Meski belum umum diterapkan di banyak rumah minimalis modern, sebenarnya ada banyak manfaat ketika menerapkan desain dapur outdoor. Selain membuat kegiatan memasak jadi lebih menyenangkan, rumah Anda juga akan terlihat lebih indah, unik dan anti mainstream.

Apalagi jika ditambah dengan sedikit sentuhan kreatif, maka dapur indah dan ideal yang selama ini Anda inginkan dapat terwujud.

Nah, jika Anda penasaran dengan segala hal terkait desain dapur outdoor atau konsep luar rumah, maka silakan simak ulasan berikut ini.

Desain Dapur Outdoor, desain dapur terbuka dengan taman, desain dapur semi outdoor, desain dapur mungil terbuka, kanopi untuk dapur terbuka, dapur terbuka menghadap taman, desain dapur terbuka dibelakang rumah, dapur terbuka di halaman belakang, desain dapur dekat taman belakang
Salah satu contoh desain dapur outdoor yang menawan – Diminimalis.com

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Saat Hendak Mewujudkan Desain Dapur Outdoor

Salah satu ide terbaik untuk mewujudkan konsep model dapur klasik bertema outdoor ini adalah dengan membuatnya unik dan sepresentatif mungkin untuk memasak meski berada di luar rumah.

Karena tidak segampang yang dibayangkan tentunya Anda perlu merencanakan konsepnya di atas kertas. Anda harus memperhatikan beberapa hal penting terkait desain tata ruang sebelum memilih mewujudkannya dalam bentuk nyata desain dapur outdoor minimali.

Nah, jika Anda belum punya ide, berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan agar konsep desain dapur outdoor impian Anda bisa terwujud dengan baik:

• Gunakan Kanopi Sebagai Atap

Desain Dapur Terbuka, Desain Dapur Terbuka sederhana, Desain Dapur Terbuka di belakang rumah
Gunakan kanopi untuk melindungi dari atas dapur outdoor Anda – diminimalis.com

Jika Anda ingin membuat dapur dengan suasana outdoor yang menyenangkan, maka Anda dapat menggunakan kanopi sebagai atapnya.

Alat tersebut dapat membuat dapur idaman Anda terhindar dari sengatan sinar matahari. Kanopi sendiri biaya pasangnya cukup murah. Jadi hanya dengan menyediakan dana yang minim, Anda sudah bisa mendapatkan kanopi tersebut untuk dapur outdoor Anda.

• Sisakan Sebagian Area untuk Membuat Taman

Jika Anda ingin membuat sebuah dapur bertema outdoor yang keren dan nyaman untuk dipakai memasak, maka Anda bisa menambahkan taman di seklilingnya. Untuk membuatnya, Anda dapat menyisakan sebagian area yang ada untuk membuat sebuah taman.

Anda bisa merancang taman bunga atau tanaman hias sehingga akan membuat dapur Anda terlihat lebih indah dan menarik.

Selain memperindah desain dapur outdoor Anda, taman yang ada juga mampu menjaga sirkulasi udara di sekitar dapur. Anda dapat mengkombinasikan taman yang ada dengan kanopi sehingga didapat tampilan dapur sejuk yang memukau.

• Tambahkan Dinding Pembatas

dapur luar rumah
Desain dapur outdoor dengan desain natural – diminimalis.com

Dapur outdoor yang Anda buat biasanya menyediakan sebuah akses untuk dapat masuk kedalam rumah minimalis Anda. Tentunya hal ini akan meningkatkan resiko kejahatan di rumah Anda.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, maka Anda dapat menambahkan tembok mengelilingi dapur outdoor Anda.

Sebagai tambahan jaminan keamanan, tambahkan berbagai elemen yang bisa membuat dinding tersebut menjadi lebih aman.

• Gunakan Plastik Fiber untuk Melindungi Area Dapur

Memiliki dapur dengan tema outdoor akan membuat serangga dan hewan lebih mudah hinggap pada area memasak Anda. Untuk mencegah hal tersebut, maka Anda dapat menggunakan plastik fiber yang bisa dimanfaatkan untuk menghalau hewan-hewan tersebut.

