Memiliki dapur yang nyaman adalah dambaan semua orang terutama para ibu rumah tangga yang aktivitas hariannya memasak. Nah, desain dapur klasik bisa jadi salah satu pilihan terbaik sebuah dapur yang nyaman namun tetap bisa tampil menawan.

Desain dapur klasik ini bisa menjadi salah satu solusi terbaik untuk Anda yang menginginkan suasana sederhana tapi nyaman saat memasak. Dengan sedikit polesan saja maka gaya desain dapur klasik impian Anda akan bisa terwujud.

Kabar baiknya, di artikel kali ini kami akan coba mengajak Anda untuk mendisuksikan bagaimana cara terbaik merancang dapur klasik versi Anda agar sesuai harapan.

Ciri Khas dan Kelebihan Desain Dapur Klasik

Desain klasik minimalis merupakan salah satu gaya yang cocok untuk diusung pada dapur yang ingin dibuat bertema kolosal dan nuansa masa lampau.

Dapur klasik juga banyak digemari karena lebih tertata rapi dan dapat disesuaikan dengan berbagai ukuran rumah. Banyak ibu rumah tangga memilih desain dapur klasik dengan alasan kenyamanan dan kesan megah dalam penataannya.

Selain itu, elemen yang perlu ditambahkan pada konsep ini juga terbilang minim budget sehingga membuat banyak orang kepincut untuk memilikinya.

desain dapur klasik, desain dapur klasik minimalis, gambar kitchen set
dapur klasik dengan lampu gantung yang antik – diminimalis.com

Tips Mengusung Desain Dapur Klasik pada Rumah Minimalis Anda

Umumnya model dapur klasik memang berdiri sendiri untuk menguatkan kesan megahnya. Namun, dalam pola penataan interior rumah minimalis, hal ini tidak terlalu krusial alias bisa diubah.

Kesan klasik tetap bisa Anda dapatkan meskipun dapur tersebut harus menyatu dengan ruang makan atau ruang keluarga.

Berikut ini beberapa hal yang bisa Anda tambahkan untuk mencirikan dapur klasik dengan cara sederhana.

Elemen Batu Alam

Untuk menguatkan kesan klasik pada dapur Anda, tambahkan beberapa komponen bahan material berupa elemen batu alam. Anda bisa menerapkannya pada sebagian sisi dapur seperti sebagai pelapis dinding atau konstruksi kitchen set dan wastafel.

Selain batu alam, Anda juga bisa melengkapi dengan penambahan keramik lantai dengan motif aksen pastel bercorak. Motif ini akan membantu menegaskan bahwa dapur Anda memang konsep utamanya adalah bergaya desain klasik.

desain dapur klasik, desain dapur klasik minimalis, gambar kitchen set
dapur klasik yang menyatu dengan ruang makan dengan gaya formal – diminimalis.com

Padukan dengan Ruang Makan Gaya Formal

Pada desain rumah minimalis, Anda bisa menyatukannya dengan ruang makan bergaya formal. Anda bisa memilih meja mekan dan kursi dari material kayu berukir pada kaki-kakinya.

Furniture ini akan mampu membangkitkan suasana makan di dapur rumah klasik ala zaman dulu. Jika Anda berhasil mengatur penataan dapur dengan baik maka hasilnya juga akan memuaskan. Desain dapur klasik impian Anda akan terwujud dengan sempurna.

Lukisan bertema alam/natural

Untuk lebih menguatkan nuansa klasik, Anda bisa menambahkan lukisan dengan tema alam pada dinding dapur atau ruang makan Anda.

Pilih lukisan yang memang punya karakter kuat guna menegaskan dapur klasik mampu membawa ketenangan saat bersantap ria bersama keluarga. Bila kurang suka dengan lukisan, Anda bisa mengusung konsep desain dapur terbuka yang mana ada bukaan yang langsung menuju ke luar rumah.

Perpaduan Warna Sangat Penting

Aspek warna menjadi perhatian penting saat Anda merancang dapur bernuansa klasik yang mana warna-warna gelap, alami, dan mewah sebaiknya tampil mendominasi.

Sebagai contoh, paduan antara warna abu-abu dan cokelat kayu akan melahirkan suasana dapur yang tenang dan hangat.

Anda bisa menerapkan abu-abu ini sebagai warna dinding dan cokelat kayu untuk pilihan lantainya. Sedangkan untuk pilihan warna aksennya, cobalah menambahkan perabotan berwarna mencolok seperti warna kuning.

Furniture dari material logam

Sebagai penyempurna tampilan dan fungsi dapur, Anda bisa menambahkan ruangan ini dengan perabotan yang terbuat dari material logam. Sebut saja rak yang terbuat dari kuningan, alas meja dari lempengan besi, piring dan gelas berbahan tembaga, serta alat memasak dari bahan baja.

Adanya tamabahan perabotan-perabotan klasik yang tampak di seluruh sudut dapur ini akan sangat ampuh menghadirkan kesan klasik pada dapur minimalis Anda.

Mungkin sekian dulu ulasan singkat dari kami tentang tips mendesain dapur klasik pada rumah minimalis Anda. Semoga apa yang kami sampaikan bisa bermanfaat untuk Anda. (ls) editted by AL02102021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *