Siapa sangka bahwa desain eksterior shabby chic kini punya peranan penting pada perkembangan konsep bagian luar dari hunian modern.

Shabby chic yang kesan awalnya terlihat jadul dengan tampilan yang kuno justru kembali menggairahkan antusiasme kreasi hunian masa kini. Tidak lain karena kebanyakan orang saat ini lebih memprioritaskan tampilan eskterior yang indah namun tetap minimalis.

Meski konsep desain eksterior shabby chic sudah lumrah, namun untuk membuat tampilannya terlihat menawan, harus ada perpaduan warna dan sentuhan khusus lainnya.

Apalagi shabby chic erat kaitannya dengan mensyaratkan beberapa elemen yang harus dimaksimalkan bersamaan. Di sisi lain, konsepnya juga harus kuat untuk bertahan terhadap segala jenis cuaca. Sebab eksterior rumah adalah bagian terluar yang paling rawan terkena dampak dari berbagai macam gangguan seperti panas matahari, angin, dan debu bahkan hujan.

Desain Eksterior Shabby Chic, model rumah Shabby Chic, teras rumah Shabby Chic
Desain eksterior shabby chic, aman bagi Anda yang memilki buah hati yang masih kecil – diminimalis.com

Sejarah Gaya Desain Shabby Chic

Sebagian besar masyarakat modern saat ini menyukai konsep hunian yang terkesan elegan namun tetap lapang. Tren inilah yang setidaknya ada pada gaya Shabby Chic yang apabila diaplikasikan pada eksterior rumah minimalis akan sangat pas.

Dalam sejarah, gaya shabby chic untuk sebuah hunian pertama kali muncul pada tahun 1980 -an di Britania Raya. Gaya ini diadopsi dari bentuk rumah dan bangunan tua yang dibangun di hampir seluruh penjuru desa.

Shabby chic sendiri berasal dari dua kata. Yaitu “shabby” yang artinya lusuh dan “chic” yang berarti indah/cantik.

Dalam konsep desain hunian, shabby chic berarti gaya lusuh yang tetap menonjolkan kesan indah dan cantik. Meski terkesan lusuh sesuai namanya, namun justru mampu menciptakan sebuah gaya desain dalam hal ini eksterior yang bagus.

Penerapan gaya desain eksterior shabby chic pada rumah minimalis memang masih jarang, karena sebagian besar pada interior. Jadi, jika Anda berani uji coba dan hasilnya bagus maka Anda adalah salah satu pemilik rumah minimalis yang hebat.

Baca juga: Desain Interior ala Shabby Chic yang Mudah Dibuat

Sekarang kita lihat apa saja keuntungan memiliki eksterior rumah bergaya shabby chic.

Uniknya Desain Eksterior Shabby Chic, Rumah jadi Indah

Salah satu konsep desain eksterior hunian yang masih menjadi favorit adalah desain eksterior bergaya Shabby Chic.

Gaya ini adalah sebuah model desain yang identik dengan berbagai warna yang lembut dan kalem seperti biru muda, pink, peach atau krem dengan berbagai aksen feminin.

Bukan hanya dari segi desain saja yang bagus, ciri khas lain dari shabby chic, juga bisa diperkuat estetikanya oleh pemilihan furniture yang terbuat dari kayu. Umumnya, furniture tersebut dibuat dengan ukiran yang halus dan modern di setiap lekukannya. Kemudian disertai finishing cat berwarna putih atau nuansa terang lainnya.

Desain Eksterior Shabby Chic, model rumah Shabby Chic, teras rumah Shabby Chic
eksterior shabby chic yang iterlihat cantik dengan nuansa klasik – diminimalis.com

Bagi Anda yang menyukai konsep feminim, desain Shabby Chic merupakan alternatif yang sangat cocok, karena dapat menghadrikan kesan yang anggun dan elegan. Furniture yang digunakan pun sederhana namun tak jauh dari ciri khas warna putih.

Bila Anda menyukai desain eksterior gaya ini sebaiknya Anda mengurangi peletakan barang, karena desain shabby chic identic dengan ruang gerak yang luas dan lega.

Dengan mengusung desain shabby chic, Anda akan merasakan kenyamanan yang hampir tak terbatas. Sebab, desain ini memberikan kesan hangat dan nyaman untuk para penghuninya.

Desain ini juga sangat cocok bagi Anda yang baru saja memiliki buah hati. Karena nuansa luar rumah yang segar dengan suasana yang lapang.

Dalam proses tumbuh kembang si kecil, eksterior rumah yang kondusif untuk bermain dan menghabiskan waktu bersama adalah hal yang penting. Tentu saja, eksterior rumah dengan desain shabby chic ini merupakan pilihan yang tepat.

Keuntungan Memiliki Rumah dengan Eksterior Shabby Chic

Bicara soal kelebihan shabby chic sebenarnya sudah bisa ditarik kesimpulan dari uraian pengertian di atas. Yakni gaya ini cenderung tidak banyak aturan namun tetap terkonsep dengan baik dan rapi.

Semakin unik, kuno, dan “lusuh” dalam arti yang terkonsep, desain eksterior shabby chic yang diinginkan akan terwujud dengan sempurna.

Jika ingin shabby chic nya lebih tereksplor, Anda bisa tambahkan benda–benda vintage untuk mengiringinya. Setelah itu, padukan dengan elemen lain yang punya aura mempertegas kesan shabby, dengan begitu kami yakin hasil desainnya akan sangat bagus.

Baca juga: Lantai Garasi Rumah Sebaiknya Didesain Bagaimana?

Jadi apakah Anda akan mengusung konsep desain eksterior shabby chic di rumah Anda? Silakan dipertimbangkan ya. Semoga bermanfaat! (ls) editted by RN16082021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *