Ide Mendesain Kamar Tidur Sempit dengan Cara Sederhana

Bagi sebagian orang, mengatur desain kamar tidur sempit sering kali jadi masalah tersendiri. Bagaimana tidak, barang-barang keperluan yang seharusnya bisa masuk dengan mudah terkadang harus terpaksa disingkirkan karena ukuran ruang yang tidak memadai. Masalah seperti inilah yang seringkali membuat masalah-masalah baru jika tidak segera dicarikan solusinya.

Untuk itu, artikel kali ini dibuat untuk membantu Anda yang sedang dipusingkan dengan strategi desain kamar tidur sempit di rumah. Seperti apa cara mengatur desainnya? Mari kita simak sama-sama ulasan di bawah ini.

Mengatur Desain Kamar Tidur Sempit Ala Diminimalis

Tidak bisa dipungkiri bahwa ruangan apapun dengan ukuran yang sempit sering kali menjadi masalah tersendiri bagi sebagian orang. Khususnya karena berefek pada perencanaan keperluan desain interior yang dibutuhkan. Mulai dari pemilihan hingga penempatan furniturenya yang jadi tidak bebas alias terbatas.

Namun demikian, sebenarnya tidak perlu khawatir berlebihan soal ini, karena pada dasarnya hanya butuh strategi yang tepat untuk mendapatkan ide desain dan dekorasi yang tepat. Jika Anda yang mengalaminya, Anda bisa menatanya dengan ide simpel yang membuat ruangan yang dimaksud terkesan lebih luas.

Di bawah ini kita coba bedah satu-satu apa saja ide yang bisa diterapkan untuk mengatasi masalah sempitnya kamar tidur.

desain kamar tidur sempit-diminimalis.com.png1.png
Kamar tidur sempit namun indah-diminimalis.com.png1.png

Ide Desain Kamar Tidur Sempit dengan Memanfaatkan Luas Vertikal Ruangan

Beberapa orang mungkin akan kesulitan saat harus mendesain kamar tidur sempit atau dengan luas yang tidak begitu besar. Kesulitan-kesulitan yang sering dialami adalah soal pemilihan dan penempatan desain interior kamar tidur yang tepat. Barang-barang yang harus masuk seringkali tidak seimbang dengan luas ruangan yang ada.

Pada pembahasan kali ini, diminimalis akan mencoba mengulas beberapa tips dan gambaran terbaik dalam mendesain kamar tidur sempit yang semoga bisa Anda tiru. Sebelum itu, alangkah lebih baiknya jika Anda terlebih dahulu membaca beberapa hal terkait dengan tips mendesain kamar tidur ukuran kecil. Di artikel tersebut ada beberap[a tips dasar mendesain kamar tidur ukuran kecil, yang kurang lebih sama, daintaranya:

1. Pilih perabot model multifungsi

Hal yang tidak kalah penting dari desain sebuah ruangan adalah pemilihan perabot dan penataannya. Perabotan yang ada akan sangat menentukan bagaimana tampilan sebuah ruangan nantinya.

Begitupun dengan desain kamar tidur, furniture menjadi bagian vital dari sebuah desain yang harus dipilih dengan tepat. Pilihlah furniture/perabot yang memiliki fungsi ganda (multifungsi) seperti meja sekaligus terdapat laci brankas, rangka ranjang sekaligus rak sepatu, dan lain-lain.

Perabot multifungsi terlebih yang minimalis akan memberikan space ruangan lebih luas. Anda bisa memanfaatkan space kosong sisa luas ruangan untuk keperluan aktivitas lainnya.

2. Tempatkan perabot di lokasi yang tepat

Setelah memilih perabot multifungsi, selanjutnya adalah mengatur penempatannya. Prinsip penempatan perabot yang bagus untuk ukuran kamar tidur sempit adalah jauh dari pintu masuk kamar.

Menempatkan tempat tidur jauh dari pintu kamar akan memberikan kesan ruangan lebih luas. Jika perlu, penempatan meja kamar juga disesuaikan seenak mungkin dan ditempatkan di sudut terjauh kamar. Hal ini akan membuat tampilan ruangan lebih elegan dan luas.

Selain itu penempatan perabot seperti rak buku dan kotak barang-barang sebaiknya dilakukan dengan memanfaatkan dinding. Perabot yang tidak menempel pada lantai kamar akan memberikan space yang bisa Anda manfaatkan untuk aktivitas lain.

3. Pilih aksesoris dan menempatkannya dengan tepat

Hal penting lainnya yang tidak boleh dilupakan adalah aksesoris kamar. Meski kamar tidur Anda berukuran kecil dan sempit namun tetap akan bisa tampil menawan dengan penambahan aksesoris yang pas.

Aksesoris kamar seperti gantungan baju, rak, dan poster sebaiknya di tempatkan dengan baik. Penempatan aksesoris kamar yang tepat akan membantu meningkatkan kesan indah pada kamar tidur Anda.

Anda juga bisa menambahkan beberapa perabotan yang mengusung tema alam seperti pot bunga ke dalam kamar. Usahakan untuk tetap memilih tanaman bunga dalam pot yang berukuran mini untuk menghindari kesan ramai pada kamar tidur minimalis Anda.

4. Tambahkan jendela kaca dan cermin besar

Ide lain yang bisa Anda terapkan agar penataan kamar tidur minimalis Anda terlihat indah adalah dengan menambahkan jendela besar. Pencahayaan alami dari jendela besar akan memberikan efek terang pada ruangan.

Efek terang tersebutlah yang akan mampu memberikan kesan ruangan lebih luas dan indah.
Selain jendela besar, Anda juga bisa menambahkan kaca/cermin berukuran besar di dinding kamar tidur Anda. Cermin berukuran besar akan memberikan efek cerah pada kamar sehingga terlihat lebih indah dan luas.

5. Jaga kerapihan kamar

Hal yang tidak kalah penting dari sebuah desain ruangan adalah konsistensi dalam menjaga kebersihan dan kerapihan ruangan.

Jagalah kamar tidur Anda tetap bersih dan rapi. Jauhkan segala bentuk barang-barang yang berpotensi mengotori kamar. Biasakan membersihkan sisa makanan saat setlah makan di dalam kamar. Karena alih-alih kamar tidur nampak luas justru akan terkesan semakin sempit dan jorok akibat kebiasaan buruk Anda.

Hal yang sama berlaku juga untuk barang-barang/mainan. Sekiranya belum diperlukan dalam waktu dekat, alangkah baiknya disimpan di tempat yang benar dengan rapi.

Teknis Desain Kamar Tidur Sempit

Nah, setelah Anda menerapkan prinsip perancangan desain kamar tidur ukuran kecil di atas, selanjutnya Anda bisa mulai melakukan segala perencanaan teknisnya. Berikut ini kami ulas beberapa hal yang berkaitan dengan hal teknis untuk mendesain kamar tidur sempit Anda berbeda dari yang lain.

a. Desain dinding kamar

Seperti halnya beberapa desain kamar tidur ukuran kecil lainnya, kamar tidur yang sempit juga memerlukan perhatian khusus pada dindingnya. Usahakan untuk mendesain dinding kamar dengan cat warna netral yang lembut agar nampak lebih luas.

Selain cat dinding, Anda juga bisa menggantikannya dengan wallsticker. Pilihlah wallsticker dengan motif yang natural untuk mendapatkan kesan ruangan yang dinamis.

b. Tempat tidur bertingkat

desain kamar tidur sempit-diminimalis.com

Selain dinding, Anda juga harus memperhatikan tempat tidur atau ranjang. Untuk meminimalisir efek sempit ruangan, Anda bisa mengakalinya dengan menggunakan tempat tidur/ranjang bertingkat.

Ranjang dengan desain bertingkat akan mengurangi space sempitnya kamar tidur Anda. Dengan ranjang tingkat, Anda juga bisa mendapatkan space khusus di bawah ranjang yang bisa Anda manfaatkan untuk menempatkan meja belajar, loker barang-barang, dan lain-lain.

Atau bisa juga untuk Anda jadikan sebagai ruang kerja minimalis Anda selama #bekerjadarirumah , keren kan?

c. Rak dinding

Tips lain untuk mengatasi kendala sempitnya ruangan adalah dengan memanfaatkan dinding kamar. Buatlah beberapa perabot ruangan dengan desain menempel dan menggantung pada dinding.

Aksesoris kamar seperti kotak obat, laci barang-barang mini bisa Anda pasang pada dinding kamar. Dengan begitu space ruangan dari dasar lantai tidak akan berkurang banyak dan Anda bisa memanfaatkannya untuk keperluan lain.

Pada dasarnya, kamar tidur berukuran kecil sempit bukan sebuah masalah yang besar. Sebab ternyata ada beberapa solusi ringan yang bisa diusahakan agar tetap nyaman dipakai beristirahat dan aktivitas pribadi lainnya.

Oke itu dia ulasan tentang bagaimana mendesain kamar tidur sempit ala diminimalis yang bisa kami sampaikan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda. Salam. (rn) editted 03102020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.