Desain Ruang Kantor di Rumah yang Nyaman untuk Bekerja Saat Work From Home (WFH)

Membuat desain ruang kantor di rumah merupakan salah satu kebutuhan yang sekarang banyak dilakukan bagi masyarakat. Pasalnya hal ini menunjang aktivitas sehari-hari di masa pandemi sekarang ini.

Keharusan untuk work from home atau lebih sering dikenal dengan istilah WFH atau bekerja dari rumah menjadikan para pekerja mulai menyesuaikan diri untuk beraktivitas di rumah.

Oleh karena itu, agar tidak merasakan kebosanan, pekerja dituntut untuk bisa membuat suasana tempat kerja di rumah yang nyaman layaknya bekerja di kantor.

Untuk itu Anda perlu membuat desain ruang kantor di rumah yang cocok menurut Anda. Untuk merealisaikan hal tersebut, Anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut agar ruang kantor di rumah menjadi nyaman untuk WFH.

Pilih lokasi ruangan yang tepat

Hal pertama dan utama sebelum membuat ruang kantor yang nyaman, Anda perlu menentukan lokasi ruangan. Lokasi kantor di rumah yang baik adalah lokasi yang bisa membuat Anda fokus pada pekerjaan.

Fokus bekerja adalah hal yang penting dan harus dilakukan semua orang saat bekerja. Hal ini akan menjadikan pekerjaan selesai dengan baik dan maksimal dan diharapkan Anda tidak menyesal serta akan meberikan kepuasan pada Anda dan atasan Anda.

Desain Ruang Kantor di Rumah yang Nyaman untuk Bekerja Saat Work From Home (WFH) 1
desain ruang kantor di rumah via amazonaw.com

Berkaitan dengan hasil kerja yang baik, maka lokasi kantor di rumah yang Anda pilih haruslah lokasi yang tepat. Lokasi ini hanya Anda yang dapat memilih, karena selera setiap orang berbeda-beda.

Namun, pada umumnya, lokasi bekerja yang dipilih adalah lokasi yang sepi, jauh dari keramaian anak-anak atau keluarga. Sehingga Anda tidak terganggu ketika sedang bekerja.

Sebaiknya lokasi ruang kantor jauh dari ruang menonton tv, karena ruang menonton identik dengan ruang yang bising dan penuh keramaian. Jadi hal tersebut memungkinkan Anda akan lebih sering terganggu dan menjadikan Anda tidak fokus dalam bekerja.

Membuat desain ruang kantor di rumah

Setelah Anda menentukan pilihan lokasi ruang kantor di rumah, selanjutnya Anda dapat mendesain ruangan tersebut. Desain ruang kantor dapat Anda buat sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda.

Desain Ruang Kantor di Rumah yang Nyaman untuk Bekerja Saat Work From Home (WFH) 2
desain ruang kerja di kantor via interiordesign.id

Karena selera desain dari setiap orang berbeda-beda, maka desain ruangan yang bagus lebih baik menyesuaikan dengan kebutuhan, keingin dan kondisi ruangan itu sendiri.

Bagi Anda yang memiliki ruangan yang luas, Anda bisa fleksibel mendesain ruangan tersebut menjadi ruang kantor. Namun, jika ruangan itu sempit, Anda sebaiknya mendesain ruang kantor minimalis, tapi tidak mengesampingkan kebutuhan dan keinginan desain Anda.

Bagaimanapun desain yang akan Anda terapkan dalam ruang tersebut, pastikan desain tersebut memenuhi kebutuhan Anda saat bekerja didalamnya.

Sehingga dengan desain ruangan yang Anda pilih, Anda dapat bekerja dengan nyaman tanpa adanya kekurangan dan halangan yang akan mengakibatkan terganggunya proses bekerja.

Alokasikan anggaran yang cukup untuk merealisasikan desain

Setelah Anda menentukan desain yang cocok untuk rumah Anda, hal penting selanjutnya adalah alokasi anggaran untuk merealisasikan desain ruang kantor di rumah tersebut. Anggaran yang banyak akan dibutuhkan ketika Anda menginginkan ruangan yang mewah, namun biaya akan sedikit jika Anda menginginkan desain yang biasa saja.

