Mengkombinasikan Desain Dapur Tradisional dan Modern dalam Satu Ruang, Bisakah?

Pada dasarnya, desain dapur tradisional dan modern bisa saja disatukan dalam satu ruang. Hanya saja perlu ditentukan konsep mana yang akan jadi dominan. Desain dapur tradisional dan modern jelas akan melibatkan berbagai pemilihan konsep sisi ruang dan opsi furniture berbeda. Oleh karenanya, untuk mewujudkan desain seperti ini, kejelian menjadi salah satu kuncinya.

Tentu saja setiap orang punya pilihan sendiri-sendiri tentang gambaran konsep dapur yang akan diusung. Ada yang suka dengan desain terbuka, ada pula yang gandrung dengan model tersembunyi seperti di bawah tangga. Tapi, pada dasarnya konsep tersebut memang lebih mampu tampil maksimal jika berdiri sendiri.

Lalu, apakah desain-desain tersebut tidak bisa dipadukan jadi satu konsep? Tentu saja bisa, namun untuk mendapatkan hasil desain yang bagus diperlukan pemilihan dan penataan yang tepat. Harus jeli memilih hingga menempatkan furniture terbaik di area yang didesain, dalam hal ini dapur.

Jika tidak, maka bisa jadi hanya akan menghabiskan banyak biaya tapi hasilnya kurang maksimal. Untuk itu, kali ini diminimalis akan coba menghadirkan artikel tentang ide menyatukan desain dapur tradisional dan modern ini ke hadapan Anda. Tujuannya agar Anda punya sedikit bayangan tentang bagaimana menyatukan dua desain dapur yang berbeda tersebut.

Desain Dapur Tradisional dan Modern, dapur modern minimalis,dapur minimalis terbuka

desain dapur tradisional dan modern yang dipadukan jadi satu – diminimalis.com

Mengapa Menyatukan Dua atau Lebih Desain Dapur Berbeda Justru Bagus?

Banyak orang saat ini mengidolakan desain interior rumah yang tidak hanya mewah dan modern saja. Lantaran desain mewah modern tampilannya biasa dan kurang menonjolkan ciri khas tertentu yang bisa dinikmati.

Saat ini, justru, hunian bernuansa tradisional malah banyak dicari. Aalagi masyarakat yang cukup lama tinggal di perkotaan, memiliki rumah bernuansa pedesaan yang sejuk dan asri biasanya merupakan impian.

Nah, jika Anda adalah salah satu dari mereka, maka kini saatnya Anda mencari jalan keluar. Jika sulit menemukan satu unit rumah yang memenuhi kriteria tradisinal modern, Anda bisa coba terapkan ide desain pada satu sisi bagian saja. Misalnya pada dapur, yang bisa dikonsep menjadi gaya modern tradisional dengan memoles bagian-bagian tertentu.

Kenapa lebih baik diatur menjadi satu antara desain dapur modern dan tradisional? Tentu saja karena meski Anda mengkonsep keseluruhannya bertema tradisional, Anda tetap tak bisa lepas dari penambahan berbagai perabot modern.

Jika memilih salah satu saja dari kedua desain tersebut, maka hasilnya tidak akan ada perbuahan. Bahkan cenderung mustahil, Anda mesti mengkombinasikan elemen dari keudanya agar tidak ada ketimpangan di berbagai sisi.

Untuk mewujudkan desain dapur tradisional dan modern yang bagus maka perlu mengusung gaya interior klasik semi modern yang seimbang. Tata letak dan proporsionalitas furniture juga harus dipikirkan sedari awal agar tercipta perpaduan yang menjadikan dapur Anda tampak unik.

Desain Dapur Tradisional dan Modern, dapur modern minimalis,dapur minimalis terbuka

Dapur yang indah dari perpaduan desain klasik dan modern – diminimalis.com

Tujuan Tersembunyi Menyatukan Dua Desain Dapur Berbeda

Konsep desain dapur tradisional dan modern sebaiknya dirancang tidak hanya sebagai tempat atau ruang memasak saja. Namun, standar estetika juga sebaiknya dinomor satukan. Anda bisa merancang dapur unik yang mampu memadukan unsur-unsur tradisional dengan elemen-elemen lainnya bergaya modern.

Atur penambahan furniture mulai dari kitchen set, model lampu, kursi, meja, hingga aksesoris-aksesorisnya. Meski dengan ukuran ruang yang minimalis, gaya desain dapur tradisional modern tetap akan mampu memberikan nuansa rumah yang berbeda.

Baca: Bentuk Dapur Luar Rumah yang Sesuai dengan Rumah Anda

Ide yang Diperlukan untuk Menyatukan Desain Dapur Tradisional dan Modern

Untuk mendapatkan hasil desain maksimal, Anda perlu mengatur setiap detail perencanaan dengan matang. Mislanya bagian mana yang akan dipoles dengan karakter tradisional dan mana yang modern. Ini penting sebab tentu tidak bisa salah satunya mendominasi karena hasilnya sudah bisa ditebak.

Sekarang mari kita coba gali pembagian sederhananya. Untuk bagian yang perlu diterapkan karakter tradisional akan lebih cocok pada bagian sisi sisinya dalam hal ini dinding.

Anda bisa gunakan bata ekspos untuk menunjukkan sisi sederhana yang tradisionil. Mengadopsi dinding dari bata ekspos jelas merupakan cara paling mudah untuk mendapatkan kesan tradisional yang natural. Selain itu, bisa juga nanti di bagian perlengkapan furniture bisa tambahkan meja kursi dari material rotan atau sejenisnya. Dengan begitu, nuansa dapur hasil rancangan Anda akan jauh lebih sempurna.

Selanjutnya Anda bisa menambahkan elemen modern dengan menambahkan perkakas dari bahan tembaga. Di masa lalu, perkakas tembaga menjadi barang mewah dan kebanggaan.  Sehingga, bila desain dapur Anda dilengkapi dengan peralatan dari bahan tersbeut, kesan modern akan semakin sempurna melengkapi bata ekspos pada dinding.

Kesan tradisional yang mampu bersanding dengan peralatan modern akan membuat tampilan dapiur Anda menjadi jauh lebih unik dan elegan.

Kesimpulannya, untuk mendapatkan hasil rancangan dapur minimalis hasil kombinasi konsep tradisional dan modern hanya perlu sedikit sentuhan saja. Pada bagian luarnya yakni dinding dan furniture atau aksesoris tertentu usung saja karakter tradisional.

Sementara untuk model modern bisa diadopsi dan diterapkan pada berbagai peralatan dapur yang serba canggih. Ini jelas tidak bisa diabaikan mengingat saat ini semuanya sudah serba digital dan canggih.

Jika Anda bisa mengkombinasikan keduanya, maka kami yakin hasilnya tidak akan main-main. Terus coba eksplorasi segala hal berkaitan dengan tips desain dapur modern dan tradisional dan bagaimana cara terbaik mengkombinasikannya.

Semoga setelah Anda pelajari cara mengatur desain dapur tradisional dan modern ini, Anda akan jadi lebih banyak referensi dan terbantu mewujudkannya. Sehingga, akhirnya konsep desain yang menyatukan dua konsep dapur yang berbeda bisa terwujud tanpa banyak biaya tambahan. Sampai jumpa di artikel kami selanjutnya. (ls) editted by RN21062020

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.