Plastik fiber ini sifatnya portabel sehingga jika Anda sedang ingin memasak, Anda bisa menggulung plastik tersebut sehingga Anda dapat memasak sembari menikmati pemandangan yang ada.

Setelah itu, jika dapur tersebut sudah tidak digunakan, maka tutuplah kembali dapur dengan plastik fiber tadi.

Tips Agar Desain Dapur Outdoor Terlihat Luas

Selain membuat dapur yang indah, tentunya Anda ingin memiliki area memasak yang memudahkan Anda dalam melakukan sebuah mobilitas. Hal ini dapat terwujud jika Anda memiliki sebuah dapur outdoor yang luas. Namun lahan yang terbatas seringkali membuat dapur menjadi lebih terlihat sempit. Hal ini tidak akan terjadi jika Anda mengetahui beberapa tips yang dapat digunakan untuk membuat dapur lebih luas.
Meski sudah mengusung tema outdoor pada dapur, penataan yang ada akan dapat membuat dapur lebih sempit dan membuat Anda kesulitan untuk melaksanakan berbagai aktivitas di sana. Untuk itu, Anda juga perlu mengupayakan agar dapur yang Anda miliki terlihat luas dan nyaman digunakan. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda gunakan untuk membuat dapur terlihat luas:

1. Gunakan Warna Putih pada Dapur

Untuk membuat dapur Anda terlihat lebih luas, maka Anda dapat mendekorasi dapur sempit dengan mengadopsi warna putih atau warna-warna cerah lainnya.

Hal tersebut terjadi karena pada dasarnya warna putih akan memberikan kesan seakan dapur Anda nampak luas.

Agar Anda tidak mudah bosan, kombinasikan warna putih yang ada dengan berbagai warna cerah lainnya. Usahakan agar gradasi warna yang ada dapat sesuai dan cocok sehingga dapur luas yang menyenangkan bisa Anda dapatkan.

2. Gunakan Rak Terbuka

Sadarkah Anda jika berbagai peralatan dapur yang tersimpan menjadi satu di dalam rak tertutup dapat menimbulkan kesan ruangan yang sempit. Hal ini terjadi karena menumpuknya barang yang ada akan membuat Anda kurang nyaman, sehingga kesan buruk tersebut dapat muncul.

Cobalah untuk menyimpan berbagai peralatan masak pada rak model terbuka. Selain dapat memberikan kesan dapur outdoor yang luas, Anda juga dapat menjangkau peralatan yang ada dengan mudah.

3. Gunakan Pengait atau Rel

Jika Anda menumpuk alat memasak dalam satu tempat, maka ruangan akan terlihat lebih sempit. Hal tersebut dapat Anda atasi dengan mengaitkan alat-alat masak pada tembok dapur.

Tentunya hal ini akan sangat memudahkan Anda dalam menjangkau peralatan dapur yang Anda butuhkan. Dengan demikian, dapur Anda juga akan terkesan lebih luas untuk dipandang.

4. Simpan Barang-barang Tak Terpakai Dengan Rapi

Manfaatkan rak tertutup yang Anda miliki untuk menyimpan peralatan dapur yang tidak terpakai. Pastikan Anda menata peralatan tersebut secara rapi agar tidak menumpuk di dalam yang membuat ruangan terkesan sempit.

Atau, Anda bisa menjauhkan peralatan yang tidak terpakai dari jangkauan dapur Anda. Dengan demikian, Anda dapat membuat dapur yang terkesan luas dan juga nyaman untuk digunakan.

Itulah tadi beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk dapat mewujudkan desain dapur outdoor idaman. Tentunya hal ini akan membuat Anda semakin merasa bersemangat dalam memasak segala hidangan dari bahan-bahan yang ada di dapur.

Jangan lupa untuk memperhatikan kebersihan dapur outdoor Anda nantinya agar kesan bagus dan luas tetap terjaga.(an) editted by AL30092021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *