Menerapkan Ide Desain Kamar Anak Minimalis Terbaik si Buah Hati

Mendesain sebuah ruangan tidak bisa hanya fokus pada tujuan estetikanya saja. Setidaknya, ada beberapa hal lain yang mesti jadi perhatian bila ingin hasilnya maksimal. Termasuk ketika mulai berusaha unuk menentukan ide dekorasi seperti apa yang cocok untuk penghuninya. Kamar tidur untuk anak misalnya, dalam menentukannya tidak bisa seperti untuk orang dewasa.

Ada perbedaan prinsip desain, salah satunya adalah desain kamar anak minimalis modern. Ide desain yang satu ini mampu memberikan kesan yang berbeda untuk hunian minimalis anak Anda. Meski tidak sesimpel yang dibayangkan, namun bisa diwujudkan dengan beberapa tambahan ide. Nah, untuk penjelasan lebih lanjut seperti apa ide desain kamar anak minimalis yang bagus, bisa Anda simak di bawah ini.

Mencoba Ide Desain Kamar untuk Anak Berkonsep Minimalis

Desain ruangan yang tepat untuk anak-anak adalah yang sesuai dengan keinginan dan seleranya, namun tetap memegang prinsip desain minimalis pada umumnya. Sebagai gambaran awal, Anda bisa mencari ide contoh desainnya di internet. Meski mudah lantaran tinggal mencontoh, namun ada beberapa prinsip dasar yang seharusnya dijadikan acuan.

 Desain kamar anak, Desain kamar anak perempuan, Desain kamar anak laki-laki,Desain kamar anak minimalis, Lukisan Awan di plafon, cara mengecat atap motif awan, cara melukis awan di plafon rumah

atap dengan lukisan bertema laut, alternatif selain tema awan yang untuk kamar anak yang indah – diminimalis.comApa itu? Tidak terlalu berlebihan. Tidak perlu sampai ruangan penuh oleh hiasan. Jangan-jangan hanya karena ingin menyenangkan anak dengan desain tertentu sampai mengorbankan budget. Memasukkan berbagai elemen furniture yang belum tentu terpakai ke dalam ruangan adalah hal yang perlu Anda hindari. Lebih baik, masukkan perabot yang biasa saja namun multifungsi.

Ingat bahwa dunia anak adalah tentang bermain sehingga, merencanakan desainnya tetap mampu mengakomodasi kesan luas adalah hal yang penting. Simpel, rapi bersih, ornamen secukupnya, dan perabot yang multifungsi sudah sangat pas untuk ukuran seorang anak remaja.

Meski secara detailnya antara kamar anak lelaki dan perempuan berbeda, namun secara prinsip tetaplah sama. Yaitu, dengan tetap mempertahankan konsep minimalis yang mengedepankan aspek kenyamanan, keamana, dan kesederhanaan.

Konsep Dasar dalam Mendesain Kamar Tidur Anak Minimalis

Dalam konsep dasar hunian minimalis, yang harus kita perhatikan adalah membuat kesan tetap lega meski secara ukuran sebenarnya sempit. Hal ini berlaku untuk kamar anak laki-laki maupun perempuan.

Salah satu cara termudah untuk mewujudkannya adalah dengan meletakkan tempat tidur di sebelah dinding. Anda bisa lihat pada contoh desain ebrikut ini. Konsep yang diusung terlihat modern ddengan rancangan yang berkarakter. Lihatlah, bisa ditebak bukan jika ruangan ini diperuntukkan bagi anak lelaki yang suka dengan mobil?

Desain Kamar Anak Laki-Laki, Desain Kamar Anak Laki-Laki sederhana, Desain Kamar Anak Laki-Laki ukuran 3x3
kamar anak laki-laki dengan ranjang berbentuk mobil yang terkesan maskulin – diminimalis.com

Ya, begitulah prinsip dasar dalam menentukan konsp desain kamar khususunya anak-anak. Karakter kesukaannya mesti ditonjolkan agar ia bersemangat saat akan istirahat dan belajar. Selain itu, imajinasinya juga akan terbantu untuk berpikir kreatif karena secara tidak langsung melihat tatanannya yang berkrakter.

