Memaksimalkan Ide Desain Minimalis untuk Kamar Tidur Anak

Kamar tidur tentu tidak lumrah jika didesain kosongan, dengan kata lain, membutuhkan ide desain tertentu tergantung dibuat untuk siapa. Misalnya, kamar tidur untuk anak, sudah pasti baiknya didesain sesuai dengan karakter anak-anak yang identik dengan suasana ceria. Memasukan setiap elemen desain termasuk furniture dan menatanya. Tinggal bagaimana mengatur desain minimalis untuk kamar tidur anak sebaik mungkin agar tetap nyaman saat dipakai beraktivitas.

Anda sebagai orang tua, bisa mengusahakan berbagai ide desain yang banyak dilakukan para desainer interior di luar sana. Jika ingin yang standar bisa baut ruangan dan masukkan furniture yang biasa diperlukan anak-anak. Namun jika inginnya ada ide baru yang bernuansa kreatif, bisa juga dengan melakukan penambahan dekorasi. Seperti misalnya penambahan elemen furniture multifungsi, atau memasukan sesuatu mainan kreasi agar anak lebih leluasa saat bermain sambil istirahat di kamar.

Menemukan Ide Desain Minimalis untuk Kamar Tidur Anak

Meski terlihat gampang, menemukan ide terbaik untuk desain kamar tidur si kecil ternyata sedikit susah dan memusingkan ya. Sebab, mungki karena di sisi lain mesti menuruti keinginannya yang mungkin saja macam-macam. Selain itu, tidak semua anak suka dengan warna-warna dan motif yang biasa. Ini salah sati yang tentu akan menyulitkan Anda menemukan referensi terbaik memilih desain ruangan.

Pada intinya desain minimalis untuk kamar tidur anak perlu dirancang dengan maksimal agar kenyamanannya tetap terjaga. Dengan mendesain kamar tidur terbaik untuk buah hati Anda, diharapkan hal ini dapat meningkatkan kualitas istirahat. Berkaitan dengan desain minimalis untuk kamar tidur anak, memang diperlukan beberapa tahapan yang detail. Dierlukan perencanaan dan konsep sebaik mungkin untuk dapat menciptakan ruang tidur anak yang indah dan nyaman dipakai.

Desain minimalis untuk kamar tidur Anak, Desain minimalis untuk kamar tidur Anak modern, kamar tidur anak laki-laki

tempat tidur tingat yang nyaman untuk buah hati Anda – diminimalis.com

Memaksimalkan Ide Desain Minimalis untuk Kamar Tidur Anak dengan Berbagai Tahapan

Bagi Anda yang memiliki kamar tidur anak dengan ukuran yang tidak terlalu luas, tak perlu khawatir kehabisan ide untuk menatanya. Anda bisa menerapkan beberapa tips ide desain minimalis untuk kamar tidur anak sebagai berikut:

Rencanakan mulai tahap sketsa

Bila Anda masih dalam tahapan membuat sketsa denah bangunan rumah, dan mengalokasikan salah satunya untuk kamar anak. Mungkin karena keterbatasan space dan Anda perlu mendesain kamar tidur anak dengan ukuran minimalis. Maka, Anda disarankan membuat desain plafon kamar tidur anak yang cukup tinggi dari lantai dan ranjang.

Cara ini akan bermanfaat untuk membuat kolong kamar tidur sebagai media simpan barang-barang buah hati Anda. Dengan kata lain, kamar tidur anak Anda dibuat seefisien mungkin dengan berpedoman pada nilai multifungsi.

Pilih furniture minimalis dan atur peletakannya  

Kamar tidur anak meski fungsinya sebagai tempat istirahat bukan berarti pengadaan desainnya seperti ruang tidur dewasa. Anda perlu menyesuaikan segala hal yang berkaitan dengan furniture. Misalnya dengan memasukkan furniture yang minimalis dan multifungsi sehingga jumlah unitnya tidak terlalu banyak.

Pilihlah juga furniture yang unik dan menarik sesuai tema yang diinginkan buah hati Anda. Anda bisa mengajaknya berdiskusi untuk menentukan pilihan yang tepat. Kemudian untuk peletakkannya, manfaatkan sudut kamar untuk menaruh meja ataupun barang lain agar luas ruangan semakin efisien.

Hindari menggunaan lemari yang ukurannya terlalu besar. Sebagai gantinya, Anda bisa menempatkan lemari plastik dengan berbagai pilihan ukuran yang diinginkan. Anak-anak biasanya akan suka apalagi jika ada gambar karakter.

furniture melayang, cara membuat rak dinding melayang, cara membuat rak dinding ambalan

rak buku dapat mengefisienkan penggunaaan ruang – diminimalis.com

 

Usahakan ada model rak buku melayang

Jika menginginkan alternatif lemari sebagai rak buku, Anda bisa membuatnya melayang. Anda hanya perlu membuat rangka rak yang bisa menampung buku-buku besar dalam jumlah banyak. Bisa manfaatkan kayu jika buat sendiri atau beli yang sudah jadi dari bahan stainless.

Jadi, manfaatkanlah dinding semaksimalnya untuk meletakkan rak buku atau barang lainnya agar bisa menghemat tempat. Konsep rak buku melayang bisa menjadi alternatif terbaik untuk kamar tidur minimalis buah hati Anda.

Aplikasikan cat berwarna cerah

Satu hal lagi yang juga perlu diperhatikan adalah pemilihan warna cat. Pilihlah warna cat kamar tidur anak yang cerah untuk memaksimalkan nuansa dan tampilan. Warna cat yang cerah mampu mempengaruhi memberikan nuansa ceria. Konon, warna yang cerah juga mampu memancing imajinasi. Sehingga, ini akan bermanfaat untuk kreativitas anak Anda.

Pastikan sirkulasi udara terjaga dengan baik

Maksimalkan sirkulasi udara dan pencahayaan agar oksigen di dalam kamar tetap maksimal sangatlah penting. Sebab, jika kamar yang terlalu pengap efek buruknya dapat mengganggu kesehatan buah hati Anda. Tentu Anda tidak mau terjadi hal demikian bukan?

Jika sang anak menyukai kamar tidurnya maka tentunya ia akan lebih bertanggung jawab untuk membuat kamarnya tetap bersih.

Ide Desain Minimalis untuk Kamar Tidur Anak dengan Penambahan Elemen Tertentu

Kamar tidur minimalis tidak selalu terlihat sesak. Asalkan mampu menerapkan berbagai cara untuk membuat desain kamar yang pas-pasan jadi terlihat menarik. Bisa dimulai dari pemilihan warna yang tepat, pengaplikasian furniture multifungsi, dan tips desain lainnya.

Nah, berkaitan dengan kamar tidur minimalis untuk anak, elemen tambahan berikut bisa membantu desain kamar jadi lebih baik.

  • Jendela Kaca Besar

Jika Anda masih dalam proses perencanaan desain, kamar minimalis akan terasa sumpek dan pengap jika minim pencahayaan. Untuk mengatasi hal tersebut, pastikan kamar anak Anda mendapat pencahayaan yang cukup. Hasil pencahayaan yang lebih baik bisa Anda dapatkan dari sumber pencahayaan alami sinar matahari. Jadi, membuat jendela kaca berukuran besar bisa jadi solusi.

Bila ada budget lebih, kaca tersebut bisa dilengkapi dengan gorden bermotif lucu yang disukai anak Anda. Ini akan membuat anak Anda semakin betah di rumah.

  • Laci tersembunyi

Salah satu kunci desain yang penting dalam membuat kamar minimalis jadi lebih baik adalah nilai multifungsi. Jika meja belajar sudah sekaligus dengan rak buku, Anda masih bisa membuat ide lain untuk menghemat funriture yaitu adanya laci tersembunyi. Bisa di bawah ranjang, buat atau pesan ke tukang kayu untuk membuat ranjang dengan laci di bawahnya. Ini bisa dimanfaatkan untuk menyimpan mainan berukuran kecil hingga sedang.

  • Cermin

Fungsi dasar cermin memang untuk memantulkan cahaya ke seluruh ruangan. Jika dipasang di dalam kamar anak Anda maka ruangan sempit bisa terlihat luas. Untuk pemilihan cermin termasuk bingkainya bisa dipilih yang paling sesuai dengan karakter anak Anda.

  • Tempat Tidur Tingkat

Jika anak Anda lebih dari satu, kamar tidur bertingkat bisa jadi pilihan. Saat ini sudah cukup mudah menemukan tempat tidur tingkat di pasaran. Tinggal Anda pilih yang sesuai dengan model dan ukuran yang cocok.

  • Wallpaper

Penggunaan wallpaper pada setiap ruangan apapun akan mampu membuat nuansanya semakin hidup. Manfaat wallpaper selain mampu mempercantik ruangan juga bisa untuk mengalihkan kondisi ruangan. Sempitnya ruangan yang ada akan teralihkan jika wallpaper yang dipasang dipilih dengan baik. Untuk motif, Anda bisa memilih yang paling sesuai dengan yang disukai anak Anda tentunya.

Mungkin sekian dulu ya ulasan kami tentang beberapa tips desain minimalis untuk kamar tidur anak. Semoga bermanfaat untuk Anda sekalian.(ls) editted by RN11042020

 


Comment