Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Seputar Desain Kamar Anak Tomboy

Memiliki anak perempuan yang sifatnya mirip anak laki-laki memang kadang perlu ekstra perhatian, baik menyikapi karakternya maupun memberikan fasilitas bermain untuknya. Orang tua setidaknya mesti mengusahakan berbagai hal yang berkaitan dengan kecenderungan kesukaannya, termasuk untuk urusan desain kamar. Mungkin sekali Anda perlu membuat desain kamar anak tomboy yang khusus untuknya.

Pada dasarnya mau setomboy apapun anak perempuan Anda, jangan sekali-kali mendukung penuh kecenderungannya tersebut. Cukup ikuti saja keinginannya selagi masih dalam batas kewajaran. Seperti misalnya minta dibelikan mainan anak lelaki atau kalau soal kamar tidur misalnya minta didesainkan ruangannya sperti kamar anak laki-laki yang banyak hiasan maskulin, tidak msalah.

Sebab yang penting sebetulnya adalah memberikan fasilitas namun bisa sekaligus ada pesan pendidikan karakter padanya. Tujuannya tentu agar fasilitas yang Anda berikan sebagai orang tua justru tidak mendukung penyimpangan sekecil apapun yang dilakukannya. Lalu, seperti apa seharusnya desain kamar anak tomboy yang ada nilai edukasinya itu? Mari kita bedah di uraian berikut ini!

Pentingnya Fasilitas Kamar Tidur yang Representatif untuk Anak

Kamar tidur merupakan ruangan yang bersifat pribadi alias akses untuk orang lain terbatas. Bahkan sebagian besar konsep desainnya dibuat sesuai dengan siapa yang nanti menempatinya. Tidak heran jika mendesain kamar tidur mesti dilakukan secara hati-hati agar sesuai dengan selera dan mendukung aktivitas pemiliknya.

Termasuk di antaranya adalah cara membuat desain kamar anak tomboy yang mesti dipikir matang-matang. Meski sebenarnya mendesain dan menghias kamar anak merupakan wujud kasih sayang orang tua. Namun, bukan berarti semua serba menuruti keinginan anak.

Kita tahu bahwa ragam aktivitas akan dilakukan dalam kamar tidur, yang utama di antaranya adalah belajar maka harus juga suportif. Bagi remaja, kamar ialah hal penting yang sering jadi bagian dari aktualisasi diri. oleh karenanya harus mendapat perhatian karena usia tersebut sudah saatnya memiliki privasi sendiri.

Kali ini kita akan coba membahas desain kamar anak perempuan yang memiliki kecenderungan karakter seperti laki-laki alias tomboy. Agar didapat kenyamanan dan rasa betah dalam kamar, dibutuhkan tips desain kamar anak tomboy yang sesuai.

Tips Mendesain Kamar Tomboy, kamar tidur anak tomboy, desain kamar anak tomboy
Desain kamar yang cocok untuk anak tomboy – Diminimalis.com

Anak tomboy sendiri identik dengan anak perempuan yang berpenampilan serta berkelakukan mirip laki-laki. Kamar untuk anak tomboy akan berbeda dengan anak perempuan yang feminim. Ini membuat gaya desain kamarnya juga akan berbeda, demikian juga dengan aneka aksesoris yang akan digunakan dalam kamar nantinya.

Kamar untuk anak feminim sendiri akan identik dengan warna pink atau pastel lain yang cerah. Aksesoris serta furniture yang digunakan di dalamnya juga bisa menggunakan barang-barang yang memberi kesan girly. Namun, hal ini takkan berlaku untuk kamar bagi anak tomboy, yang cenderung berseberangan dari karakter feminis. Mari kita intip sepeti apa desain kamar anak tomboy yang bagus.

Tips Desain Kamar Anak Tomboy

Desain kamar anak tomboy tentunya harus memperhatikan apa saja yang menjadi kesukaannya. Walau wanita tomboy identik dengan perasaan cuek, namun bukan berarti kamar mereka bisa diatur sembarangan dan dibiarkan berantakan. Penataan kamar yang rapi juga diperlukan agar ada rasa betah dan nyaman saat berada di dalamnya.

1. Mempertahankan Kerapian

Cara membuat desain kamar anak tomboy yang paling dasar adalah memperhatikan tentang kerapian. Sisi kerapian kamar harus tetap jadi perhatian utama supaya penghuni kamar merasa nyaman dan betah dalam kamar.

Selain itu, kerapian kamar akan membuat kamar makin sedap dipandang sehingga menjadikan nilai plus tersendiri. Atur agar furniture yang dimasukkan dalam kamar memiliki ukuran yang sesuai dengan ukuran kamar agar kamar tidak terkesan penuh sesak.

2. Warna Cat Dinding

Untuk warnda interior desain kamar anak tomboy, bisa kita gunakan cat dinding dengan warna netral. Salah satunya adalah warna putih polos atau kombinasi antara warna hitam dan putih. Pemilihan warna netral terutama akan memberi kesan nyaman dan sederhana, namun tetap tampak menarik. Selain warna netral, dapat pula digunakan warna-warna gelap seperti biru tua.

3. Properti Simple

Mengingat salah satu sifat perempuan tomboy adalah cuek, maka biasanya mereka takkan begitu memusingkan properti lain dalam kamar kecuali yang benar-benar dibutuhkan. Namun untuk menambah nilai estetika dalam kamar, aneka properti tetap dapat ditambahkan. Pilih properti yang sederhana namun tetap fungsional, misalnya speaker.

4. Kamar Minimalis

Kamar dengan desain minimalis adalah desain yang paling cocok untuk kamar anak tomboy. Pengertian minimalis di sini bukanlah kamar yang ukurannya kecil, namun kamar dengan konsep minimalis yang mengutamakan fungsinya serta memberi kesan clean atau bersih. Kesan minimalis bisa didapat dari penggunaan furniture serta properti berwarna natural serta ruang gerak yang leluasa dalam kamar.

5. Sesuaikan dengan Hobi

Sebagai tempat pribadi, sudah seharusnya kamar tidur disesuaikan dengan selera serta hobi penghuninya. Jika anak tomboy gemar dengan musik, misalnya, maka pasang speaker dalam kamar dan lengkapi dengan peredam suara di tembok agar suara musik yang membahana tidak mengganggu penghuni rumah lainnya. Masukkan juga aneka properti yang berbau musik seperti hiasan dinding berbentuk not balok dan lain sebagainya.

6. Karpet Lantai

Karpet lantai dapat pula digunakan saat mendesain kamar tomboy. Gunakan karpet dengan warna gelap atau netral untuk mendukung keseluruhan tampilan kamar. Karpet dapat diletakkan di bawah tempat tidur sebagai tempat bersantai.

7. Percantik Dengan Hiasan Dinding dan Wallsticker

Kamar anak tomboy yang minimalis tetap dapat ditambah aneka hiasan dinding agar tampilannya semakin menarik. Hiasan dinding yang bisa digunakan di antaranya adalah poster band ternama hingga pemakaian wallsticker dengan motif minimalis. Anda juga dapat menggunakan foto dengan bingkai kayu berukuran besar yang dipasang di dinding.

Membuat desain kamar tomboy sebenarnya tidak terlalu sulit apabila kita tetap mengedepankan sisi fungsionalitas dari kamar tersebut serta kenyamanannya. Hal-hal lain seperti properti serta aneka hiasan dapat disesuaikan selera. Pemilihan warna serta barang-barang lain yang ada dalam kamar juga bisa menuruti keinginan anak yang akan jadi penghuni kamar tersebut.

Ada baiknya jika anak diikutsertakan dalam mendesain kamarnya. Hal ini akan membuat desain kamar lebih sesuai keinginan serta selera anak. Apalagi karena kamar itu akan ditempati oleh si anak tomboy nantinya, sehingga mereka akan lebih betah saat berada dalam kamar yang desainnya sesuai keinginan masing-masing.

Tentunya ada perbedaan mendasar dalam desain kamar tomboy vs feminim, misalnya kamar untuk anak feminim akan lebih cerah ceria dan serba pink, sementara kamar anak tomboy lebih banyak menggunakan warna-warna netral.

Namun untuk prinsip desain sebenarnya sama saja, di mana kamar akan dibuat nyaman serta sesuai selera. Kita juga bisa melihat referensi serta inspirasi untuk mengatur kamar anak tomboy melalui internet.

Ada baiknya Anda mengkonsultasikan penataan kamar anak tomboy, dengan desainer interior yang terpercaya untuk memberikan desain yang memuaskan buah hati Anda.

Itu dia beberapa tips untuk membuat desain kamar anak tomboy yang bagus. Dengan mengikuti aneka panduan di atas, semoga anda dapat dengan mudah menghadirkan kamar yang sesuai keinginan anak perempuan tomboy. Semoga ragam tips desain kamar anak tomboy di atas dapat menjadi hadiah terindah bagi putri tomboy Anda. Editted by RN27082020


Comment