Desain rumah Bohemian dulunya pertama kali diperkenalkan oleh kaum gipsy. Kelompok masyarakat yang satu ini terkenal dengan suka pindah-pindah dalam bermukim.

Meski sering berpindah dari satu tempat ke tempat lain, namun bukan berarti kaum Gipsy ini tidak punya karakteristik sendiri lho soal desain rumah mereka.

Justru, desain rumah bohemian yang terkenal dengan barang-barang serba DIY [do it yourself] lah yang mereka munculkan untuk diadopsi banyak orang. Sekarang kita lihat apa saja karakter dan keunggulan dari rumah model ini. Yuk!

Karakter Kuat pada Desain Rumah Bohemian

Ciri khas desain rumah Bohemian yang diinisiasi oleh kaum Gipsy sebenarnya cukup banyak. Hanya saja yang paling kuat adalah kesan “berantakan” nya yang tercermin dari furniture yang serba DIY.

Jika Anda bertanya, apakah ada karakter khusus dari desain rumah Bohemian? Jawabannya, tidak ada. Desain rumah minimalis Bohemian terbentuk tanpa adanya faktor kesengajaan dan dibuat secara spontan dengan memanfaatkan semua benda-benda yang ada.

Desain Rumah Ala Bohemian, apa itu bohemioan style?, bohemian adalah
rumah gaya bohemian identik dengan aksesoris yang tidak biasa, namun menarik – diminimalis.com

Meskipun hunian minimalis ala Bohemian tidak memiliki karakter khusus, namun desain tersebut memiliki daya tarik tersendiri. Tidak lain karena nilai seni yang terpancar jelas dari hasil desain akhirnya nanti.

Untuk menambah nilai seni dari model rumah bohemian, diperlukan cara berfikir anti mainstream untuk membangunnya. Berpikir anti mainstream ini bisa diwujudkan dengan pemilihan dan penataan furniture yang tepat.

Dengan manajemen yang bagus maka nilai seni bangunan rumah akan terlihat lebih nyata terutama saat diperhatikan dengan baik.

Kelebihan Desain Rumah Bohemian yang Tidak Ada pada Konsep Lain

Ada Beberapa ciri khusus yang terlihat pada rumah minimalis bergaya desain Bohemian. Kesan sederhana merupakan ciri utamanya yang sering menyihir banyak orang untuk memilikinya.

Rumah dengan gaya Bohemian dipenuhi dengan aneka furniture namun bukan dari jenis yang mewah. Barang-barang seperti toples bekas, tutup botol, dan kayu-kayuan merupakan jenis material furniture yang akan menghiasi rumah bergaya Bohemian ini.

Kesemua benda-benda ini dapat diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan furniture dengan nilai estetis yang tinggi. Tidak hanya furniture rumah yang sederhana saja, ada beberapa perbedaan dari sisi konsep dan modelnya dengan jenis desain rumah minimalis lainnya. Diantara hal yang memberikan kesan berbeda pada rumah bohemian jika dibandingkan dengan model rumah yang lainnya, ialah:

Desain Ala Bohemian, apa itu bohemioan style?, bohemian adalah
rumah gaya bohemian identik dengan aksesoris yang tidak biasa, namun menarik – diminimalis.com

Asesoris dinding yang unik

Lukisan dan foto bukan menjadi barang utama yang akan terpampang di dinding rumah gaya Bohemian. Namun barang-barang tak biasa seperti piring, toples, majalah, dan baki akan menggantikan hiasan-hiasan modern yang biasa kita jumpai.

Meski demikian, agar hiasan dinding tersebut memiliki nilai seni yang tinggi, pemilihan warna dan letaknya juga harus diperhatikan dengan baik agar balance.

Warna dinding yang menyerupai papan catur merupakan pilihan lain yang dapat digunakan pada dinding bergaya Bohemian.

Pemanfaatan barang-barang usang

Radio bekas, lemari bekas, sofa bekas, lampu bekas dan jam dinding yang sudah tidak terpakai lagi dapat dimanfaatkan kembali saat pemilik rumah menginginkan model rumah Bohemian.

Barang-barang bekas tersebut akan melahirkan kesan vintage pada rumah bergaya Bohemian tersebut jika dipasang untuk mengisi interior ruangan.

Unsur alam yang khas pada model rumah Bohemian

Rumah bergaya Bohemian kerap kali menggunakan unsur alam pada bagian ruangan di dalamnya. Tanaman hidup dengan ukuran yang kecil akan memenuhi model rumah Bohemian sebagai ciri unik kaum Gipsy yang selalu ingin dekat dengan alam.

Adanya elemen natural di dalam ruangan, selain memberikan kesejukan yang bermanfaat untuk kesehatan, juga ada fungsi lain. Yakni, tanaman yang biasa ditanam cukup yang perawatannya mudah.

Selain melakukan cara di atas agar model rumah Bohemian terlihat memiliki seni yang tinggi, penggunaan pencahayaan yang tepat juga sangat penting. Pencahayaan yang bagus akan membantu memberikan kesan seni yang tinggi.

Baca juga: Jenis Pencahayaan Interior Sebegai Penerang yang Indah di Malam Hari

Desain rumah Bohemian akan semakin terlihat bernilai seni tinggi jika mengadopsi cahaya ruangan gaya vintage. Lampu Maroko dan lampu meja bergaya vintage merupakan jenis lampu yang dapat dipilih untuk melengkapi rumah bergaya Bohemian.

Warna glow yang dihasilkan oleh lampu vintage akan memberikan kesan hangat pada ruangan. Suasana malam akan semakin syahdu terutama jika momen kumpul faimili dan ruang favorit keluarga dibuat bergaya vintage yang romantis.

Agar rumah bermodel Bohemian terlihat lebih mempesona, gunakan lantai yang terbuat dari kayu. Lantai kayu ini akan terlihat lebih manis dengan penggunaan karpet yang sesuai lho.

Jadi, jangan pelit untuk menambahkan karpet terbaik yang paling cocok. Pilih karpet yang bertekstur halus dan memiliki motif yang tidak terlalu mencolok agar kesan sederhana tetap terjaga.

Dengan pemilihan karpet yang tepat, suasana ruangan akan terlihat lebih manis dan memiliki nilai seni yang tinggi. Kesan rumah gipsy yang anggun dan sederhana akan tetap terjaga dengan baik meskipun barang-barang di dalamnya tidaklah mewah.

Mungkin itu saja ulasan singkat dari kami tentang konsep desain rumah Bohemian yang unik dan sederhana serta layak untuk Anda usung. Jika punya keinginan lebih baik segera diwujudkan. Semoga bermanfaat ya. (ls) editted by RN17082021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *