Desain Dapur Victoria Perkuat Kesan Ningrat pada Interior Anda

Pada dasarnya, konsep desain dapur rumah minimalis ada banyak yang bisa diusung. Salah satunya adalah desain dapur victoria yang sedang banyak digandrungi dalam beberapa tahun ke belakang.

Desain dapur ini sendiri merupakan konsep yang mengusung nuansa ningrat ala kerajaan Inggris di masa lalu. Konsep ini awalnya menyebar melalui desain rumah Victoria secara umum. Seiring waktu, desain ini berkembang secara parsial dengan penerapan pada ruang-ruang tertentu saja seperti pada dapur misalnya.

Nah, pada kesempatan kali ini, diminimalis akan coba untuk mengulas seperti apa konsep desain victoria pada dapur yang sempat viral tersebut.

desain dapur victoria, desain ruang makan mewah, desain interior rumah klasik eropa
desain dapur bergaya victoria dengan lampu gantung yang antik – diminimalis.com

Keunggulan Desain Dapur Victoria

Salah satu keunggulan desain dapur Victoria adalah konsepnya yang lebih bisa dikatakan sebagai desain dapur terbuka. Adanya elemen antik di dalamnya dengan penambahan wastafel adalah ciri khas victoria yang biasanya terlihat.

Beberapa elemen dapur didominasi oleh furniture yang antik dan mewah dari sisi tampilan. Sementara itu, kabinet pada dapur Victoria juga mengusung konsep antik berpola mahkota dengan ukiran yang unik. Lemari juga bisa didesain sebagaimana rak terbuka atau berpintu kaca untuk memajang koleksi peralatan makan atau gelas.

Selain itu, ciri lain dari konsep desain dapur victoria adalah penamabahan elemen dekorasi melalui karya seni. Poster bergambar buah-buahan dan sejenisnya akan membuat ruangan jadi terlihat lebih hidup. Bisa juga dnegan menambahkan gorden bermotif bunga dengan warna lembut.

Hal-hal Penting Tentang Desain Dapur Victoria yang Cantik dan Antik

Tanpa Anda sadari, konsep desain yang sedang kita bahas ini sebetulnya tidak ada perbedaan yang jauh dengan konsep desain yang sering orang Indonesia adopsi. Hanya saja seperti halnya konmsep desain dapur lain pada umumnya, desain victoria perlu elemen berkarakter.

Nah, berikut ini beberapa hal yang mesti Anda pahami terkait desain dapur victoria:

Ada Beragam Model dan Konsep Desain

Model-model dapur Victoria bisa beragam dari sisi model, rupa, dan bentuknya. Hal ini karena biasanya menyesuaikan dengan jenis rumah dan sudut interiornya. Namun yang pasti, ciri desain Victoria memerlukan pencahayaan alami yang maksimal. Hal ini bisa dan biasa diwujudkan dengan penyesuaian bentuk jendela di sisi dapur.

Jadi, jika Anda ingin mengusung konsep dapur victoria, bisa dengan mengutamakan bukaan jendela setelah elemen dalam dapur terpenuhi. Model dapur victoria pada intinya membuat aktivitas di dalamnya jadi lebih leluasa. Dengan kitchen set yang rapi dan meja makan yang berada di tengah ruangan akan memudahkan sesi penghidangan makanan yang sudah siap santap.

Tidak harus Besar

Dapur dengan gaya Victoria tidak harus berukuran besar, sebab tidak fokus pada bagaimana menampung banyak furnitur. Karena pada umumnya, konsep dapur victoria tidak bisa tampil terpisah di ruangan tersendiri. Melainkan perlu menyatu dengan ruang makan dan tempat bersantai jika ada.

Mungkin kesan menyatu inilah yang membuat desain dapur Victoria cocok untuk diterapkan pada rancangan rumah minimalis. So, seberapapun ukuran dapur Anda, konsep victoria masih bisa Anda adopsi ke dalam rumah Anda. Yang terpenting ketika hendak mengusung konsep ini adalah tidak perlu terlalu fokus pada furniture yang harus ini itu. Namun cukup pada bagaimana memaksimalkan space dan konsep paling sederhana saja.

desain dapur victoria, desain ruang makan mewah, desain interior rumah klasik eropa
desain dapur vistoria kental dengan elemen kayu – diminimalis.com

Kabinet bisa Dicat Warna Putih untuk Kesan Elegan

Untuk menguatkan gaya Victoria di dalam ruang dapur, Anda bisa menghias kabinet dengan memainkan corak warna putih dan penambahan elemen material kayu. Sedangkan pada area makan, cobalah menambahkan meja berkaki besi yang disandingkan dengan kursi berbahan kayu.

Tampilan semacam ini akan membuat Anda dan keluarga lebih enjoy menikmati hidangan. Kemudian secara look juga akan terlihat lebih pas dengan konsep voctorian.

Area Santai Bisa Ditambahkan Sofa

Sementara pada area bersantai, Anda bisa menghadirkan sofa empuk berukuran besar untuk menambah kenyamanan. Untuk aksen warna pada furniture, akan lebih cocok bila Anda mencampurkan warna abu-abu yang terkesan “dingin”. Sedangkan untuk meja yang ada di tengah-tengah dapur akan lebih tepat bila diberikan warna gelap.

Penambahan Aksesoris

Untuk menimbulkan nuansa khas victoria, tentu Anda tidak bisa membiarkan ruangan polos tanpa hiasan sama sekali. Salah satunya, cobalah tambahkan aksesoris dengan unsur-unsur dekoratif khas victoria yang memiliki detail rumit. Hadirkan aksesoris tersebut sebagai pajangan dinding maupun meja makan dan kabinet dapur.

Agar nuansa Victoria lebih kuat, Anda bisa menutup area dinding menggunakan keramik polos dengan motif kuno yang antik. Bila memungkinkan, Anda juga bisa menambahkan lampu gantung di dengan bingkai berukir. Atau lampu candelier berbentuk bulat dengan kerangka besi khas abad 18 untuk menunjukkan sisi elegan dan antik.

Demikian ulasan kami tentang cara menesain dapur klasik pada rumah minimalis Anda. Semoga bermanfaat. (ls) editted by RN14032020


Comment