Rumah minimalis type 36 dengan luas lahan 72 meter persegi menjadi salah satu model hunian yang disukai banyak orang saat ini. Salah satunya ialah karena desain interior rumah minimalis type 36 72 ini cukup mudah dieksplorasi. Dalam arti, rumah tipe 36 biasanya cukup pas ketika dipetakan menjadi ruang-ruang tertentu.

Selain itu, opsi penataan ruangan dan furniture di dalamnya juga relatif cukup banyak. Misalnya Anda bisa menambahkan ruang tamu yang sekaligus bukaan taman. Bisa juga ruang keluarga yang dibuat demikian, atau ruangan lainnya yang menurut Anda bagus jika didesain terbuka.

Ini menunjukkan bahwa rumah minimalis type 36 72 cukup mudah dieksplorasi. Tinggal pandai-pandai saja mengatur strategi terbaik agar hasilnya maksimal. Beberapa diantaranya akan kita bahas pada artikel kali ini.

Seputar Desain Interior Minimalis Type 36 72

Berdasar pada perkembangan properti, desain Interior Rumah Minimalis Type 36 72 menjadi salah satu tren hunian yang paling diburu saat ini. Hal ini terlihat dari banyaknya pemilik rumah minimalis baik di perkotaan maupun di pedesaan yang mengusung konsep hunian ini.

Tema hunian minimalis yang memang dibangun di atas lahan seluas ± 72 meter persegi ini memang terkenal worth it.Selain karena desainnya yang lebih simpel dibandingkan ukuran lainnya yang lebih besar, type ini juga sangat cocok untuk bahan studi desain para desainer rumah.

Tidak hanya itu, rumah minimalis type 36 72 juga bisa dirancang menjadi 2 lantai atau lebih yang akan memanjakan pemiliknya. Di bagian samping kanannya bisa dimanfaatkan untuk taman atau green garden.

desain interior rumah type 36 72-diminimalis.com
Desain interior rumah type 36 72-diminimalis.com

Tips dan Inspirasi Desain Interior Rumah Minimalis Type 36 72

Pada artikel kami sebelumnya tentang tips dan gambar desain interior rumah type 36 telah disinggung tentang bagaimana mengatur desain interior rumah yang tepat. Mulai dari memilih cat dinding hingga penataan perabotan interiornya.

Nah, pada artikel kali ini diminimalis akan mengajak Anda untuk mengulas tentang bagaimana tips dan strategi terbaik mendesain rumah minimalis type 36 72.

# Tips pemilihan elemen desain interior rumah minimalis type 36 72

desain interior rumah type 36 72-diminimalis.com

Untuk kiat umum merancang desain interior rumah minimalis type 36 72 sebetulnya sedikit sama dengan type 36 biasa yang telah kami ulas sebelumnya, yaitu:

1. Memilih skema ruangan dan warna cat dinding yang pas

Poin ini masih menjadi hal yang sangat penting dan sama sekali tidak boleh diabaikan. Pemilihan warna cat dengan kombinasi skema ruangan yang pas akan memberikan efek ruangan nampak lebih luas.

Rencanakan setiap pemilihan cat dinding ruangan sesuai dengan peruntukannya sehingga akan menimbukan kesan kombinasi yang pas. Untuk rumah minimalis, warna cat dinding yang cocok adalah warna cerah sehingga secara tidak langsung mampu menonjolkan sisi elegan.

2. Memilih perabotan simpel dan multifungsi

Memilih perabotan yang tepat menjadi hal yang penting mengingat fungsi ruangan akan berjalan dengan adanya perabot di dalamnya. Pilihlah perabot yang multifungsi dan tidak terlalu besar agar tidak memakan space ruangan terlalu banyak.

Atur juga penempatannya agar tidak menghalangi aktivitas apapun selama di ruangan. Lebih baik berfokus pada penataan tata letak yang simpel namun menunjang fungsi yang diinginkan.

Baca juga: Desain Interior Rumah Mungil yang Sederhana dan Nyaman

3. Desain ruang tamu sekaligus ruang keluarga

Untuk desain ruang tamu, Anda bisa mengaturnya menjadi satu bukaan dengan ruang keluarga. Untuk aksesoris tambahan, Anda bisa menambahkan televisi sebagaimana biasanya ada pada ruang keluarga.

Meski secara fungsi berbeda, namun tidak ada salahnya jika disatukan mengingat dua ruangan ini umumnya berdampingan. Dengan demikian Anda tidak perlu membuat ruangan khusus untuk tempat berkumpul keluarga nantinya.

4. Ruang makan sekaligus dapur

Ide yang satu ini bisa Anda aplikasikan pada desain interior rumah minimalis type 36 72 Anda. Dengan penataan ruang makan sekaligus dapur, Anda tidak perlu lagi membangun sekat pemisah. Momen makan bersama lebih simpel karena makanan akan lebih mudah dihidangkan.

Namun yang harus Anda perhatikan agar desain ini tidak menimbulkan masalah adalah perihal kebersihan. Seperti kita ketahui bahwa dapur adalah penyumbang sampah rumah tangga terbesar pada sebuah rumah. Oleh karenanya Anda harus rajin-rajin membersihkannya.

Bersihkan dapur secara rutin. Pastikan makanan di meja makan selalu tertutup rapat sehingga kuman dan lalat tidak mudah mendekat.

5. Usung kamar tidur minimalis modern

Desain kamar tidur untuk rumah minimalis type36 sebaiknya dibuat seringkas mungkin. Seperti halnya ruangan lain yang minim perabot, kamar tidur juga sebaiknya didesain dengan perabotan yang tidak terlalu ramai.

Tempatkan perabot yang sekiranya diperlukan saja agar ruangan tetap indah dan rapi. Meja dan kursi secukupnya saja misalnya hanya untuk meletakkan laptop sekaligus ruang belajar dan lain-lain.

6. Kamar mandi minimalis bersih

Untuk kamar mandi jika space-nya cukup luas, Anda bisa menambahkan bathtub. Namun jika sempit cukup dengan menambahkan perabot kamar mandi seperti biasa. Shower, cermin, tempat handuk, tempat peralatan mandi, sudah cukup membuat kamar mandi Anda indah namun tidak terlalu sempit.

7. Komitmen dalam menjaga kebersihan dan kerapihan

Hal terakhir paling penting setelah sukses dalam hal penataannya adalah menjaga kebersihan dan kerapihannya. Akan sangat percuma jika Anda telah susah payah mendesain ruangan dengan indah kemudian tidak dijaga perihal kebersihan dan kerapihannya.

Berkomitmenlah Anda bersama keluarga untuk selalu disiplin menjaga kebersihan dana kerapihan rumah. Ajari anak-anak Anda untuk terbiasa menyimpan mainan mereka dengan rapih. Dimulai dari hal-hal kecil semacam itu maka rumah minimalis Anda akan terlihat indah dan nyaman ditempati.

Baca juga: Inspirasi Desain Kamar Tidur Ukuran 2×3 Meter Sederhana dan Mudah

# Strategi Desain

Untuk mendesain rumah minimalis type 36 72 Anda perlu merencanakan jumlah lantai rumah yang akan dibuat. Penentuan tersebut sangat penting mengingat perencanaan desain interior yang pasti berbeda-beda.

Mendesain rumah minimalis ukuran 36 72 satu atau dua lantai bisa dilakukan dengan cara yang lebih mudah. Berikut ini contoh gambar desainnya.

Rumah minimalis 1 lantai

desain interior rumah type 36 72-diminimalis.com
Seputar Desain Interior Rumah Minimalis Type 36 72 Standar 1

Rumah minimalis 2 lantai

desain interior rumah type 36 72-diminimalis.com
Seputar Desain Interior Rumah Minimalis Type 36 72 Standar 2

Dari gambar di atas bisa diambil kesimpulan bahwa rumah minimalis type 36 72 perlu mendapatkan sentuhan berbeda. Senua bagian didesain sederhana namun tetap tidak lepas dari sisi keindahannya.

Baiklah, sekian dulu ulasan kami tentang desain rumah minimalis type 36 72 ini, semoga bsia memberikan gambaran desain yang terbaik untuk Anda. Salam diminimalis. (rn) editted by RN28102020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *