Mendesain Ruang Keluarga Sederhana, Minimalis, dan Elegan

Ruang keluarga tidak harus mewah. Yap, ruang keluarga yang meski dibuat sederhana tetap bisa menjadi tempat yang nyaman untuk berkumpul kok. Hal ini karena seringkali kemewahan dan lengkapnya fasilitas yang ada tidak menjamin anggota keluarga akan betah di rumah. Justru, dengan kesederhanaan konsep dan fasilitas yang biasa saja bisa jadi membuat semua anggota keluarga semakin betah.

Meski dikonsep simpel, dalam mengatur desain ruang keluarga sederhana tetap harus diperhatikan agar terlihat menarik dan nyaman dipakai. Meski mudah, sayangnya tidak semua orang tahu persis bagaimana seharusnya desain ruang keluarga sederhana yang tepat itu dibuat.

Jika Anda salah satunya, jangan khawatir karena di artikel kali ini kita akan berikan ulasan tentang tips mendesain ruang keluarga sederhana yang sekaligus ruang tv. Harapannya, dengan penataan yang simpel ini akan membantu Anda dalam mewujudkan ruang keluarga yang bagus dan disukai semua anggota keluarga.

Ruang Keluarga Dengan Penataan Simpel, desain ruang keluarga sederhana, ruang keluarga lesehan, ruang makan sekaligus ruang keluarga, ruang tv sederhana, dekorasi ruang keluarga tanpa sofa, menata ruang tamu sekaligus ruang keluarga, menata ruang tamu sederhana, ruang tamu dan ruang keluarga tanpa sekat
Ruang keluarga sederhana dengan penataan furniutre yang simpel – Diminimalis.com

Tahapan Mendesain Ruang Keluarga Sederhana

Meski sepele, Anda perlu merencanakan setiap detail hal yang harus Anda lakukan sebelumnya. Kurang lebih berikut ini kami ulas beberapa tahapan penting dalam merancang ruang keluarga terbaik versi Anda.

• Lakukan pertimbangan penataan dengan ukuran ruangan

Langkah awal untuk menciptakan desain ruang keluarga sederhana adalah mengetahui secara pasti ukuran ruangan yang tersedia. Hal ini menjadi penting demi pembuatan konsep dan pemilihan ukuran furniture yang tepat.

Jangan khawatir, desain ruang tv sederhana yang tepat tetap bisa membuat anggota keluarga menjadi betah berkumpul. Sekali lagi tidak perlu mewah, asal semua kebutuhan aktivitas dalam ruangan terpenuhi saja sudah cukup.

pengertian desain interior minimalis-diminimalis.com
Pilihlah alas ruang keluarga yang tepat dan nyaman – Diminimalis.com

• Pilih alas lantai ruangan yang tepat

Ruang keluarga identik dengan tempat untuk bersantai. Meskipun Anda tidak menggunakan konsep lesehan, sebaiknya tetap berikan alas lantai ruangan yang membuat nyaman seperti misalnya karpet vinil.

Apalagi jika Anda ingin membuat ruang keluarga lesehan, maka dari itu pada desain ruang keluarga sederhana sangatlah penting untuk menyematkan karpet untuk menunjang aktivitas menikmati momen kebersamaan.

• Tentukan arah utama ruang keluarga

Umumnya, konsep desain ruang keluarga sederhana sudah termasuk dilengkapi dengan tv. Jika tidak menyematkan tv pun tetap ada satu titik yang dijadikan arah utama.

Lalu, sudahkah Anda tahu arah terbaik untuk ruang keluarga Anda? Arah terbaiknya adalah dengan memperhatikan sisi cahaya matahari masuk ke dalam ruangan. Posisikan ruang keluarga agar membuat jendela ruang keluarga berada di samping kanan atau kiri.

Ruang Keluarga Dengan Penataan Simpel, desain ruang keluarga sederhana, ruang keluarga lesehan, ruang makan sekaligus ruang keluarga, ruang tv sederhana, dekorasi ruang keluarga tanpa sofa, menata ruang tamu sekaligus ruang keluarga, menata ruang tamu sederhana, ruang tamu dan ruang keluarga tanpa sekat
Berilah furniture yang cocok sesuai gaya interior Anda – Diminimalis.com

• Pilih furniture ruang keluarga yang tepat

Jika sudah menentukan arah ruangan dan mengetahui berapa luas ruang keluarga Anda, maka saatnya memilih furniture yang tepat. Pemilihan furniture dimulai dengan memilih sofa atau tempat duduk. Perhatikan sofa yang pas untuk ukuran ruang keluarga Anda baik dari lebar dan panjang sofa hingga jumlah kapasitas tempat duduknya.

