by

5 Ciri Khas Desain Rumah Kayu Jepang yang Unik

Desain rumah kayu Jepang sering menjadi salah satu perbincangan yangmenarik. Pasalnya, desain rumah kayu Jepang sangat unik dan berbeda dari kayu di berbagai daerah lainnya.

Keunikan ini ada di beberapa bagian dan beberapa ruangan yang ada di dalam rumah tersebut. Rumah Tradisonal Jepang terkenal dengan desain dan tataruangnya yang unik.

Nah, bagi Anda yang penasaran bagian mana saja yang termasuk bagian unik dari desain rumah kayu Jepang, berikut informasinya untuk Anda. Semoga informasi berikut daat menambah pengetahuan Anda.

Desain rumah kayu Jepang dilihat dari model pintunya

Desain rumah kayu Jepang yang unik pertama adalah model pintu yang digunakan. Sebagian besar rumah tradisional Jepang menggunakan Fusuma atau pintu geser.

Desain Rumah Kayu Jepang

Model pintu ini sangat identik dengan model pintu rumah minimalis modern jaman sekarang. Hal tersebut bisa menjadikan ruangan terlihat lebih simpel dan praktis serta tidak memakan tempat terlalu banyak.

Fusuma digunakan hampir disetiap ruangan yang ada di dalam rumah kayu Jepang. Hal inilah yang membuat desain rumah kayu Jepang menjadi lebih unik dan menjadi salah satu ciri khasnya.

Sehingga orang sangat mudah memahami bahwa desain tersebut merupakan desain rumah kayu Jepang yang biasanya digunakan pada rumah tradisional Jepang.

Selain dengan menggunakan model pintu geser, biasanya pintu geser tersebut didesain dengan betuk persegi didalamnya yang mirip dengan jendela namun ditutupi semacam platik putih transparan namun tidak bening. Sehingga keberadaan benda atau orang didalam tidak bisa dilihat dengan jelas dari luar.

Bagi Anda yang ingin memiliki rumah dengan model pintunya Fusuma, Anda dapat menjadikan desain rumah kayu Jepang sebagai referensi dan inspirasi untuk merealisasikannya.

Desain rumah kayu Jepang dilihat dari tempat penataan sandalnya

Ciri khas ke dua dari desain rumah kayu Jepang adalah genkan atau tempat dimana Anda dapat mengganti sandal yang biasa digunakan di luar rumah dengan sandal yang harus Anda gunakan di dalam rumah.

Desain Rumah Kayu Jepang

Ruangan ini didesain khusus untuk Anda sebagai tempat dimana mengganti sandal sebelum Anda masuk ke dalam rumah. Genkan biasanya dilengkapi dengan sandal rumah atau slipper yang dapat Anda gunakan. Sandal ini biasanya disimpan dengan sangat rapi.

Ruang transisi ini sangat berperan penting pada rumah Jepang, karena fungsi ruangan ini adalah untuk mengganti sepatu atau sandal yang kotor karena digunakan di luar rumah dengan sandal rumah yang bersih. Sehingga rumah akan selalu bersih.

Hal tersebut juga menjadi salah satu upaya orang Jepang untuk menjaga kebersihan rumah mereka. Sehingga genkan menjadi ruang yang penting dan unik serta menjadi ciri khas desain rumah kayu Jepang.

Desain rumah kayu Jepang dilihat dari ruang tamunya

Ciri khas rumah Jepang yang selanjutnya dapat dilihat dari ruang tamunya. Ruang tamu biasanya disebut dengan zashiki. Ruang tamu pada rumah tradisional Jepang sangat berbeda dengan model ruang tamu rumah daerah lainnya.

Desain Rumah Kayu Jepang

Ruang tamu pada rumah kayu Jepang biasanya terdiri dari tatami, meja dan terkadang ada bantal duduk. Tatami merupakan sebuah anyaman jerami yang digunakan untuk menutupi lantai. Selain itu, tatami juga berfungsi sebagai penghangat saat musim dingin tiba.

