Ide Dekorasi Ruang Makan untuk Menyambut Tamu Lebaran

Mengatur ruang makan dalam rangka menyambut lebaran sebenarnya tidak terlalu urgent. Hanya saja sebagian kita ingin menampilkan dekorasi ruang makan terbaik mengingat lebaran adalah momen berkumpul dengan sanak famili. Apa jadinya jika momentum santap bersama tidak didukung dengan ruang makan yang representatif.

Untuk itulah beberapa hal penting mesti diusahakan agar ruang makan yang tadinya biasa-biasa saja bisa lebih baik. Nah, lalu ide apa saja yang bisa diusahakan untuk membuat sebuah ruangan dalam hal ini ruang makan jadi bagus? Di bawah ini akan kita bahas beberapa tipsnya.

Pentingnya Wajah Baru pada Ruang Makan untuk Menyambut Lebaran

Bulan Ramadhan jadi momentum indah sebelum memasuki hari kemenangan. Beberapa orang semangat melakukan perubahan dengan membersihkan rumah dan menatanya kembali. Bahkan ada pula yang melakukan sedikit renovasi agar rumah menjadi lebih nyaman dan terlihat indah saat tamu keluarga datang. Salah satu perubahan yang dilakukan biasanya adalah pada dekorasi ruang makan.

Tidak dipungkiri, bahwa dekorasi ruang makan tidak hanya penting dipersiapkan menyambut bulan Ramadhan namun juga ketika lebaran datang. Jamuan biasanya akan diberikan kepada tamu yang bersilaturahmi di rumah Anda. Penataan ruang makan yang nyaman akan membuat suasana lebaran semakin terasa.

dekorasi Ruang Makan, mini bar cantik, minibar rumah minimalis, contoh mini bar rumah minimalis
Dekorasi meja makan yang cocok untuk sambut tamu saat lebaran – diminimalis.com

Saat menjelang lebaran, tidak ada salahnya untuk mengganti tema atau penataan ruang makan. Tidak hanya ruang makan yang memiliki bentuk kecil, bahkan yang memiliki ruang besar juga harus ditata ulang dengan tepat agar terasa fresh dan nyaman. Namun tak jarang beberapa orang bingung dengan penataan seperti apa yang cocok untuk mengubah nuansa ruang makan mereka.

Ide Dekorasi Ruang Makan Minimalis untuk Segala Bentuk Ruangan

Dekorasi dengan bentuk yang minimalis menjadi pilihan cerdas di tahun ini. Konsep minimalis terbukti dapat digunakan untuk segala jenis ruangan. Konsep ini mengedepankan gaya yang simple, bersih, namun tetap elegan. Anda dapat mengubah sedikit perabot untuk mendapatkan konsep dekorasi minimalis, tentunya tanpa mengeluarkan biaya yang mahal.

Ide Dekorasi Ruang Makan untuk Menyambut Tamu Lebaran 1
Meja makan jati minimalis dengan konsep yang elegan – Diminimalis.com

• Tambahkan taplak meja

Salah satu cara menghias ruang makan paling sederhana adalah dengan menambahkan taplak pada meja .Taplak meja makan seringkali menjadi fokus utama yang mencirikan desain ruangan minimalis.

Apabila Anda dalam keseharian tidak pernah menggunakan taplak meja sebagai asesoris tambahan, tidak ada salahnya untuk melakukan perubahan dengan membeli taplak meja baru. Pilih taplak meja yang bermotif jika meja Anda belum memiliki hiasan, namun jika sudah ada tentu pilih taplak yang menonjolkan hiasan tersebut.

• Atur Penataan Meja yang tepat

Penataan meja juga kerap menjadi hal yang luput dari pandangan. Apabila lebaran tiba, usahakan bahwa Anda sudah menata seluruh peralatan makan di meja seperti acara makan yang formal untuk memudahkan tamu. Tidak lupa juga, Anda dapat menambahkan hiasan seperti serbet makan, bunga, dan tentunya lilin di tengah meja untuk mempercantik tampilan meja makan Anda.

Menghias ruang makan, mendekorasi ruang makan, desain ruang makan minimalis
meja makan yang dihiasi dengan bunga sehingga terlihat indah – diminimalis.com

• Tambahkan Hiasan Bunga Meja Makan

Pilih hiasan bunga yang sesuai dengan jamuan makan saat lebaran, hindari menggunakan bunga yang memiliki aroma menyengat. Konsep hijau dari daun dan warna bunga yang tidak terlalu ramai akan menyegarkan meja makan Anda. Selain itu pilih pot yang memiliki ukuran sesuai dengan meja dan bersih. Tambahan tanaman bunga bisa menjadi cara unik membuat tampilan ruang makan tampak berbeda.