Sofa di ruang keluarga juga perlu ditambahkan dengan meja. Jika ingin sederhana dan bisa memberikan efek lega atau luas, pilihlah meja minimalis. Berbagai desain meja ruang keluarga termasuk meja ala kedai kopi bisa menjadi pilihan terbaik untuk ruang keluarga sederhana Anda.

• Tambahkan rak sederhana yang fungsional

Sebuah desain ruang keluarga sederhana, umumnya memerlukan rak untuk menyimpan buku, majalah, koran, album foto dan sebagainya. Ketika ingin memilih rak terbaik untuk ruang keluarga sederhana yang sempit, maka pastikan rak yang dipilih tidak akan menghabiskan luas ruangan.

Pemilihan rak yang berbentuk memanjang ke atas atau meninggi menjadi sangat tepat. Selain itu, bisa juga Anda memilih rak gantung sederhana.

• Sematkan tv di posisi yang tepat

Jika ingin menyematkan tv sebagai media hiburan, maka perlu sekali Anda posisikan dengan tepat. Perhatikan jarak antara tempat duduk dan tv agar tidak terlalu dekat dan terlalu jauh. Selain itu, posisi tv juga harus diperhatikan dengan baik agar tidak terlalu tinggi yang dapat membuat posisi menonton tv menjadi tidak nyaman.

• Tambahkan aksesoris pemanis ruangan

Pemanis ruang keluarga yang sederhana bisa bermacam-macam dan salah satunya adalah bean bag. Jenis furniture bean bag akan menjadi pemanis ruang keluarga yang sangat tepat. Bean bag menjadi pilihan yang sangat tepat untuk ruang keluarga simpel dan modern karena bisa juga menjadi sofa tambahan sebagai tempat untuk bersantai.

• Beri hiasan dinding yang bagus di ruang keluarga Anda

Dinding pada ruang keluarga juga perlu dihias agar tidak terlihat kaku. Anda bisa sematkan pajangan berupa lukisan kecil sederhana atau bingkai berisi kata-kata bijak ala kafe. Bisa juga Anda mengisi ruang keluarga dengan wallpaper yang cantik dan membuat ruangan menjadi hangat.

Selain itu, bisa juga menyematkan papan dengan besi siku untuk menjadi tempat meletakkan hiasan kecil seperti hiasan berbahan keramik, action figure, miniatur mobil, dan sebagainya.

Tips Mewujudkan Ruang Keluarga Idaman

Semua tahapan dalam penataan desain ruang keluarga sederhana tadi sangatlah mudah untuk diterapkan. Namun, agar semuanya benar-benar sesuai dengan harapan maka ada beberapa tahapan dasar untuk Anda yang akan mengapikasikan ruang keluarga idaman. Apa sajakah tips tambahannya?

Pertama, libatkan anggota keluarga dari mulai tahap perencanaan, pembelian furniture hingga penataan. Untuk Anda yang sudah memiliki anggota keluarga, hal ini sangatlah penting untuk dilakukan. Tujuannya, tentu agar ruang keluarga yang tercipta bukan hanya menarik untuk Anda namun juga menarik semua anggota keluarga. Tujuan kedua adalah demi membuat anggota keluarga merasa memilki ruangan yang akan tercipta.

Kedua, perhatikan anggaran yang Anda miliki. Menciptakan ruang keluarga sederhana tetap membutuhkan dana. Maka dari itu, perhatikan berapa uang yang Anda miliki agar bisa menciptakan ruang keluarga sederhana yang terlihat cantik, nyaman dan menarik namun tidak memberatkan Anda dari sisi pengeluaran.

Ketiga, carilah inspirasi sebanyak-banyaknya. Carilah gambar atau foto ruang tamu diinternet agar Anda bisa ciptakan ruang keluarga sederhana terbaik.

Itulah tadi berbagai hal terkait tahapan membuat desain ruang keluarga sederhana. Berbagai hal tadi terlihat sangat sederhana namun tetap perlu perhatian khusus agar benar-benar tercipta ruang keluarga yang nyaman untuk ditempati. Jangan lupa pahami juga tentang cara menata ruang tamu sederhana menjadi nampak istimewa ala diminimalis di artiel tersebut.(an) editted by RN27112020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.