Inspirasi Desain Kamar Tidur Ukuran Kecil untuk Remaja Masa Kini

Desain kamar tidur ukuran kecil untuk remaja merupakan salah satu tren yang tengah banyak dicari saat ini. Keunikan perancangan yang mengedepankan tema modern anak muda seperti ini memang menjadi tantangan tersendiri. Sebab, segala sesuatu yang berhubungan dengan remaja biasanya mudah sekali mengalami perubahan tren.

Namun begitu kita tidak bisa menutup mata bahwa salah satu kendala desain yang sering dijumpai dari konsep kamar tidur minimalis adalah persoalan kesesuaian luas area dengan konsep desain interior-nya. Beberapa orang mengalami kesulitan dalam memadukan furniture dengan tata ruangnya. Apalagi yang sedang kita bicaralam adalah anak remaja, yang biasanya banyak keinginan.

Nah, lalu bagaimana sih teknik yang benar dalam mendesain kamar tidur ukuran kecil untuk remaja yang tepat? Berikut akan kami ulas pelan-pelan untuk Anda.

desain kamar tidur ukuran kecil untuk remaja-diminimalis.com
desain kamar tidur ukuran kecil untuk remaja-diminimalis.com

Ide Kreatif Mendesain Kamar Tidur Ukuran Kecil untuk Remaja

Seperti telah disinggung di atas bahwa ukuran kamar tidur biasanya dianggap kecil jika luas ruangannya tidak lebih dari 3×3 meter. Meski begitu, kebanyakan orang lebih menyukai rumah dan kamar tidur minimalis lantaran lebih mudah dan murah.

Berikut ini beberapa alasannya:

1. Rumah minimalis minim lahan sehingga bisa dipakai untuk hal lain

Sepertinya sudah jadi rahasia umum jika keuntungan menghuni rumah minimalis adalah persoalan kebutuhan lahan bangunan yang bisa minim. Tidak harus melebarkan bangunan, cukup dengan ukuran yang sedang saja sudah cukup untuk satu dua ruangan.

2. Rumah minimalis minim kebutuhan furniture, aksesoris, dan perawatan

Keuntungan lainnya dari memiliki rumah dengan berbagai ruangan minimalis adalah meminimalisasi budget untuk keperluan pengadaan furniture, aksesoris dan lainnya.

3. Rumah dan ruangan minimalis selalu punya kesan yang modern

Sampai kapanpun, kesan minimalis selalu mengarah pada modernitas. Tren yang selalu berkembang mau tidak mau harus selalu diikuti. Rumah model minimalis inilah yang menjadi salah satu inovasi baru dalam dunia desain interior. Mengadopsinya berarti turut serta menjadi bagian dari kemodernan hunian.

Kamar Tidur Minimalis Ukuran Kecil dan Bagaimana Kiat Terbaik Mendesainnya

Tidak perlu khawatir jika Anda punya kamar tidur minimalis. Ada beberapa tips mendesain kamar tidur ukuran kecil untuk remaja masa kini.

1. Prioritaskan kebutuhan anak

Dalam mendesain ruangan, dalam hal ini kamar tidur yang bagus tentu harus sesuai dengan keinginan penghuninya. Begitu juga dengan kamar tidur anak remaja, konsultasikan dengan yang bersangkutan tentang gambaran desain kamarnya. Apa saja furniture yang akan dimasukkan, aksesoris apa saja yang mau ditambahkan, dan lain-lain.

Jika sudah disesuaikan dengan keinginan sang anak, Anda tinggal mengeksekusi desainnya dengan lebih mudah. Tambahkan perabot dasar ke dalam kamar yang mampu menunjang aktivitas utamanya seperti tempat tidur, meja belajar, dan lain-lain.

Setelah kebutuhan dasarnya terpenuhi, selanjutnya Anda bisa membantu mendekorasi kamar tidurnya. Jika remaja laki-laki biasanya suka karakter hero, bisa ditambahkan. Jika remaja putri, biasanya kecenderungan feminim mengarah ke ala-ala princess.

2. Buat desain kamar tidur tingkat

Ide ini bisa Anda aplikasikan saat kamar tidur terasa sempit. Meletakkan perabotan terasa terbatas, dan seperti tidak ada lagi ruang untuk melakukan aktivitas lainnya.

Manfaatkan ruangan semaksmial mungkin, gunakan perabotan yang ada untuk membuat kamar tidur minimalis unik khas usia anak Anda. Dengan bantuan tangga mini untuk menjangkau tempat tidur, kamar tidurnya akan serasa mewah karena berada di tingkat atas.

Anda bisa menempatkan kotak mainan atau lemari barang-barang di bawah tempat tidur. Maksudnya dengan membuat loker terlebih dahulu.

3. Tidak ada salahnya adopsi kamar tidur pintu geser

Selain ide-ide diatas tersebut, Anda juga bisa mendesain kamar tidur anak Anda menjadi lebih simpel dengan membuat area khusus. Membuat sekat dengan pintu geser akan memberikan space lebih luas untuk aktivas kegiatan lain.

Ruangan yang terbentuk tersebut diperuntukkan sebagai tempat tidur dan lampu hias. Sementara untuk space luar, Anda bisa Anda menggunakan perabotan yang semestinya perlu ada di sebuah kamar tidur remaja.

4. Pakai tempat tidur lipat

Bagi Anda yang memiliki rumah dan luas kamar tidur yang cukup sempit, Anda bisa melakukan beberapa hal kreatif untuk mengatasinya. Salah satu ide yang bisa Anda lakukan untuk membuat kamar tidur Anda tekesan luas adalah dengan membuat tempat tidur lipat.

Rencanakan dari awal untuk menjadikan tempat tidur anak Anda dapat dilipat atau tersembunyi. Anda dapat memanfaatkan dinding sebagai area lipat tempat tidur Anda.

Dengan demikian, kamar tidur Anda yang semula sempit bisa diatur jadi lebih luas. Jika Anda suka melakukan pekerjaan atau menunaikan tugas pekerjaan di kamar, Anda akan diuntungkan karena meja belajarnya akan lebih lapang.

5. Atur ruangan dengan aksesoris cerah

Selain mengubah tatanan perabot dan bentuk keseluruhan kamar tidur, Anda juga bisa mengusahakannya dengan menambahkan aksesoris. Salah satu yang bisa dijadikan pilihan adalah aksesoris dengan bentuk mungil namun warna cerah.

Nah, untuk menempatkan aksesoris tersebut Anda bisa membentuk rak ambalan memanjang. Rak ambalan memanjang akan membuat kesan ruangan lebih luas. Terlebih lagi jika Anda menambahkan cermin besar pada dinding maka bisa dipastikan kamar tidur akan terkesan lebih luas sepeti pada desain kamar tidur ukuran 3×3.

6. Bisa juga mengusungdesain panggung atau lantai 2 di atas lemari

Jika Anda masih juga mentok soal ide membuat kamar tidur kecil Anda lebih luas, Anda bisa mencoba model panggung atau tingkat.

Cukup dengan menempatkan tempat tidur Anda di ketinggian 1 hingga 2 meter. Syaratnya pastikan membuatnya tidak terlalu dekat dengan langit-langit rumah. Karena nantinya kamar tidur Anda akan cukup panas dan kurang nyaman.

Sebaliknya, pilihlah lokasi yang tepat untuk dibuat tempat tidur panggung. Buatlah sketsa ruangan dimana nantinya di bagian bawah tempat tidur bisa digunakan untuk meletakkan lemari pakaian atau barang.

Dengan perencanaan demikian sangat besar kemungkinannya kamar tidur Anda yang hanya 2×3 meter atau kurang akan terasa luas. Anda akan lebih leluasa dalam meletkkan barang-barang keperluan di kamar tidur Anda.

7. Atau usung desain kombinasi rak dan tempat tidur

Pada model desain yang satu ini, jadikan rak sebagi perabot utama kamar tidur Anda. Selanjutnya tempat tidur Anda nantinya akan menjaid bagian dari rak besar tersebut.
Desain tempat tidur yang sekaligus menjadi bagian dari rak untuk meletakkan barang-barang akan menambah kesan unik pada kamar tdiur Anda.

Itulah beberapa ide kreatif mendesain kamar tidur ukuran kecil untuk remaja yang bisa kami sampaikan. Anda bisa menyulap kamar tidur menjadi terasa lebih luas meski secara fisik berukuran kecil.

Selain contoh ide di atas Anda juga bisa melakukan inovasi sendiri berkaitan dengan desain kamar tidur untuk remaja.
Berikut kami tambahkan beberapa gambar untuk menambah referensi Anda.

Akhirnya semoga ulasan tentang ide desain kamar tidur ukuran kecil untuk remaja ini bisa bermanfaat dan mampu menambah pengetahuan Anda. (rn) editted 27092020


Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.