Desain Dapur Terbuka Sebaiknya Ada pada Rancangan rumah Minimalis

Dapur yang bagus adalah yang selalu mampu memberikan kenyamanan saat memasak dan aktivitas apapun yang biasa dilakukan di dalamnya. Salah satu model dapur yang sering didengungkan adalah model terbuka. Desain dapur terbuka akan memberikan sesuatu yang berbeda dari sisi tampilan dan juga fungsi.

Nah, lalu bagaimana strategi desain yang akan Anda usung untuk membuat dapur jadi lebih bagus secara tampilan? Anda bisa mengusung beberapa konsep desain dapur terbuka yang banyak diadopsi orang. Tentu saja tidak harus semua elemen interior diubah, cukup dengan menambahkan sesuatu yang memang penting untuk dimasukkan.

Pertimbangan Perlu/Tidaknya Membuat Desain Dapur Terbuka untuk Rumah Minimalis

Seperti banyak diketahui, desain dapur terbuka merupakan salah satu kriteria model dapur yang sehat. Dengan adanya bukaan pada dapur, maka sirkulasi udara menjadi lancar, dan tentu saja hal ini dapat menghambat perkembangan bakteri di dalam dapur.

Selain itu, rancangan dapur yang terbuka mampu mengurangi kelembaban, yang bisa membuat jamur tumbuh subur di dalam dapur rumah minimalis Anda. Jadi secara teori, ruang dapur terbuka sangat cocok untuk Anda usung jika rumah Anda minimalis.

Desain Dapur Terbuka, Desain Dapur Terbuka sederhana, Desain Dapur Terbuka di belakang rumah
desain dapur terbuka menghadap taman belakang rumah yang asri – diminimalis.com

Desain dapur terbuka dan berbagai kelebihannya

Dalam rancangan interior, dapur merupakan ruangan yang paling memungkinkan untuk digabungkan dengan ruang lain. Anda bisa menggabungkan dapur dengan ruang makan, mini bar dan juga ruangan terbuka di belakang rumah. Dapur yang menghadap ruang terbuka, bisa dimaksimalkan pemanfaatannya bila Anda akan mengadakan peta barbeque bersama keluarga.

Desain dapur terbuka kadang diterapkan pada ruangan yang luas, dan hal tersebut bagus untuk mengintegrasikan dua fungsi yang berbeda dalam satu ruang. Namun desain tersebut bukan berarti bahwa Anda tidak dapat membuat desain dapur terbuka di ruangan yang kecil. Justru konsep ini diprioritaskan untuk diaplikasikan pada rancangan rumah minimalis untuk memaksimalkan sirkulasi udara dari dalam dan luar ruangan.

Desain Dapur Terbuka, Desain Dapur Terbuka sederhana, Desain Dapur Terbuka di belakang rumah
dapur terbuka dengan penataan lampu yang nampak indah di malam hari – diminimalis.com

Pada desain rumah minimalis, konsep ini bisa diterapkan dengan menghilangkan sekat antara dapur dengan taman belakang rumah. Rancangan ini memamg beda dengan kebanyakan dapur modern yang cenderung, luas, efisien, dan fungsional. Dapur terbuka pada rumah minimalis, bisa dibangun pada lahan yang sempit, dan sisanya adalah bukaan yang langsung menyatu dengan taman belakang rumah.

Dapur terbuka pada dasarnya diciptakan untuk memberikan kenyamanan yang lebih bagi penghuninya. Oleh karena itu dapur terbuka sering tampil dengan rangkaian furniture yang tepat dan warna yang lebih hangat. Jika ruangan dapur terbuka Anda kecil, Sebaiknya Anda tidak memilih warna yang terlalu gelap, karena hal ini akan menambah kesan sempit pada dapur Anda. Alangkah baiknya Anda menggunakan warna interior yang lebih terang untuk menciptakan nuansa yang luas di dapur minimalis Anda.

Manfaat Keberadaan Desain Dapur Terbuka

Meski tidak semua orang berpikiran sama, namun secara umum dapur terbuka akan mampu memberikan beberapa manfaat sebagai berikut:

1 Memasak Jadi Lebih leluasa.

Percayakah Anda bahwa dengan memiliki dapur terbuka, akan membuat Anda merasa lega saat ada kebutuhan mencuci dan memasak. Pandangan tidak terhalang tembok dan lemari gerabah. Anda juga akan lebih mudah mencari kebutuhan apapun yang berkaitan dengan dapur. Ini akan membuat aktivitas memasak lebih efektif dan efisien.

2 Dapur jadi Lebih Terang pencahayaan alami

Saat siang atau pagi hari, dengan dapur terbuka, akan ada lebih banyak cahaya yang masuk ke area dapur. Tidak adanya dinding yang menghalangi ruang makan dan ruang dapur misalnya, maka semuanya akan membuat nyaman.

3 Membantu membangkitkan Mood memasak

Sering bad mood saat beraktivias di dapur? Mungkin karena suasasana nya sumpek. Saat Anda memiliki dapur terbuka perasaan malas tersebut akan hilang perlahan. Apalagi jika ada semacam taman yang mampu menambah pemandangan. Anda akan lebih betah memasak dan aktivitas lainnya di dapur pastinya.

4 Model Dapur bisa didesain Unik.

Manfaat lainnya dari memiliki dapur terbuka adalah Anda akan lebih leluasa mendesain ruang di dalamnya. Anda bisa memilih furniture memasak apa saja yang akan dimasukkan dan peletakannya dimana, tanpa terbatasi oleh tempat.

5 Bebas berekspresi dengan Dekorasi.

Desain dapur terbuka akan membuat Anda berimajinasi elemen inteiror apa yang perlu dimasukkan sebagai pelengkap. Anda akan jadi lebih kreatif dengan mengganti atau menambahkan dekorasi dapur terbuka dengan tambahan koleksi tumblr, mug, cangkir, cerek dan sebagainya. Ini akan menjadi sesuatu yang menarik tentu saja.

Dengan memiliki dapur terbuka dengan warna dinding yang cerah, maka hal ini bisa memberikan mood yang bagus saat memasak. Selain itu tentu saja dapur Anda lebih sehat karena senantiasa terjaga kesehatannya karena terhindar dari kelembaban yang dapat menimbulkan berbagai bakteri dari dapur minimalis Anda.

Demikian ulasan kami tentang desain dapur minimalis terbuka. Anda juga bisa membaca artikel kami tentang cara menata kitchen set yang tepat untuk dapur rumah minimalis. Semoga bermanfaat. (ls) editted by RN07032020


Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.