Tips Mendesain Ruang Tamu Ukuran 2×2 yang Antimainstream

Lagi-lagi ruang tamu menjadi topik bahasan utama kita kali ini. Ruang tamu minimalis dengan berbagai ukuran biasanya jadi PR yang mesti dipikir bagaimana kiat mengatur desainnya. Misalnya untuk ukuran 2×2 seperti yang akan kita bahas pada artikel kali ini.

Pada prinsipnya, mengatur desain ruang tamu ukuran 2×2 dengan ukuran lainnya sama saja. Sebab kuncinya adalah ketepatan dalam mengatur elemen interior di dalamnya. Termasuk di dalamnya dimulai dari memilih furniture yang tepat, lalu mengatur penataannya, hingga terakhir penambahan dekorasinya jika diperlukan.

Desain Ruang Tamu Minimalis Ukuran 2×2 yang Ideal

Gaya desain ruang tamu ukuran 2×2 meter memang memiliki tingkat kerumitan yang lebih tinggi dibandingkan dengan ukuran yang lebih besar. Di tamabah lagi, dengan identitas minimalis yang melekat pada ruang tamu ukuran 2×2 ini, tuntutannya adalah Anda harus tetap bisa menampilkan sisi indah dan nyamannya. Dalam hal ini kreativitas dan efektivitas Anda dalam mendesain interiornya sangat diperlukan.

Merencanakan desain ruang tamu ukuran 2×2 juga relatif lebih murah dari sisi biaya operasional. Namun sebaliknya, relatif lebih sulit pada strategi penataannya karena persoalan space yang tersedia.

Anda harus bisa mengatur dekorasi desain sesimpel mungkin. Selain mengurangi kesan ramai, dekorasi ruangan yang simpel akan menunjukkan sisi elegan yang khas.

desain ruang tamu ukuran 2x2-diminimalis.com.png3.png
Ruang tamu ukuran 2×2-diminimalis.com

Tips Mendesain Ruang Tamu Ukuran 2×2

Agar sukses dalam mendesain ruang tamu ukuran kecil, sebaiknya gunakan prinsip mendesain ruangan yang mengutamakan tampilan dan efektivitas ruangan. Perlu diingat bahwa ruangan yang bagus tidak melulu soal komposisi perabotan yang mahal dan mewah. Namun lebih pada bagaimana menciptakan kombinasi desain yang pas.

Berikut kami akan mengulas beberapa tips bagaimana mendesain ruang tamu ukuran 2×2.

1. Pilih warna cat dinding yang tepat

Seperti pada hampir semua konsep desain interior rumah minimalis, dinding selalu menjadi perhatian utama. Warna cat dinding yang tidak sesuai dengan luas ruangan yang tersedia hanya akan berpotensi membuat ruangan terkesan semakin sempit.

Sama halnya dengan ruang tamu ukuran 2×2, Anda bisa mengaplikasikan warna-warna netral yang cerah dan lembut sebagai warna dinding. Diantara warna-warna yang bisa Anda pilih adalah merah muda, putih, krem, hijau atau warna-warna natural lainnya.

2. Batasi furniture yang masuk

Sudah bukan rahasia lagi jika masalah utama dalam mendesain ruangan kecil adalah tentang bagaimana mengelola perabot/furniture di dalamnya. Agar rencana desain ruang tamu ukuran 2×2 versi Anda sukses, sebaiknya pertahankan prinsip memasukkan perabotan yang memiliki intensitas pemakaian yang tinggi  saja seperti sofa, dan coffee table.

Sebagai tambahan dekorasi, Anda bisa menambahkan televisi atau barang elektronik lainnya. Namun yang harus diingat adalah penempatannya harus pas agar jangan sampai justru keberadaannya malah menambah sempit ruangan. Jadi, sejak awal lakukan perencanaan matang terkait tata desain interior ruang tamu yang Anda impikan dalam hal pengadaan furniture.

3. Lakukan de penempatan perabotan dengan pas

Setelah memilih perabotan yang sesuai untuk dimasukan ke dalam ruangan, selanjutnya adalah menata perabotan tersebut dengan sebaik mungkin. Untuk desain ruang tamu ukuran 2×2, diminimalis merekomendasikan agar penempatan sofa sedekat mungkin menempel di dinding guna memaksimalkan space yang ada.

4. Maksimalkan desain dinding

Ruang tamu seluas 2×2 meter tentu serba terbatas untuk menempatkan perabotan-perabotan penting lainnya. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan memanfaatkan dinding sebagai alternatif penempatan perabot.

Anda bisa memanfaatkan dinding untuk berbagai keperluan seperti memasang fofo kolase keluarga atau kaligrafi. Hal ini akan sangat cocok bagi Anda yang menyukai tampilan dengan banyak dekorasi tambahan pada dinding di sebuah ruangan.

Atau Anda juga bisa menambahkan rak buku cantik menempel di dinding. Dengan memaksimalkan beberapa keperluan dekorasi pada dinding ruangan, keindahan ruangan akan terwujud.

Baca juga: Strategi Mendesain Ruang Tamu Minimalis Ukuran 3×3 Agar Nampak Luas

5. Tambahkan batas partisi antar ruang

Salah satu yang menjadikan ruangan nampak indah adalah hasil kombinasi dekorasi yang pas dengan suasana ruangan. Untuk desain ruang tamu ukuran 2×2, penambahan dekorasi memang tidak dianjurkan dilakukan secara berlebihan.

Usahakan untuk menghias ruang tamu Anda dengan dekorasi secukupnya saja. Penambahan aksesoris ruangan berlebihan yang hanya akan membuat kesan ramai pada ruangan sebaiknya dihindari.

Cara lain untuk menunjukkan kesan luas pada ruangan yang sempit, dalam hal ini ruang tamu, adalah dengan memberinya sekat. Anda bisa menambahkan tirai sebagai sekat dengan ruangan di sebelahnya.

6. Jaga kebersihan dan kerapihan ruangan

Ruangan yang baik dan indah akan selalu mengutamakan tampilan yang segar dan enak dipandang mata. Salah satu bentuk usaha menjaga tampilan ruangan agar tetap indah adalah dengan menjaga kebersihan dan kerapihannya.

Dari enam hal di atas, jika Anda bisa mengaturnya dengan baik bukan tidak mungkin ruang tamu minimalis Anda terlihat bagus. Apalagi desain ruang tamu ukuran 2×2 juga tidak termasuk sempit-sempit amat. Asal bisa mengatur strategi desainnya seperti pada ruang tamu ukuran lain, maka kami yakin tidak ada yang mustahil;.

Mungkin cukup dulu pembahasan dari kami tentang tips dan rekomendasi desain ruang tamu ukuran 2×2 gaya minimalis. Akhirnya semoga ulasan ini bisa bermanfaat untuk Anda dan bisa terwujud ruang tamu ideal versi Anda. (rn) editted 19122020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.