Alokasi anggaran memberikan peran yang sangat berpengaruh terhadap realisasi desain kantor di rumah. Oleh karena itu, alokasi anggaran bisa Anda persiapkan jauh-jauh hari sebelum pada akhirnya ada melakukan WFH.

Dengan adanya ketentuan batas bawah dan atas akan anggaran yang dikeluarkan, Anda akan lebih mudah dalam mengambl keputusan saat membuat desain ruanganya dan pada saat Anda membeli atau dalam proses pengadaan furnitur ruang kerja.

Jadi kunci utamanya adalah memilih desain interior yang sesuai dengan budget yang pas. Sehingga Anda tidak akan menyesal dikemudian hari, khususnya menyesal karena desain yang kurang memuaskan dan harga yang tidak ramah di kantong.

Pilih furnitur yang dibutuhkan

Selain hal-hal di atas, komponen penting lainnya yang dapat menambah kenyamanan di dalam ruang kantor adalah furnitur. Kantor di rumah juga memerlukan furnitur yang mendukung pekerjaan.

Desain Ruang Kantor di Rumah

Dengan demikian, Anda akan mengalami kelancaran saat bekerja di kantor. Secara tidak langsung furnitur juga akan berdampak pada baik atau tidaknya hasil kerja yang sudah dilakukan.

Adanya furnitur yang memadai dan mendukung juga akan berpengaruh pada kenyamanan Anda pada saat bekerja. Jadi, furnitur yang Anda pilih sebaiknya dipertimbangkan dahulu baik dan tidaknya.

Nah, bagi Anda yang sedang mempersiapkan untuk membeli furnitur kantor di rumah, Anda dapat mengalokasikan dana dari sekarang agar kantor di rumah akan memiliki furnitur yang memadai dan menunjang pekerjaan Anda.

Pertimbangan lainnya saat akan melakukan pengadaan furnitur adalah, perhatikan ukuran ruangan, dengan demikian furnitur bisa masuk kedalam ruangan dan Anda dapat menata furnitur dengan fleksibel.

Pastikan memiliki pencahayaan yang tepat

Hal terakhir yang tidak kalah penting adalah terkait dengan pencahayaan ruangan. Pencahayaan akan menjadi hal terpenting dalam bekerja. Karena cahaya pada ruangan juga akan berpengaruh terhadap hasil kerja.

Desain Ruang Kantor di Rumah

Selain hasil kerja, pencahayaan juga sangat dibutuhkan ketika Anda sedang meeting online dengan rekan kerja atau dengan atasan Anda. Sehingga semua hal yang berkaitan dengan pekerjaan akan berjalan dengan baik karena pencahayaan yang baik pula dan sebaliknya.

Pencahayaan juga perlu disesuaikan dengan pekerjaan yang kita kerjakan di dalam ruangan. Sehingga Anda dapat memutuskan untuk memasang lampu yang area mana dengan tingkat kecerhaan yang bisa Anda sesuaikan.

Beberapa poin di atas merupakan hal yang perlu Anda perhatikan guna mendapatkan desain ruang kantor terbaik di rumah untuk Anda yang melakukan WFH.

Hal lain yang tidak kalah pentingnya adalah ketika Anda sudah mendapatkan ruang kantor di rumah sesuai dengan apa yang Anda inginkan, Anda harus selalu menjaga kebersihan dan kerapihan ruangan.

Kedua hal tersebut akan sangat berpengaruh terhadap kenyamanan Anda saat bekerja. Secara tidak langsung hal tersebut juga akan berpengaruh pada hasil kerja yang Anda kerjakan.

Semoga informasi terkait desain ruang kantor di rumah dapat membantu Anda dan bisa memberikan kebermanfaatan bagi banyak orang. Poin-poin di atas juga dapat dijadikan sebagai acuan bagi Anda untuk memulai mendesain ruang kantor di rumah.

Selain itu, diharapkan Anda akan mendapatkan kenyaman dan keamanan karena Anda bekerja dari rumah dengan fasilitas yang memadai dan terjaga kerapihan dan kebersihannya. (fy)


Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.