Tips Mendesain Teras Lahan Sempit Rumah Minimalis

Kadangkala, teras menjadi salah satu area eksterior yang paling banyak terabaikan oleh para pemilik rumah minimalis dengan alasan sempit jadi dibuat biasa-biasa saja. Padahal, untuk mendesain teras lahan sempit pada rumah minimalis agar terlihat bagus itu cukup mudah.

Yaitu dengan memegang prinsip bahwa fungsi teras yang memang sebagai ruang terbuka untuk menjamu tamu atau bersantai dibuat senyaman mungkin. Di beberapa rumah minimalis memang areateras hanya tersisa ukuran kecil. Bahkan ada beberapa yang seperti tidak punya teras, saking sempitnya.

Nah, dengan mengetahui ide desain teras lahan sempit dan tidak membiarkannya kosongan begitu saja maka sesempit apapun kenyamanan tetap akan bisa didapatkan. Hasilnya nanti akan seminimalis mungkin namun tetap bisa menunjukkan sisi kenyamanannya.

Lalu apa saja yang penting untuk diperhatikan dalam mendesain teras rumah lahan sempit? Mari kita bahas lebih jauh di artikel kali ini ya.

Tips Desain Teras Lahan Sempit

Keberadaan teras amat penting agar eksterior khusus bagian depan rumah Anda menjadi termanfaatkan dengan maksimal. Hampir tidak ada rumah tanpa teras, karena teras sendiri merupakan bagian penting dari rumah yang bisa dibilang wajib ada di era saat ini.

Adanya teras membuat pemilik rumah bisa menggunakannya sebagai ruang penerima, ruang tamu atau ruang untuk berkumpul anggota keluarga. Jadi jika dilihat dari fungsinya, teras ini jelas tak boleh diabaikan begitu saja. Berikut ini dua hal yang harus dipertimbangkan saat akan mulai mendesain teras lahan sempit alias minimalis.

Mendesain Teras Lahan Sempit, menata teras sempit, desain teras kecil
desain teras lahan sempit yang terlihat cantik – diminimalis.com

Mau mendesain teras lahan sempit? Pahami fungsinya                          

Ukuran teras rumah sendiri sangat tergantung dari luas lahan yang tersisa. Untuk rumah-rumah kecil, teras biasanya berukuran sangat sempit. Tak heran banyak pemilik rumah menyatukan teras dengan carport, sehingga teras jadi terlihat luas. Sementara untuk rumah dengan lahan yang luas, ukuran teras disesuaikan dengan furnitur yang hendak diletakkan.

Salah satu elemen struktural yang bisa juga menjadi elemen estetis teras adalah kolom. Teras berukuran kecil biasanya tidak membutuhkan kolom.

Kolom ini berfungsi sebagai penyangga penutup atap bagi teras tersebut, namun terkadang ada hanya sebagai variasi atau pemanis. Untuk teras yang besar atau luas dengan penutup teras yang juga besar, terkadang ada balkon di atas teras tersebut.

Jadi jika memang teras di rumah Anda hanya akan digunakan untuk tempat santai sehingga ukurannya terbilang kecil, maka mensiasati kenyamanannya bisa dengan tanpa ada kolom. Di sisi lain, penambahan furniture juga harus sangat-sangat dibatasi.

Mendesain Teras Lahan Sempit, menata teras sempit, desain teras kecil
tips desain teras rumah lahan sempit, hiasi dengan tanaman cantik- diminimalis.com

Tambahan furniture dan tanaman untuk mempercantik teras

Untuk mempercantik tampilan teras, furniture menjadi salah satu elemen pilihan yang wajib diperhatikan. Pemilihan furnitur tentu harus disesuaikan dengan luas dan tema teras yang diusung. Misalnya untuk tema rumah bergaya natural yang ingin menonjolkan aksen alam, maka furniture paling tepat adalah dari material kayu solid.

Selain furniture, tanaman juga akan membantu menambah keindahan teras. Tanaman yang digunakan untuk mendesain sebuah halaman depan rumah minimalis haruslah ditentukan jenisnya, karena tidak semua tanaman cocok untuk tanaman pada halaman rumah minimalis.

Sebelum memilih jenis tanaman yang tepat untuk teras, yang perlu diperhatikan adalah arah hadap terasnya kemana. Arah hadap teras ini sangat berpengaruh pada seberapa banyak sinar matahari yang masuk ke area teras. Ada teras yang hanya memperoleh sinar matahari sebagian, dan ada pula teras yang selalu mendapat sinar matahari langsung.

Apabila areanya cukup lebar, maka jenis tanaman pohon bisa menjadi salah satu pilihan. Pohon besar tentunya akan dapat memberi kesan teduh dan juga sejuk. Akan tetapi, apabila halaman rumah terlalu sempit, Anda bisa menempatkan beberapa tanaman dalam pot gantung.

Diantara tanaman yang cocok ditanaman dalam pot gantung antara lain sirih gading, lily paris, tanaman sirih merah, lipstick, begonia, dan keladi. Jadi sil akan pilih diantara tanaman-tanaman tersebut.

Baca juga: Teras Rumah Tipe 36 , Bagaimana Cara Mendesainnya?

Mungkin demikian saja ulasan dari kami tentang cara mendesain teras lahan sempit untuk rumah minimalis segala ukuran. Semoga bisa jadi gambaran untuk Anda dalam mewujudkan rumah impian. (ls) editted by RN25032021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.