Strategi Desain Interior Rumah Minimalis 2 Lantai untuk Wujudkan Hunian Impian

Rumah dua lantai semakin diminati banyak orang karena bisa jadi alternatif bangun rumah di atas lahan terbatas. Ditambah lagi, desain interior rumah minimalis 2 lantai juga tidak perlu terlalu banyak tambahan dekorasi. Sebab, biasanya fokus pendekorasian sudah terpusat di lantai bawah yang seringkali difungsikan sebagai lokasi ruang-ruang utama.

Namun apakah cukup hanya dengan mengandalkan ruang lantai bawah saja? Tentu tidak, karena tujuan membuat dua lantai adalah untuk menempatkan ruangan lain yang tak kalah penting. Biasanya ruang di lantai atas adalah ruang dengan privasi tinggi sehinga desain interiornya menjadi sangat penting.

Untuk itu marilah di artikel kali ini kita bahas, hal apa saja yang penting jadi bagian yang harus diperhatikan saat merencanakan penataan desain interior rumah minimalis 2 lantai.

Plus Minus Rumah Minimalis 2 Lantai

Kebutuhan akan kenyamanan sebuah rumah saat ini sudah menjadi prioritas utama banyak orang. Mulai dari pemilihan gaya desain hingga ukuran yang pas menjadi fokus utama. Siapa sangka hunian dengan konsep minimalis mampu menjadi tren hunian masa kini.

Selain bentuknya yang mini karena tidak memakan banyak space, rumah minimalis juga menjadi objek tantangan tersendiri untuk bisa mendesainnya dengan sebaik mungkin. Oleh karenanya tidak heran jika banyak orang berburu konsep desain rumah minimalis untuk dibuat sendiri atau membelinya di bursa properti.

Bicara konsep rumah minimalis, hunian dua lantai ternyata juga banyak yang tertarik. Mungkin karena ingin ada tambahan ruang namun melebarkan luasnya kesulitan, jadi dibuat ke atas. Kelebihan rumah 2 lantai sendiri ialah ruangan jadi bertambah. Namun kekurangannya, biaya pengeluaran juga bertambah untuk memenuhi kebutuhan ruang tersebut.

desain interior rumah minimalis 2 lantai-diminimalis.com
desain interior rumah minimalis 2 lantai-diminimalis.com

Ide dan strategi desain interior rumah minimalis 2 lantai ala diminimalis

Menjadi suatu hal yang spesial jika Anda bisa membangun hunian indah di luas tanah yang terbatas bukan? Terlebih lagi jika Anda mampu menyulapnya menjadi hunian berkonsep vertikal yang megah dan modern.

Alasan banyak orang lebih memilih rumah minimalis dibandingakn rumah biasa diantaranya adalah karena kebutuhan lahan lebih kecil dan biaya desain yang lebih murah. Kondisi semacam ini biasanya dialami oleh masyarakat di daerah perkotaan.

Nah, bicara soal rumah minimalis 2 lantai, kali ini diminimalis akan mengulas seputar bagaimana strategi mendesain rumah minimalis 2 lantai.

# Rumah Minimalis 2 Lantai | Hunian Vertikal yang Gagah

desain interior rumah minimalis 2 lantai-diminimalis.com

Merencanakan rumah minimalis menjadi 2 lantai adalah opsi terbaik dalam mendesain sebuah rumah dengan lahan terbatas. Meski begitu, yang harus diperhatikan dari mendesain rumah 2 lantai atau lebih adalah perhatian Anda terhadap setiap sudut ruangan.

Setiap detail luas ruangan dalam rumah harus bisa dimanfaatkan dengan sebaik mungkin. Hal ini harus dilakukan agar rumah minmalis Anda terlihat rapi dan elegan. Penataan desain interior rumah harus dilakukan dengan matang agar segalanya tampil sistematis.

Pada ilustrasi gambar diatas terlihat bahwa rumah minimalis dua lantai akan terlihat gagah jika didesain dengan penataan interior yang tepat. Lantai dasar bisa dimanfaatakan sebagai garasi dan lantai atas bisa difokuskan untuk ruangan utama seperti kamar tidur atau ruang keluarga.

# Rumah Minimalis 2 Lantai | Momen Eksplorasi Ide Dekorasi

desain interior rumah minimalis 2 lantai-diminimalis.com

Tujuan awal sebagian besar orang dalam mendesain rumah minimalis 2 lantai adalah untuk mengatasi luas lahan yang terbatas. Oleh karenanya demi mewujudkan tujuan tersebut, desain rumah minimalis 2 lantai harus benar-benar memperhatikan penataan interior.

Tidak bisa dipungkiri bahwa mendekorasi dan menata interior menjadi kesulitan tersendiri dalam mendesain rumah dengan space yang sempit.

Salah satu kesulitan yang harus dihadapi adalah bagaimana mengatur setiap ruangan agar justru tidak terkesan sempit dengan adanya perabot yang ditambahkan.

Intinya, mendesain rumah minimalis 2 lantai sejatinya sama dengan memberikan kesempatan pada Anda untuk bereksplorasi lebih jauh tentang strategi dekorasi yang tepat. Manfaatkan hal ini dengan sebaik-baiknya agar tampilan rumah Anda sesuai keinginan Anda.

Tips Pemolesan Desain Interior Rumah Minimalis 2 Lantai

Selain esensi desain rumah minimalis di atas, selanjutnya Anda dapat menerapkan beberapa ide desain interior rumah minimalis 2 lantai berikut ini.

1. Warna cat dinding yang pas

Sudah banyak disinggung pada artikel kami yang lain bahwa warna cat dinding merupakan bagian desain yang sangat penting. Perannya sebagai wajah dari sebuah rumah atau ruanagn akan memberikan sisi elegan yang berbeda jika direncanakan dengan baik.

Tidak sedikit orang yang menganggap bahwa cat dinding berwarna putih mampu menunjukkan sisi keluasan sebuah ruangan. Padahal nyatanya berbeda karena warna putih sebagia warna dominan dinidng poerlu dikolaborasikan dengan warna lain agar rumah nampak lebih hidup.

2. Pemilihan perabot yang sesuai

Sebagai seorang desainer meskipun mendesain rumah Anda sendiri tetaplah harus memperhatikan keserasian ruangan. Pilihlah perabotan yang mampu memberikan efek luas pada ruangan. Setidaknya pilihlah warnanya serasi yang serasi.

Hindari memilih perabot hanya berdasarkan harga dan kesukaan. Orientasikan prinsip Anda dalam memilih perabot berfokus untuk menambah kesan indah pada rumah 2 lantai Anda.

3. Penataan perabot

Terakhir, setelah Anda berhasil memilih perabot yang serasi dengan warna dominan ruangan selanjutnya adalah merencanakan strategi penataannya. Aturlah penataan perabot dengan sebaik mungkin.

Meminimalisir perabotan berukuran besar dapat menjadi tips sederhana mengatur interior ruangan. Sebaliknya, pilihlah perabot multifungsi yang minimalis sehingga tidak akan menimbulkan masalah berarti terhadap desain interior rumah Anda secara keseluruhan.

Pada dasarnya, mau rumah minimalis satu atau dua lantai, asalkan mampu mengatur hal-hal kecil dari mulai pemilihan hingga penataan furnitrue pasti hasilnya akan bagus dan nyaman. Kuncinya ada pada kesesuaian dalam menentukan tema apa yang akan diusung dan bagaimana strategi pengaturannya.

Untuk mengatur desain interior rumah minimalis 2 lantai agar nyaman dihuni tentu harus mempertimbangkan ketepatan desain. Rencanakan dari awal lantai dua akan dipakai sebagai ruang apa. Jika punya anak remaja, biasanya akan suka sehingga bisa dialokasikan sebagai kamar tidurnya. Selesai.

Jadi begitu ulasan kami tentang strategi desain interior rumah minimalis 2 lantai. Semoga apa yang kami sampaikan secar sekilas di artikel ini bisa menambah referensi Anda soal bagaiamna mengatur desain interior rumah minimalis 2 lantai. Salam diminimalis. (rn) editted 26112020

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.