Tips Desain Interior Rumah Mungil, Sederhana, dan Nyaman

Rumah minimalis dengan ukuran yang sempit/mungil biasanya memerlukan sentuhan desain yang sedikit berbeda. Spesifik misalnya bicara soal bagian interiornya. Desain interior rumah mungil seringkali memerlukan perhatian serius karena hal-hal yang perlu diatur juga cukup banyak.

Perihal furniture sendiri otomatis penataannya harus menyesuaikan ukuran, kemudian dekorasinya juga mesti sesuai dengan tema ruangan agar tidak berpotensi menambah kesan makin sempit.

Untuk mendapatkan hasil desain yang bagus,hal pertama tentu harus menyesuaikan karakter ruangan. Untuk ruangan-ruangan tertentu yang memerlukan furniture, bagaimana caranya agar tetap bisa ada namun tidak mengganggu.

Pada kesempatan kali ini kita akan coba bahas strategi penataan beberapa ruangan utama jika interiornya ingin didesain dengan cara yang terbaik. Namun sebelum kesana, kita diskusikan dulu kenapa rumah minimalis layak dipilih dan desain interiornya penting untuk dipikirkan.

Rumah Minimalis dan Interiornya

Keterbatasan lahan dan mahalnya nilai jual properti saat ini menjadikan setiap orang harus berpikir keras perihal membangun rumah. Banyak pilihan rumah dengan varian ukuran tidak selalu dibarengi dengan tawaran harga yang cocok di kantong. Atau mau membangun rumah dari nol tapi tetap dananya butuh yang besar.

Ditambah lagi, semakin banyaknya jumlah penduduk di suatu lingkungan maka harga jual lahan dan hunian akan semakin mahal. Mau tidak mau Anda pun harus segera mencari solusi terbaik untuk bisa tetap mewujudkan impian Anda memiliki rumah sendiri. Rumah minimalis hadir sebagi salah satu solusi mengatasi masalah tersebut.

Namun, apakah rumah minimalis bisa benar-benar menjadi alternatif terbaik? Tunggu dulu. Ada beberapa hal yang biasanya sering jadi dilema para pemilik rumah minimalis. Salah satu penyebabnya adalah karena ukurannya yang kadang tidak seimbang dengan furnitureyang diinginkan untuk ada di dalamnya. Ini yang perlu disiasati agar justru tidak malah mempersempit ruangan.

Bicara soal siasat inilah yang relevan dengan pokok bahasan kita kali ini yaitu tentang tips desain interior rumah mungil.

desain interior rumah mungil-diminimalis.com
desain interior rumah mungil-diminimalis.com

Tips Menata Desain Interior Rumah Mungil, Sederhana Tapi Nyaman

Rumah minimalis dengan ukuran mungil seringkali menjadi penghalang kreativitas para pemilik rumah, mungkin termasuk Anda. Keterbatasan ukuran ruang namun dituntut untuk mampu menampilkan dekorasi ruangan yang indah dan bagus.

Berikut diminimalis akan berikan gambaran tentang penataan desain interior rumah mungil yang bisa Anda tiru.

1. Desain Ruang Utama

desain interior rumah mungil-diminimalis.com

Rumah dengan luas lahan minimalis/sempit seringkali menimbulkan efek domino terhadap pengerjaan desain interior -nya. Bagaimana cara mendesain ruang utama seperti ruang tamu/kamar tidur yang benar-benar pas dan nyaman?

Pertama-tama, Anda harus memahami prinsip utama mendesain rumah minimalis, yakni simpel tapi nyaman. Untuk mewujudkan tujuan tersebut Anda bisa mengaplikasikan beragam ide desain ruangan yang tepat.

Salah satunya adalah seperti yang ditunjukan pada gambar di atas. Ruang utama pada rumah mungil seharusnya didesain dengan cara yang sederhana dengan tetap mengutamakan kenyamanan.

Baca juga: Desain Interior Rumah Type 36, Tips dan Gambaran Terbaik untuk Anda

2. Desain Ruang Makan

desain interior rumah mungil-diminimalis.com

Desain interior rumah mungil kali ini juga bicara soal ruang makan. Untuk ruang makan minimalis sendiri bisa didesain dengan tetap memperhatikan kemudahan mobilitas dalam menikmati santap bersama keluarga.

Meja dan kursi bisa disusun melingkar tanpa tambahan aksesoris apapun. Kesan indah dan ringkas akan terasa istimewa jika mengusung konsep ini. Jadi meskipun mungil keseluruhan ruangan akan terlihat elegan.

3. Desain Kamar Tidur

desain interior rumah mungil-diminimalis.com

Satu lagi, ruangan yang memerlukan kreasi desain yang harus tepat adalah kamar tidur. Kenyamanan saat beraktivitas di dalamnya menjadi standar kesuksesan desain sebuah kamar tidur mungil.

Aturlah semua perabot kamar tidur Anda lebih ringkas dari biasanya. Akan sangat direkomendasikan untuk menggunakan perabotan yang multifungsi. Hal ini untuk mengurangi jatah space yang termakan oleh penempatan perabot.

Ringkasilah tampilan kamar tidur dengan memanfaatkan lemari pakaian layaknya di hotel atau apartemen. Mengusahakan semaksimal mungkin untuk menjadikan kamar tidur terlihat rapi dan sederhana akan meningkatkan kenyamanan Anda dan keluarga.

4. Desain Ventilasi

desain interior rumah mungil-diminimalis.com

Bukaan rumah sebuah rumah minimalis tentu juga perlu mendapatkan perhatian yang serius. Hal ini karena menyangkut kondisi suhu ruangan rumah Anda. Rumah mungil pasti akan berdampak pada panasnya suhu ruangan. Oleh karenanya ventilasi rumah harus mendapatkan strategi desain yang tepat.

Untuk ventilasi ruangan rumah mungil, kami menyarankan untuk membuat bukaan yang lebar. Perbanyak jendela dengan bukaan yang lebih panjang dan lebih lebar. Tujuannya adalah agar rumah tidak terlalu panas saat cuaca terik dan tidak terlalu dingin saat musim hujan.

5. Desain Tangga

desain interior rumah mungil-diminimalis.com.png5.png

Jangan salah, urgensi tangga untuk sebuah rumah mungil bertingkat sangatlah tinggi. Space yang diperlukan untuk menempatkan tangga pada bagian ruangan bisa lebih dari satu meter. Hal ini jelas akan mengurangi jatah space untuk ruangan lain.

Kami menyarankan untuk desain tangga dibuat dengan pertimbangan terbaik karena hal ini menyangkut keamanan dan keselamatan Anda dan keluarga sebagai pemilik rumah.

Sebagai tambahan, manfaatkanlah bagian bawah tangga untuk menempatkan sebuah perabot seperti rak atau lemari. Anda bisa memanfaatkannya untuk menyimpan barang-barang yang perlu disingkirkan karena pemakaiannya yang tertunda.

6. Desain Taman/Void

desain interior rumah mungil-diminimalis.com

Di bagian dalam rumah, Anda bisa menambahkan taman mini yang berfungsi untuk menambah keindahan sekaligus menghilangkan kesan sumpek. Dengan adanya void di dalam salah satu sudut rumah Anda, maka masalah sumpeknya ruangan akan bisa teratasi.

Jadi, pada intinya, jika ruangan-ruangan utama mampu dibuat bagus dan simpel maka kami yakin secara keseluruhan rumah Anda terbilang bagus. Tinggal dekorasinya disesuaikan agar jangan sampai terlalu ramai. Jika strategi ini berhasil maka masalah sempitnya ruangan akan teratasi dengan baik.

Nah, begitu, mungkin sekian dulu pembahasan dari kami soal desain interior rumah mungil yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (rn) editted 22112020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.