikasikan saja motif batik warna cerah. Sementara bila Anda ingin menghadirkan kesan yang kekinian, pilihlah motif yang cenderung modern.

Aplikasi batik dalam interior bisa diterapkan pada media apapun, baik pada bidang berupa kain maupun furniture. Motif batik dapat didesain pada taplak meja, sofa atau aksesori lain di dalam ruangan. Motif, pola, dan warna batik inilah yang membuat ruangan interior Anda akan terlihat cantik dan mempesona.

Mulai Mengaplikasi Motif Batik ke dalam Interior Rumah Minimalis

Bila Anda berminat untuk menggunakan batik sebagai salah satu aksen dalam interior rumah Anda, perhatikan padu-padan atau komposisi warna yang digunakan. Untuk menambahkan kesan ceria, Anda dapat menggunakan batik berwarna cerah. Sementara bila ingin menghadirkan kesan yang kekinian, pilihlah motif yang cenderung modern.

Kain batik sendiri dapat dibingkai dan dipajang sebagai hiasan atau aksesori dalam ruangan. Motif dan polanya sudah memungkinkan untuk membuat ruangan terlihat cantik dan penuh warna.

Motif batik juga tidak harus berdiri sendiri, Anda dapat menggabungkan dengan unsur-unsur western, atau bisa juga sekadar memadukannya dengan kain polos. Kesan dan tampilan yang dihasilkan tentu akan berbeda dengan penggunaan motif tanpa sentuhan modifikasi unsur lain.

batik dalam interior, aplikasi batik dalam interior, dekorasi menggunakan kain batik
furnitura klasik dengan ornamen batik, menambah kesan kolosal yang indah – diminimalis.com

Pertimbangkan pula gaya atau tema ruangan. Sesuaikan pilihan motif dan warna yang digunakan. Untuk menghindari kesan terlalu ramai, motif batik tidak harus ditempatkan dalam keseluruhan ruangan.

Meski batik dapat diletakkan di mana saja, tetapi sebagai bentuk penghargaan dan kesopanan, akan lebih baik jika ornamen batik tidak ditempatkan di lantai.

Untuk lebih mempercantik interior ruangan, motif batik bisa dipilih dari banyak model yang ada. Motif batik yang dipilih bisa disesuaikan dengan dinding, plafon, furnitur, pencahayaan atau asesoris pendukung lain.

Penerapan pola batik lainnya juga bisa Anda terapkan pada teralis jendela, partisi pembatas antar ruangan, atau benda-benda lain sebagai menghiasi dinding.

Untuk tampilan interior bergaya etnik kontemporer, padu padankan motif batik modern. Jaga perpaduannya agar tetap proporsional sehingga kesan etniknya tidak terlalu “kuat atau mendominasi”.

Misal pada satu ruangan duduk bergaya modern, motif batik cukup diterapkan pada pola wallpaper dan pernak-pernik penghias meja saja. Dengan begitu, kesan modern ruangan tersebut tetap menonjol.

Pada intinya, menciptakan dinding motif batik cukup gampang. Pertama tinggal Anda pilih saja corak dan warnanya yang seusia dengan tema rumah Anda. Kemudian, pilih apakah akan menggambar manual atau memilih wallpaper yang siap pasang.

Setelah semua pemilihan terlewati, Anda tinggal menyesuaikan ruang mana saja yang akan dipasangi motif batik. Tidak harus semua ruang jika ragu dengan hasil akhir tampilannya. Coba dulu saja pada pengaplikasian salah satu ruang yang privat seperti ruang belajar atau ruang kelarga. Semoga hasilnya bisa baik.

Mungkin demikian ulasan dari kami tentang cara menghias dinding motif batik yang bisa Anda terapkan. Semoga uraian di atas dapat membantu Anda dalam memperindah interior rumah minimalis Anda secara signifikan.(ls) editted by RN27052020


Comment