Ide Desain Air Terjun Dinding Rumah Minimalis yang Indah dan Memukau

Siapa sangka ternyata ada banyak cara mempercantik rumah idaman. Salah satunya adalah dengan fokus pada dinding rumah yang mana bisa ditambahkan dengan waterfall. Ya, untuk mempercantik interior atau eksterior rumah, desain air terjun dinding bisa dipakai. Baik interior maupun eksterior sama-sama bisa ditambahkan elemen ini.

Nah, lantas seperti apa sih konsep air terjun pada dinding rumah minimalis? Bagaimana cara membuatnya agar sesuai dan suportif dengan konsep rumah yang sudah ada? Kita akan membahasnya di artikel kali ini. Kita akan coba gali juga material apa saja yang bisa dipakai serta contoh modelnya.

Opsi Penempatan Desain Air Terjun Dinding Rumah

Seperti sudah disinggung di awal, bahwa desain rumah yang bagus selalu melibatkan perencanaan interior dan eksterior. Air terjun dinding sendiri bisa diaplikasikan pada dua lokasi tersebut.

Sebagian besar memang ditambahkan pada interior untuk menambahk kecantikan dinding ruangan. Namun, jika kurang tertarik di interior, tidak ada salahnya jika mengadopsinya untuk dipasang di bagain luar. Sekarang kita coba carikan alasan pertimbangan untuk Anda, akan dipasang dimana waterfall dindingnya.

Air terjun dinding interior

Ruangan-ruanagn tertentu sangat cocok ditambahkan air terjun dinding. Misalnya ruang tamu atau ruang keluarga, yang mana keduanya memiliki mobilitas yang tinggi. Pemasangan desain air terjun dinding pada interior rumah bisa bervariasi. Silahkan dieksplor sendiri dengan mencari referensinya di internet.

Air terjun dinding eksterior

Ini yang sudah sempat kami bahas sebelumnya, bahwa konsep desain air terjun dinding bisa juga diterapkan pada eksterior rumah. Ada banyak ide model yang bisa diaplikasikan. Jika lebih cenderung menyukai model ini bisa merealisasikannya segera dan pilih lokasi yang tepat.

Material Penyusun Air Terjun Dinding

Suara gemirick air terdengar dari air terjun biasa mungkin sudah biasa, namun bagaimana jika air terjun itu ada pada dinding? Pada prinsipnya, membuat air terjun pada dinding rumah cukup mudah jika tinggal menyerahkan saja pada ahlinya. Namun, ada beberapa poin yang perlu Anda pikirkan. Yaitu soal matrerial apa yang akan dipakai, coba pertimbangkan kedua material ini:

Material kaca

Jika memang diperuntukkan hanya di bagaian dalam rumah atau interior, material kaca jadi salah satu yang bagus untuk dipilih. Ya, material kaca akan terlihat artistik sebagai media aliran air deras pada waterfall dinding.

Kelebihan dan kekurangan material kaca sebagai bahan pembuat air terjun dinding sebenarnya sama saja dengan  karakter kaca itu sendiri, yang mudah pecah. Transparansinya akan membuat aliran air terlihat jelas dan menyejukkan mata saat dilihat. Tetapi, tetap berhati-hatilah jika hendak menggunakan material ini.

Material batu alam

Material ini adalah yang paling populer dipakai sebagai bahan pembuatan air terjun dinding minimalis. Motifnya yang natural ditambah dengan karakter air yang bening akan membuat tampilan air terjun makin asri dan eksotis dilihat. Material ini sedikit lebih mahal untuk dijadikan bahan air terjun, jadi bersiap rogoh kocek lebih dalam ya.

Tips Merancang Desain Air Terjun Dinding Minimalis Sendiri di Rumah

Supaya rencana Anda lancar, ada beberapa hal yang mesti Anda perhatikan sebelum merencanakan pembuatan air terjun dinding pada rumah minimalis Anda.

1. Tentukan Tema

Tema yang dimaksud disini ialah konsep desain keseluruhan. Ini  penting jadi pertimbangan karena akan berpengaruh pada tambahan aksesoris yang akan dipakai. Di tahap ini, Anda bisa mencari inspirasi di internet, bertanya kepada ahli, atau berinovasi sendiri. Namun harus diingat bahwa tema yang dipilih sebaiknya sesuai dengan konsep rumah Anda.

2. Tentukan lokasi pembuatan

Pilihlah lokasi yang tepat untuk dipasang waterfall dinding. Biasanya kalau di dalam bisa disesuaikan dengan kebiasaan sehari-hari selama beraktivitas di ruangan. Ini penting agar keberadaannya tidak mengganggu Anda dan keluarga. Usahakan dekat dengan sumber listrik karena air terjun ini tidak bisa tanpa listrik

3. Tentukan Efek Air yang diinginkan

Guna menunjang estetika waterfall dinding yang diinginkan, Anda perlu memilih efek seperti apa yang diinginkan. Ada beberapa efek air terjun dinding yang bisa dipilih, diantaranya:

Efek air mengalir: untuk efek ini, tidak perlu menyiapkan penampungan air karena nanti airnya akan langsung dialirkan ke segala arah.

Air mancur: jika Anda menginginkan efek ini, diperlukan penampungan air dan tempat untuk menciptakan efek gelombang air dari lubang kecil.

Air terjun: efek yang satu ini banyak dipakai pada eksterior, perlu disiapkan penampungan air mengingat debit air yang keluar akan cukup banyak.

desain air terjun dinding
desain air terjun dinding – diminimalis.com

Contoh desain air terjun dinding minimalis

Ada beberapa model dan desain air terjun yang dapat Anda pilih untuk memberikan kesan indah pada rumah minimalis Anda. Untuk membantu Anda dalam menentukan referensinya, berikut diminimalis sajikan beberapa diantaranya. Selamat menyimak.

waterfall-5
air terjun batu alam di halaman – diminimalis.com
waterfall-3
air terjun batu alam – diminimalis.com
waterfall-4
ragamdesain air terjun dinding – diminimalis.com
waterfall-2
ragam air terjun dinding minimalis – diminimalis.com
waterfall-7
variasi air terjun dinding – diminimalis.com
waterfall-8
ragam air terjun dinding melengkung – diminimalis.com
waterfall-13
ragam air terjun dinding batu alam – diminimalis.com
waterfall-14
ragam air terjun dinding elegan – diminimalis.com
desain air terjun dinding
ragam air terjun dinding dan lampu – diminimalis.com

Sekian dulu ya ulasan dari kami seputar desain air terjun dinding minimalis. Semoga apa yang kami sampaikan di artikel ini bisa menjadi tambahan referensi untuk Anda yang menginginkan air terjun dinding di rumah. Sampai jumpa di artikel kami selanjutnya. (Editted By RN21012021)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.