• Atur Pencahayaan rumah

Jamuan makan lebaran tidak selalu dilaksanakan pada pagi hari. Waktu adalah pilihan yang fleksibel bagi setiap keluarga. Oleh karena itu, pastikan pencahayaan rumah makan Anda dalam keadaan yang baik. Gunakan cahaya lampu ruang makan yang tidak terlalu terang di malam hari. Sebaliknya, manfaatkan jendela ruang makan atau cahaya alami jika jamuan disajikan dan disantap di siang hari.

• Tentukan Gradasi ruang Makan yang tepat

Tips penting dalam membuat sebuah dekorasi minimalis selanjutnya adalah pemilihan gradasi warna pada ruang makan. Pilih taplak, perabot, bahkan karpet jika dibutuhkan dengan menggunakan warna yang senada. Warna tersebut akan membuat konsep konsep minimalis terlihat lebih kental. Jika ingin mencampurkan beberapa warna, Anda harus memastikan warna tersebut menyatu dengan baik.

Apabila Anda melakukan panduan di atas, tentu biaya yang akan Anda keluarkan tidak terlalu banyak. Anda tidak perlu melakukan renovasi dengan cat ruangan yang baru, kursi ataupun meja baru. Bahkan Anda dapat menggunakan perabot terbaik yang sudah Anda simpan saja untuk dimaksimalkan. Konsep meja makan ini tentu sesuai dengan cocok dengan anggaran rumah Anda saat lebaran.

Apabila Anda sudah memastikan perubahan apa saja yang akan Anda lakukan, jangan sampai melakukannya ketika sudah mendekati hari raya. Anda dapat menata ruang makan Anda jauh-jauh hari agar dapat melakukan kegiatan lain yang dibutuhkan saat lebaran tiba.

Baca juga: Alternatif Desain Ruang Keluarga Menyatu Dengan Ruang Makan

Cara Memberikan Jamuan yang Baik

Setelah mengetahui cara tepat mendekorasi ruang makan Anda, inilah saat memikirkan apa saja yang perlu disiapkan untuk memberikan jamuan kepada tamu saat lebaran. Tidak hanya untuk keluarga besar, terkadang Anda juga harus mengundang tamu penting seperti klien perusahaan yang artinya jamuan Anda harus dipersiapkan dengan baik.

Sebenarnya tidak banyak hal yang harus dipersiapkan. Kebersihan dan menu yang tepat tentu akan menjadi hal utama yang Anda pilih untuk memberikan jamuan dengan baik. Namun jika diperlukan, Anda dapat melihat beberapa tips menjamu tamu saat Lebaran yang ada di bawah ini.

Sajikan cemilan yang dapat dinikmati dengan mudah saat menjamu tamu. Pilih makanan dengan ukuran yang pas dan mudah saat diambil. Apabila bentuknya kue, maka Anda harus memotong dan mempersiapkan terlebih dahulu di meja makan.

Persiapkan perabotan makan yang kecil juga. Beberapa tamu mungkin ingin mencicipi hidangan Anda. Maka dari itu selalu sediakan perabotan yang dapat digunakan untuk mengambil makanan ringan tersebut.

Pilih gelas minum tamu untuk makanan ringan yang berukuran kecil. Hal ini sangat penting karena mungkin saja tamu tersebut telah datang terlebih dahulu pada jamuan lain. Gelas yang kecil akan membuat tamu lebih nyaman dan tidak membuat tamu merasa kembung atau terlalu kenyang saat bersantap dengan Anda.

Sediakan makanan berat dengan menu yang tepat seperti jangan terlalu pedas atau asin. Tidak semua orang menyukai semua makanan, pilihlah rasa yang sekiranya dapat dinikmati oleh semua orang.

• Hal yang paling penting jaga kebersihan rumah dan makanan Anda. Keluarkan makanan secara bertahap agar tidak terlalu berantakan. Sediakan tisu dan serbet makan untuk jamuan besar.

Bagaimana? Tidak sulit kan untuk melakukan jamuan tamu saat lebaran. Beberapa tips di atas akan sangat membantu agar Anda tidak repot dan dapat tenang saat lebaran tiba. Tentunya, jamuan akan semakin berkesan dengan dekorasi ruang makan minimalis yang telah Anda persiapkan sebelumnya. Jamuan Anda juga akan lebih istimewa bila Anda juga menyajikan opor ayam istimewa khas lebaran. (us) editted by RN07092020


Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.