Konsep rumah minimalis sering jadi pilihan banyak orang dimanapun karena modelnya yang kekinian. Termasuk untuk yang tinggal di wilayah tropis seperti kita di Indonesia.

Kelebihan lain dari desain rumah minimalis tropis ialah mudah diadaptasikan dengan furniture saat ini yang cenderung modern dan simpel.

Gaya tropis sendiri identik dengan kondisi di Indonesia yang secara kewilayahan mengalami musim panas lebih sering dengan kelembaban yang tinggi. Wajar saja jika desain rumah tropis sangat cocok diterapkan dan digunakan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia.

Karakter Desain Rumah Minimalis Tropis

Desain rumah minimalis tropis sangat ideal sebagai suatu konsep rumah tinggal masyarakat Indonesia. Bentuk desainnya yang bisa dibuat banyak model membuat siapapun berkesempatan mendapatkan hunian yang ideal dan lebih besar.

Kita tahu juga bahwa kriteria rumah ideal adalah yang mampu memberikan kenyamanan untuk para penghuninya. Sedangkan bentuk dan gaya rumah hanya sekedar riasan untuk menyempurnakan penampilan.

Indonesia yang berlokasi di lingkungan tropis, memiliki ciri-ciri adanya paparan sinar matahari dan kelembapan yang tinggi. Selain itu temperatur udara yang rendah, membuat perbedaan suhu pada siang dan malam yang tak terlalu kentara.

Oleh karenanya, dengan iklim makro semacam ini, sebaiknya para arsitek membuat rancangan bangunan rumah yang bisa menyesuaikannya. Nah, desain rumah minimalis tropis ini jadi salah satu yang paling cocok untuk dibangun.

 Desain Rumah wilayah tropis, Desain Rumah daerah tropis, rumah tropis minimalis
Desain rumah minimalis tropis yang indah dan megah – diminimalis.com

Tips Mendesain Rumah Minimalis Tropis

Menurut Ren Katili, seorang arsitek muda yang memperdalam pengetahuan mengenai asal-usul bangunan tropis, terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menciptakan rumah yang nyaman dan sejuk di wilayah tropis, diantaranya:

Membuat jarak antar dinding

Salah satu cara menciptakan konsep desain rumah minimalis tropis yang nyaman adalah dengan membuat jarak antar dinding rumah. Menyisakan jarak walaupun kecil untuk membuat aliran udara di antara celah-celah dapat mencegah rusaknya dinding akibat cuaca ekstrim yang biasa terjadi di wilayah tropis.

Manfaatkan ruang yang menghadap matahari untuk ruangan khusus

 Rumah minimalis di wilayah tropis , Desain Rumah wilayah tropis, Desain Rumah daerah tropis, rumah tropis minimalis
Rancanglah banyak bukaan untuk membuat rumah tropis yang sehat – diminimalis.com

Sebagai tambahan tips lain, pada sisi bangunan yang langsung menghadap ke arah matahari di pagi ataupun sore hari, akan lebih baik dimanfaatkan sebagai ruang-ruang yang memang memerlukan akses sinar matahari secara maksimal.

Ruangan yang memerlukan asupan sinar matahari secara maksimal, diantaranya adalah kamar mandi, gudang, garasi dan lorong.

Untuk ruang santai atau ruang keluarga Anda bisa mengaturnya pada posisi yang lain.

Atur talang air hujan agar mampu menyiram tanaman secara langsung

Di wilayah tropis ini, sebaiknya Anda bisa memanfaatkan air hujan yang melewati atas talang untuk menyiram tanaman atau dibuat toilet flushing.

Cara yang bisa dilakukan adalah dengan menciptakan atap dengan kemiringan lebih dari 350 derajat, agar air hujan bisa langsung mengalir mengalir ke bawah.

Untuk menjaga agar percikan air tak masuk ke dalam ruangan, Anda bisa membuat teritisan bertingkat supaya celah yang menjadi saluran udara pada ruang dalam tetap ada.

Desain rumah iklim tropis dan modern selalu mengoptimalkan kesempatan agar udara dapat mengalir secara optimal sehingga terasa lebih sejuk dan tidak pengap. Dengan cara ini, ketika suhu luar ruangan mencapai 33⁰ celcius maka suhu pada bagian dalam hunian tetap berada di 28⁰ celcius.

Kesimpulan:

Rumah minimalis tropis bisa menjadi solusi terbaik untuk kebutuhan desain hunian yang paling cocok untuk kita yang tinggal di Indonesia. Salah satu ciri dari rumah tropis yang paling bisa dijadikan pathokan adalah konsepnya yang sederhana tapi tetap menunjang kenyamanan penghuninya.

Tidak perlu banyak hal yang perlu dipusingkan untuk mewujudkan bangunan rumah minimalis tropis. Sebab sekali lagi, yang terpenting adalah kenyamanan penghuninya.

Rumah minimalis selain sebagai tren yang terus berkembang sampai sekarang, juga punya keunikan yang bisa dibuat sesuai dengan wilayah tertentu. Jika Anda ingin membangun rumah minimalis tropis, maka yang harus diperhatikan adalah soal kenyamanan Anda sebagai pemakaianya nanti.

Demikian ulasan kami tentang cara mendesain rumah minimalis tropis. Semoga apa yang kami bahas ini bisa bermanfaat untuk Anda sekalian(ls) editted by RN10082021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *