Tips Desain Ruang Tamu Minimalis Ukuran 2×3 Meter dan Contoh Gambar Ilustrasinya

Ada banyak kriteria ukuran ruang tamu disebut minimalis, salah satunya ialah model 2×3 meter. Untuk mendesain ruang tamu minimalis ukuran 2×3 meter ini sebenarnya cukup simpel. Anda hanya perlu mengatur strategi penataan sofa, meja dan aksesoris pendukung lain yang ada di dalamnya.

Tidak perlu berorientasi pada kemewahan furniture-furniture di dalamnya. Sebab sejatinya rumah minimalis sendiri tidak lepas dari prinsip ringkas dan kesederhanaannya. Semakin ringkas dan simpel interiornya maka jaminan kenyamanan akan semakin tinggi.

Nah, sekarang bagaimana kalau kita ulas saja bagaimana kiat terbaik mendesain ruang tamu ukuran 2×3 meter. Sebelum itu kita cari tahu dulu kenapa banyak orang menyukai desain ruang tamu minimalis.

Ruang Tamu Minimalis 2×3 Meter, Kelebihan dan Kekurangannya

Ruang tamu minimalis masih menjadi idaman sebagian besar orang. Termasuk untuk ukuran 2×3 meter-nya. Desain ruang tamu minimalis ukuran 2×3 sendiri masih menjadi tren desain interior ruangan penyambutan tamu yang menarik hingga saat ini.

Ruangan minimalis untuk khusus menjamu tamu seluas 2×3 meter ini menjadi tantangan tersendiri untuk para desainer. Tentang bagaimana menyulap ruangan dengan space terbatas agara tetap nyaman digunakan.

Dengan perencanaan yang detail, Anda sendiri bisa merealisasikan ruang tamu idaman Anda. Perencanaan-perencanaan matang yang harus disiapkan pada intinya adalah bagaimana menentukan ide desain yang tepat. Pemilihan perabot dan strategi tata letak yang benar akan berpengaruh terhadap tampilan dan kenyamanannya.

Kelebihan ruang tamu minimalis dibandingkan yang lebih luas sebenarnya cukup kentara. Memang dari sisi ukuran akan sedikit mempersulit pertimbangan dalam menambahkan furniture ke dalamnya. Namun, ternyata banyak orang justru lebih menyukai konsep minimalis.

Salah satu kelebihannya adalah mampu meminimalisir budget secara signifikan. Keinginan untuk menambahkan banyak dekorasi juga jadi terbatasi karena space penempatan yang terbatas, yang artinya lebih hemat.

Sementara itu, kekurangan dari ruang tamu berkonsep minimalis juga ada, diantaranya yaitu sempitnya ruangan kadang kala sulit diatasi dengan strategi apapun. Sehingga, otomatis harus betah dengan kesan mau meletakkan apapun jadi serba bingung. Namun jangan khawatir barang kali artikel kami kali ini akan membantu masalah kebingungan Anda. Yuk simak sampai selesai.

desain ruang tamu minimalis ukuran 2x3-diminimalis.com.png2.png
Ilustrasi desain ruang tamu minimalis ukuran 2×3-diminimalis.com

Tips Mengatur Desain Ruang Tamu Minimalis Ukuran 2×3 Meter

Desain ruang tamu yang baik setidaknya memenuhi standar kenyamanan bagi pemakainya, dalam hal ini Anda dan calon tamu Anda nantinya.

Nah, hal-hal berikut ini bisa Anda terapkan untuk merealisasikan ruang tamu minimalis ukuran 2×3 meter terbaik yang Anda idam-idamkan.

1. Perencanaan tata interior ruangan harus detail

Ruang tamu dengan ukuran luas 2×3 meter harus didesain dengan sedetail mungkin. Tidak bisa dipungkiri bahwa luas ruangan dan tata letak interiornya akan berpengaruh besar terhadap kenyamanan para tamu. Maka fokuskan persiapan Anda untuk mengatasi masalah tersebut.

Poin ini adalah tentang bagaimana Anda memilih dan mengatur tata letak perabot yang Akan Anda gunakan di ruang tamu. Pemilihan ukuran sofa, jumlah dan modelnya harus direncanakan dengan detail termasuk strategi penataannya.

Untuk ruangan 2×3 sebaiknya pilih satu sofa panjang, dan satu atau dua sofa kecil. Untuk meja, pilihlah yang sedang saja jangan seukuran meja di ruang makan karena biasanya hanya untuk keperluan meletakkan minuman dan cemilan saja.

Baca juga: Cara Menata Ruang Tamu Yang Memanjang Dengan Konsep Minimalis

2. Sesuaikan desain dengan karakter ruangan

Sebagai yang empunya rumah, tentu Anda telah mengantongi tema-tema khusus yang pas untuk rumah Anda. Misalnya jika rumah Anda menerapkan gaya desain modern maka desain ruang tamu Anda pun harus menyesuaikan. Keserasian ini sangat penting mengingat tampilan adalah salah satu item penunjang kenyamanan sebuah ruangan.

Beberapa elemen dekorasi bisa Anda tambahkan untuk memepercantik ruangan. Misalnya dengan menambahkan poster atau pajangan dinding lainnya. Atau bisa juga dengan menambahkan wallpaper yang sesuai dengan warna dan motif kesukaan Anda dan keluarga.

3. Pengaturan perabot/furniture harus presisi

desain ruang tamu minimalis ukuran 2x3-diminimalis.com.png2.png
Ilustrasi desain ruang tamu minimalis ukuran 2×3-diminimalis.com

Perabot menjadi penting untuk diperhatikan mengingat space ruangan cukup sempit. Anda tidak bisa sembarang memasukkan perabot yang sekiranya hanya akan memakan tempat terlalu banyak padahal minim penggunaan.

Utamakan perabotan yang memiliki nilai fungsi yang penting untuk berada di ruang tamu minimalis Anda. Meminimalisir perabot yang masuk akan memberikan dampak yang besar terhadap kenyamanan ruangan saat dipakai.

Selain membatasi perabotan yang masuk, penataannya juga harus direncanakan dengan baik. Anda bisa mengatur sofa dengan tatanan yang menarik, bisa disusun berderet atau melingkar.

4. Sistem pencahayaan harus baik

Satu hal lagi yang tidak boeh diabaikan dari desain sebuah ruangan minimalis adalah sistem pencahayaannya. Untuk ruang tamu minimalis sebaiknya sumber cahaya alami bisa didapat dari jendela kaca rumah Anda.

Pemasangan jendela sebagai bagian dari ventilasi rumah sebaiknya dirancang khusus untuk memberikan efek kenyamanan visibilitas ruangan. Termasuk pada malam hari, penataan lampu ruangan juga harus diatur sedemikian rupa agar tidak mengganggu kenyamanan bersama.

Pilihlah lampu dengan cahaya yang tidak terlalu redup dan juga tidak terlalu terang. Ruang minimalis cenderung tidak memerlukan cahaya berlebih yang tidak memperhatikan tampilan. Jika Anda memiliki budget cukup besar, Anda bisa membeli lampu tumblr yang besar dengan kualitas yang baik.

5. Tambahkan rak dinding sebagai dekorasi multifungsi

Selain sebagai ruang untuk bersantai, Anda juga bisa menjadikan ruang tamu sebagai tempat membaca. Anda bisa menambahkan rak buku di sana. Untuk mengurangi kesan lebih sempit jika dipasang berdiri pada lantai, alternatifnya adalah memasangnya pada dinding.

Memasangnya menempel pada dinding akan tetap bisa menjamin kenyamanan Anda, keluarga, dan tamu Anda saat berada di ruangan. Serta memberikan kesan elegan dan berkarakter pada desain interior ruang tamu Anda secara keseluruhan.

6. Tambahan tirai/karpet empuk sebagai alas

Untuk menambah keindahan ruang, Anda bisa menambahkan elemen dekorasi lain seperti tirai dan karpet. Pilihlah tirai dengan corak dan motif yang indah. Selain sebagai penunjang penampilan, tirai juga bisa dimanfaatkan untuk mengurangi pencahayaan berlebih saat siang hari.

Di sisi lain, Anda juga bisa menambahkan gelaran karpet untuk menunjang kecantikan ruang tamu Anda. Pilihlah karpet dengan motif yang setidaknya sesuai dengan tema ruang tamu dan rumah Anda.

Contoh Ilustrasi Desain Ruang Tamu Minimalis Ukuran 2×3

Untuk melengkapi ulasan diatas berikut ini kami lampirkan gambar yang bisa Anda jadikan referensi desain Anda.

Dari contoh-contoh ilustrasi di atas bisa Anda jadikan referensi gambaran dalam mengatur penataan ruang tamu Anda sendiri. Tidak harus sama persis, yang penting poin pentingnya Anda dapatkan. Yaitu, kesederhanaan dan kenyamanan adalah yang utama.

Mungkin itu dulu ulasan seputar tips dan contoh ilustrasi desain ruang tamu minimalis ukuran 2×3 yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (rn) editted 22122020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.