Tips Menata Desain Kamar Anak Minimalis Terbaik

Agar misi mendesain kamar anak berhasil dengan sempurna, maka setiap detailnya harus direncanakan secara matang. Hal ini karena rauangan anak-anak tetap juga bagian dari salah satu ruangan dalam rumah.

Anda mesti memulainya dengan membedakan karakteristik keduanya. Anak laki-laki tidaklah sama dengan anak perempuan. Bila anak perempuan memiliki kemampuan multitasking, sementara laki-laki memiliki kecenderungan hanya bisa fokus dalam satu hal. Dari situ, Anda kemudian bisa melanjutkan desainnya dengan memperhatikan tips berikut:

Kenali perbedaan karakter desain mendasar

Sebelum sampai pada rencana penentuan tema, Anda mesti pahami dulu perbedaan dasar dari karakter desain kamar anak lelaki dan perempuan. Kamar anak laki-laki umumnya tidak membutuhkan banyak furniture sebagaimana kamar anak perempuan. Hal ini karenang anak laki-laki umumnya memiliki sifat aktif. Jadi, memberinya ruang yang lapang merupakan hal utama yang mestinya diutamakan.

Sementara anak perempuan, kita tahu karakter dasarnya berbeda. Anak perempuan lebih suka hal-hal yang kolektif bahkan jika sudah remaja bisa jadi perlu meja rias. Intinya, anak perempuan suka dan bisa dengan aktivitas multitasking. Maka, mendesain kamar anak perempuan bisa lebih kompleks.

Masuk ke pemilihan tema

Selanjutnya setelah memahami kaakter dasarnya, lalu kemudian pilih tema desain yang tepat. Ini berkaitan dengan akan seperti apa ruangan dibuat. Meliputi furniture yang akan masuk, perabot utama dalam hal ini ranjang tidur, hingga warna dinding ruangan.

Khusus warna ruangan, bila anak Anda menyukai tema vintage, gunakan saja warna dinding cream yang cerah. Untuk melengkapi keindahan warna ini, Anda bisa meletakkan laci dan meja belajar dengan gaya rustic.

Penambahan dekorasi ruangan

Ruangan anak identik dengan sesuatu yang bernuansa mainan. Sehingga, menambahkan elemen yang menjadi kesukaannya juga sangat perlu dipertimbangkan. Diskusikan dengan si anak mengenai apa saja yang perlu diadakan. Beri aturan dan batasan mengenai apa yang sebaiknya tidak ditambahkan jika hanya akan memepersempit ruangan.

Elemen penunjang kesehatan dan keamanan ruangan

Selanjutnya, Anda juga mesti mempertimbangkan beberapa hal terkait apa yang mesti dibuat agar ruangan teap nyaman dan sehat. Misalnya dengan memastikan jendela bekerja dengan baik sebagai media sirkulasi udara dan cahaya. Kemudian jika dilihat dari aspek keamanan, pastikan jendelanya bertralis dan pintunya dibuat sekuat mungkin.

Jika ingin mendapatkan aspek kesehatan yang sekaligus membantu mempercantik kamar anak dari sisi tambahan elemen ruangan, maka tanaman penghias bisa dipilih. Ini cocok untuk diambil jika anak Anda seorang perempuan sebab biasanya ia akan lebih suka dengan tanaman. Pilih tanaman kesukaannya agar ia pun merasa memiliki dan mau merawatnya.

Mungkin demikian penjelasan dan uraian dari kami tentang desain kamar anak minimalis. Pada intinya seperti apapun desain yang akan dibuat adalah sangat penting untuk memegang prinsip-prinsip dasarnya. Utamakan kenyamanan dan keamanan sebeum bicara soal keindahan. Dnegan begitu, si anak akan merasa memiliki dan mau menjaga kamarnya tetap bersih. Semoga bermanfaat (ls) editted by RN21042020


Comment