by

Memikirkan Desain Teras Rumah Minimalis dengan Lahan Sempit, Berikut 6 Tipsnya!

Desain teras rumah minimalis merupakan salah satu pembahasan yang menarik. Teras rumah merupakan bagian rumah tampak depan yang sering digunakan untuk bersantai ataupun bercengkrama dengan keluarga.

Selain itu keindahan serta kerapian teras rumah anda juga mempengaruhi kenyaman saat melepas lelah. Namun seringkali kita merasa bingung saat akan memikirkan desain teras rumah minimalis sehingga enggan untuk menatanya karena lahan yang sempit.

6 Tips Desain Teras Rumah Minimalis

Berikut ini beberapa cara yang bisa anda gunakan, untuk membuat desain teras rumah minimalis dengan lahan yang sempit.

1. Kursi Rotan

Pertama, kita bisa menggunakan kursi rotan sebagai interior teras anda. Rotan, merupakan suatu bahan yang berasal dari tumbuhan semacam pohon anggur.

Sudah terbukti bahwa rotan merupakan bahan yang sangat kuat. Oleh karenanya rotan banyak digunakan penduduk primitif untuk mendukung kehidupan mereka. Seperti mengikat hewan buruan, membuat semacam tali, dan sebagainya.

Karakteristik rotan yang kuat dan lentur inilah yang menjadi inspirasi untuk dijadikan furniture seperti kursi, meja, dan lain sebagainya. Ya, karena rotan mudah dibentuk, seperti yang bisa kita lihat di sekitar kita, sudah ada banyak sekali desain kursi rotan yang menarik dan menawan.

Produksi kursi rotan masih dilakukan secara handmade, sehingga memberikan detail seni kerajinan yang tak tergantikan. Itulah sebabnya dari dulu hingga sekarang kebutuhan kursi rotan semakin meningkat, terutama untuk pasar Eropa dan Amerika Serikat.

Bisa dibilang kursi rotan ramah lingkungan dan unik untuk dipakai serta layak dicoba untuk teras kita yang lahannya terbatas. Cukup gunakan dua kursi dengan satu meja agar ruang teras tidak terlihat sempit tapi tetap nyaman.

Boleh juga kita menambahkan tanaman gantung ataupun tanaman dalam pot agar teras kita terlihat lebih asri.

2. Konsep Lesehan Ala Jepang

teras rumah minimalis
Konsep Lesehan Ala Jepang

Yang dimaksud dengan lesehan disini adalah dengan duduk di lantai, tikar, atau bahkan menggunakan bantal untuk duduk agar menambah kenyamanan saat melepas penat.

Meskipun sekarang banyak masyarakat yang beralih memilih sofa, tidak ada salahnya kita mencoba. Cukup dengan luas ruangan 2×2 meter kita dapat mengaplikasikan ruang teras minimalis ala jepang ini.

Gunakan meja yang tidak terlalu tinggi untuk meletakan makanan atau minuman. Boleh juga meletakan bantal duduk yang tepat agar menambah kenyamanan kita saat bersantai.

Untuk menghidupkan suasana anda dapat memadukan warna yang tidak terlalu rumit, seperti warna coklat, hitam, ataupun putih .

3. Kursi Pantai

Kursi pantai berbeda dengan kursi lain pada umumnya. Jika kursi pada umumnya dipasangkan dengan meja, maka kursi pantai tidak perlu, kerena kursi jenis ini berdiri sendiri.

Kursi ini biasanya digunakan untuk duduk santai sambil baca majalah. Bisa dibilang jarang kan?

Tetapi hal ini bukan lagi sesuatu yang tabu. Selain itu kursi pantai cocok digunakan untuk meluruskan badan dan melepas penat setelah bekerja, Anda juga bisa menikmati pemandangan didepan rumah sambil menyeruput nikmanya kopi dan melipatnya kembali saat seselai.

4. Meja Tempel

Tips menambah desain teras rumah minimalis yang keempat adalah dengan memasang meja tempel di teras anda. Meja merupakan furnitur yang paling dasar, dan salah satu perabot rumah tangga yang wajib ada.

Fungsinya tidak hanya untuk meletakan benda, tapi juga berperan penting sebagai fokus utama sebuah tata ruang tempat. Nggak heran jika meja disebut sebagai furnitur yang tidak bisa dipisahkan dari aktivitas keseharian setiap individu.

Oleh karena itu, memasang meja tempel bisa digunakan sebagai alternatif mendesaian teras rumah anda. Hal tersebut juga cocok digunakan untuk teras lantai 2 rumah anda.

Agar terlihat lebih berwarna kita juga bisa menambah wallpaper dinding dengan motif sesuai selera, seperti motif bunga, garis, karakter anime atau sekedar gambar geometri dan vas bunga di sudut meja tempel kita. Jangan lupa tambahkan satu kursi kecil sebagai pelengkap.

5. Taman Kecil

Nah, biasanya kita berfikir jika membuat taman itu memerlukan lahan yang luas. Ukuran bukan hal prinsip untuk hasil landscape yang indah. Taman kecil mempuyai daya tarik sendiri, jangan salah ya kawan! kita bisa membuatnya loh, dengan media yang ada sekalipun terbatas.

Gunakan beberapa aksesoris batu agar terlihat lebih ramah lingkungan. Selain itu kita bisa menanam pohon yang berukuran sedang seperti pohon bonsai dan beberapa tanaman hias seperti bunga mawar, bunga melati, bunga matahari, ataupun tanaman hias yang lain.

Terakhir tambahkan pagar kecil agar lebih cantik dan buat beberapa jalan dengan batu menuju teras. Anda bisa mempraktikkannya dan melihat hasil karya anda sendiri.

Baca juga: 5 Kreativitas dalam Mendesain Teras Rumah Outdoor yang Multifungsi”

6. Kursi Gantung

desain teras rumah minimalis

Tips membuat desain teras rumah minimalis yang terakhir adalah menggunakan kursi gantung pada teras rumah. Kursi gantung yang unik makin memberi kesan menarik. Kursi jenis ini bagus untuk mendesain sebuah teras rumah anda.

Bisa memberi kesan klasik dan cocok untuk mempertegas gaya shabby chic. Jenis kursi gantung bergaya shabby chic salah satunya berbentuk sangkar.
Kursi gantung bisa digunakan untuk ayunan juga meski tidak sebebas ayunan pada umumnya.

Kursi gantung berbentuk sangkar memiliki kerangka besi pada sebagian sisinya. Ini membuat kerangkanya bisa dipakai untuk meletakkan kelambu dan membuat nyamuk serta serangga tak bisa masuk.

Kursi gantung berbentuk sangkar ini akan sangat unik menghias ruang relaksasi anda di teras. Gunakan untuk bersantai kala penat melanda. Sejenak bersantai di kursi gantung sangkar ini pasti Anda bisa kembali bersemangat.

Cara ini mudah dan simple untuk digunakan karena kita tidak perlu repot menambahkan aksesoris apapun. Teras anda juga akan terlihat unik selain itu, jika anda memiliki anak kecil pilihan ini layak untuk dicoba agar buah hati anda merasa senang. Buah hati anda bisa bermain di depan teras yang kita desain.

Serena and Lily’s adalah salah satu brand interior yang mengusung gaya California. Memberikan desain yang keren pada produknya untuk memberi kesan kasual dan kenyamanan seolah sedang liburan.

Produk dari brand ini memiliki desain yang menggabungkan klasik dengan gaya modern. Salah satu produk mereka adalah kursi gantung yang nyaman.

Dengan bahan dasar rotan, produknya berkesan sangat klasik. Memiliki warna putih lembut membuat kesan anggun pada produknya. Bisa diletakkan pada ruang yang bergaya skandinavia.

Kursi gantung ini akan lebih menarik jika dihias dengan bantal dengan warna tidak mencolok. Kursi gantungnya bisa diletakkan outdoor seperti teras.

Byron Bay Hanging merupakan brand yang mempersembahkan kursi gantung keren. Produk mereka terinspirasi dari rasa cinta yang mendalam dan juga obsesi tinggi untuk menghasilkan produk berkualitas.

Kursi gantung produk dari brand ini sangat unik dan ikonik karena mengusung gaya tahun 60 hingga 70-an. Dengan model yang klasik, produk ini berbahan alami. Anda bisa memakai kursi gantung ini untuk membaca buku sembari menikmati secangkir kopi.

Bisa dipakai untuk relaksasi dan sejenak beristirahat dari kesibukan.
Produk dari brand Byron Bay Hanging dijamin bisa menciptakan suasana nostalgia era 70-an. Anda bisa meletakkannya pada ruangan bergaya retro untuk mempertegas kesan lawas diteras anda.

Nah, selain yang sudah diuraikan di atas, Anda juga bisa bereksplorasi dengan mendesain teras rumah minimalis bergaya vintage atau yang lainnya.

Artinya, meskipun lahan kita terbatas, bukan berarti kita tidak dapat mengolahnya. Demikian beberapa cara yang dapat saya bagikan, selamat mencoba dan semoga menambah kenyamanan anda saat bersantai dengan keluarga. (rn)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.