Ide Desain Plafon Indah dengan Hiasan yang Simpel

Plafon yang saat ini beredar di pasaran terbuat dari bahan maerial yang berbeda-beda. Termasuk model dan coraknya juga berbeda tergantung dari material dan harganya. Bicara soal plafon, elemen rumah yang satu ini fungsi utamanya ialah untuk memperindah ruangan. Namun ada pula manfaat plafon yang cukup banyak, sayagnya tidak dianggap penting oleh sebagian orang.

Banyak cara mewujudkan desain plafon indah dari mulai memilih yang bercorak unik hingga memasang lampu hias disekelilingnya. Keuntungan dari menerapkan desain plafon indah semacam ini tentu dampaknya pada kenyamanan. Apalagi kalau ditearapkan di kamar anak, bisa jadi ia akan senang bukan main.

Jenis Plafon Rumah Berdasarkan Material Pembuatnya

Keberadaan plafon di rumah minimalis, tidak hanya sebatas penunjang keindahan ruang saja. Lebih dari itu, indah berarti bagus dan berkualitas. Plafon yang bagus berarti terbuat dari material berkualitas dan dipasang di temapat yang pas. Jenis-jenis plafon berdasarkan material penyususnnya dibagai menjaid beberapa, berikut diantaranya.

Plafon Asbes

Bahan plafon dari jenis asbes berasal dari campuran semen dan kain perca yang kuat. Kelebihan dari plafon asbes ialah kemampuannya yang tahan api dan tidak mudah rembes. Biaya pemasangan plafon asbes juga terbilang terjangkau dengan kelebihannya yang mampu membuat ruangan terasa adem. Kekurangannya sendiri ialah pada pemasangannya yang memerlukan kehati-hatian tinggi lantaran bahannya yang mudah retak.

Plafon Fiber

Jika Anda menginginkan suasana interior rumah yang sejuk dan nyaman, plafon berbahan fiber sangat pas untuk dipilih. Plafon berbahan fiber punya kemampuan bagus dalam menyerap panas dan terkenal anti bocor. Biaya emasangan plafon fiber sendiri memang relatif lebih mahal, namun cukup awet untuk jangka pemakaian yang lama.

Plafon Gypsum

Plafon gypsum bisa jadi pilihan tepat untuk Anda yang tidak punya budget pemasangan yang besar. Selain harganya yang ekonomis, plafon gypsum sendiri mudah dibentuk sehingga varian coraknya bermacam-macam di pasaran. Plafon gypsum termasuk yang mudah dilakukan penggantian apabila mengalami kerusakan, sekaligus mudah dalam pengerjaannya.

Plafon PVC

Plafon PVC sudah sangat populer dijumpai di pasaran, meski masih kalah pamor dengan plafon asbes. Plafon berbahan PVC warnanya lebih bervariasi dengan corak bermacam sehinga bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan dan kesesuaian dengan tema ruangan.

Kelebihan plafon berbahan PVC bisa dilihat dari bentuk dan bobotnya yang ringan, sehingga bisa ditebak; pemasangannya lebih mudah. Selain itu, bahan PVC selalu anti rayap dan tahan lama. Kekurangannya sendiri ada pada harganya yang sedikit lebih mahal dari asbes.

Plafon glass block

Untuk memasang plafon glass block diperlukan plafon dasa yang sudah terasang. Sebab, plafon jens ini tidak bisa berdiri sendiri dengan kata lain perlu ditopang. Plafon glass block terbuat dari kaca balok sehingga sering sekaligud dimanfaatkan sebagai penerang alami dari cahaya matahari. Pada umumnya, plafon glass block ini dipasang pada kamar mandi atau ruang keluarga yang membutuhkan cahaya alami lebih banyak.

Plafon dak beton

Kunggulan plafon dak beton sendiri cukup banyak, seperti misalnya; tahan cuaca, perawatannya mudah, dan juga tahan api. Selain itu, plafon ini juga mudah dibersihkan. Dari segi biaya pemasangan dan perawatan, plafon dak beton terbilang paling ekonomis diantara jenis lainnya.

Plafon Metal

Jenis plafon selanjutnya ialah plafon metal. Jika hanya mengandalkan plafon berbahan kuat, maka jenis metal ini adalah pilihan terbaik. Plafon metal memiliki kelebihan dari karakter materialnya yang tahan air, anti rayap, dan sangat awet. Kekurangannya hanya pada harga jualnya yang terbilang mahal sehingga jarang yang memakainya.

Plafon Akustik

Terakhir, ada plafon akustik. Plafon ini juga cukup bagus dari sisi kualitas bahan. Plafon akustik sangat cocok untuk Anda yang menginginkan sebuah ruangan dalam rumah yang kedap suara.

Karena kelebihannya inilah, jenis plafon akustik lebih sering dipakai di ruang-ruang rapat dan pertemuan. Kekurangannya, terletak pada harganya yang cukup mahal seperti halnya metal, kurang tahan air, serta terbilang sulit ditemukan di pasaran karena sedikit pemakainya.

Contoh Desain Plafon Indah untuk Rumah Minimalis Anda

Cara memperindah tampilan plafon bisa dengan merencanakan pemilihan bentuknya. Bisa juga dengan menambah lampu warna-warni diantara struktur plafon tersebut. Di bawah ini kami sajikan beberapa desain plafon yang cantik dengan berbagai model yang semoga bisa menginspirasi Anda.

desain plafon indah, desain plafon rumah sederhana, desain plafon kayu
plafonndah dengan cahay lampu berwarna biru – diminimalis.com

 

desain plafon indah, desain plafon rumah sederhana, desain plafon kayu
plafon indah yang memadukan warna palfon dan warna lampu – diminimalis.com

 

desain plafon indah, desain plafon rumah sederhana, desain plafon kayu
plafon indah yang menyatu dengan background kamar – diminimalis.com

 

desain plafon indah, desain plafon rumah sederhana, desain plafon kayu
plafon indah dengan cahaya lampu berwarna putih dan biru – diminimalis.com

 

desain plafon indah, desain plafon rumah sederhana, desain plafon kayu
plafon indah dengan cahaya lampu berwarna putih – diminimalis.com

 

plafon rumah indah, harga plafon rumah, lampu plafon rumah
plafon rumah dengan tata cahaya yang indah – diminimalis.com

 

desain plafon indah, desain plafon rumah sederhana, desain plafon kayu
desain plafon indah untuk kamar tidur – diminimalis.com

 

desain plafon indah, desain plafon rumah sederhana, desain plafon kayu
desain plafon indah untuk kamar tidur – diminimalis.com

 

desain plafon indah, desain plafon rumah sederhana, desain plafon kayu
plafon dengan bentuk dan cahaya yang indah – diminimalis.com

 

plafon rumah indah, harga plafon rumah, lampu plafon rumah
plafon rumah indah dengan desain yang menawan – diminimalis.com

Mungkin demikian ulasan dari kami tentang gambaran desain plafon indah untuk rumah minimalis Anda. Memilh plafon sebaiknya dilakukan dengan penuh pertimbangan. Sebab, ini kaitannya dengan tampilan interior rumah Anda. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa. (ls) editted by RN05052020


Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.