Dengan menggunakan tatami, lantai yang dingin tidak akan terasa. Sehingga sebagian besar rumah tradisional Jepang menggunakan tatami sebagai alas lantai. Keunikan lainnya, ruang tamu tidak menggunakan sofa atau kursi. Jadi tamu akan duduk di atas tatami atau di atas bantal duduk yang sudah disediakan.

Zashiki merupakan desain ruang tamu yang sangat unik dan minimalis serta sederhana. Jika, Anda tertarik dengan ruang tamu yang simpel ini, Anda dapat menjadikan zashiki sebagai bahan inspirasi dalam menata dan mendesain ruang tamu yang Anda miliki.

Desain rumah kayu Jepang dilihat dari kamar tidurnya

Selanjutnya adalah desain rumah kayu Jepang dilihat dari kamar tidurnya yang menjadikan ciri khas rumah tradisional Jepang. Kamar tidur didesain sangat simpel dan sangat praktis.

Desain Rumah Kayu Jepang

Bagi Anda yang suka dengan ruangan simpel, Anda dapat menjadikan kamar Anda simpel juga loh. Caranya dengan mnegkuti desain kamar ala rumah tradisional Jepang.

Kamar tidur hanya menggunakan kasur lipat yang dapat Anda lipat dan dapa Anda simpan dalam lemari. Ketika hendak tidur Anda dapat mengeluarkannya, namun ketika sudah bangun Anda dapat merapihkannya kembali dan menyimpannya di dalam lemari.

Kamar Anda akan terlihat lebih luas dan rapi serta Anda juga tidak perlu menggunakan kasur atau dipan untuk melengkapi kamar tidur Anda. Desain kamar tidur di rumah tradisional Jepang dapat Anda jadikan sebagai salah satu solusi tepat untuk Anda.

Desain rumah kayu Jepang dilihat dari model atap rumah

Keunikan dan ciri khas dari desain rumah kayu Jepang yang terakhir adalah pada model atap rumahnya. Model atap rumah didesain dengan mempertimbangkan fungsi atau kegunaannya.

Desain Rumah Kayu Jepang

Berhubung Jepang merupakan negara dengan curah hujan yang tinggi, sehingga atap rumah di Jepang didesain dengan sistem drainase untuk mengeluarkkan air dalam jumlah yang besar. Selain itu, atap rumah juga didesain dengan ukuran yang luas. Sehingga melindungi penghuni dari hujan dan panas atau berbagai cuaca yang ada.

Atap rumah di Jepang juga di desain miring, untuk mempermudah jika hujan, maka air akan mengalir dan jatuh ke tanah, sedangkan juka musim salju maka salju yang meleleh akan cepat turun ke bawah.

Sehingga atap rumah didesain dengan sangat mempertimbangkan fungsi dan tujuan dan menjadikan penghuni lebih aman dan nyaman jika berada di dalam rumah.

Nah, bagi Anda yang sedang bingung menentukan model atau desain atap rumah, Anda perlu mempertimbangkan juga fungsi dan manfaatnya. Sehingga kegunaan dari atap dapat berfungsi dengan sangat maksimal.

Demikian beberapa bagian ruangan di rumah dalam rumah kayu bergaya tradisional Jepang yang dapat Anda menambah pengetahuan Anda dapat Anda jadikan sebagai referensi untuk menerepkan ide desain atau modelnya pada rumah Anda.

Keunikan-keunikan tersebut mungkin akan membantu dan mengispirasi Anda agar membuat rumah Anda menjadi unik. Namun, yang terpenting adalah dengan menjadikan konsep dan desain ruangan pada rumah Anda berfungsi dengan baik dan dapat membuat penghuni merasa lebih nyaman.

Semoga informasi di atas dapat membantu dan bermanfaat untuk Anda semuanya. Semoga informasi tersebut juga bisa menjadi bahan inspirasi untuk Anda. (fy)


Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.