Berbagai Ide Dekorasi Kamar Anak Remaja Sesuai Karakternya

Anak remaja sudah selayaknya diberi kamar tidur khusus alias tidak bersama lagi dengan orang tua. Tujuannya tidak lain untuk menanamkan sifat kemandirian sejak dini. Lalu, seperti apakah dekorasi kamar anak remaja yang bagus itu? Apakah cukup dengan memenuhinya dengan kebutuhan dasar sang anak saja, atau ada hal yang perlu disesuaikan?

Pada prinsipnya, membuat ruangan yang dikhususkan untuk orang tertentu memang perlu menyesuaikan beberapa hal. Jika dalam hal ini untuk remaja, baik laki-laki maupun perempuan. Maka, ide dekorasi kamar anak remaja mesti harus menyesuaikan karakter usia remajanya.

Untuk anak laki-laki misalnya, jika ia suka dengan otomotif maka ide dekorasi yang tepat adalah mengusung konsep warna yang cenderung abu-abu atau biru. Jika superhero adalah kegemarannya, dekorasinya bisa ditambah karakter hero yang ia suka.

Sementara untuk anak remaja perempuan, karena biasanya mengusung nilai feminisme maka bisa usung konsep warna merah muda atau sejenisnya. Tidak usah dibuat pusing, tinggal amati kesukaan anak lalu sesuaikan desainnya dengan itu.

Tips Sederhana Mengaplikasikan Ide Dekorasi Kamar Anak Remaja

Anak yang sudah beranjak remaja perlu diberikan sebuah kamar tersendiri sebagai bagian dari mengajarkan kemandirian padanya. Dalam kaitannya dengan desain interior kamar tersebut, para orang tua sudah sewajarnya memperhatikan kesesuaian interior kamar anak yang telah memasuki usia remaja dengan menghilangkan berbagai hal yang identik dengan anak kecil.

Perlunya mengganti dan menyesuaikan dekorasi kamar anak remaja dengan usianya ini akan berpengaruh pada banyak hal. Salah satunya untuk membantu pembentukan karakter yang lebih kuat, hingga secara tidak langsung memancing anak meraih cita-citanya.

Sebuah kamar yang tadinya penuh dengan nuansa kartun, dekorasi lucu dan perabotan yang serba imut, sudah seharusnya diganti dengan yang baru. Namun jangan juga sembarangan dalam hal dekorasi kamar anak remaja. Karena bisa jadi anak Anda tidak suka.

Penggantian dekorasi kamar perlu menunggu persetujuan anak dan juga perlu pemilihan konsep yang tepat, agar anak bisa mendapatkan kamar tidur nyaman di jenjang usia barunya. Jangan sampai dekorasi baru yang Anda buat justru tidak sesuai dengan karakter, apalagi tidak mendukung cita-cita yang dimilikinya.

 dekorasi kamar anak remaja, dekorasi kamar remaja perempuan sederhana, desain kamar tidur remaja perempuan, kamar tidur anak muda gaul, kamar tidur anak muda jaman sekarang, desain kamar tidur remaja laki laki, kamar tidur anak muda sederhana, dekorasi kamar sederhana dan murah, desain kamar tidur perempuan dewasa sederhana
Salah satu dekorasi anak remaja yang cocok remaja kekinian – Diminimalis

Membuat sebuah perubahan dekorasi kamar anak remaja sebenarnya tidaklah sulit. Terdapat beberapa tips penting yang akan menjadi panduan Anda untuk bisa membuatkan nuansa kamar baru yang sesuai dengan jenjang usianya.

Tips Membuat Dekorasi Kamar Anak Remaja Yang Tepat

Bagi Anda yang sedang mencari tahu seperti apa desain dekorasi kamar anak remaja yang sesuai dengan karakter dan cita-citanya, berikut akan diberikan ulasan lengkapnya.

• Membaca karakter anak

 dekorasi kamar anak remaja, dekorasi kamar remaja perempuan sederhana, desain kamar tidur remaja perempuan, kamar tidur anak muda gaul, kamar tidur anak muda jaman sekarang, desain kamar tidur remaja laki laki, kamar tidur anak muda sederhana, dekorasi kamar sederhana dan murah, desain kamar tidur perempuan dewasa sederhana
Mendiskusikan desain kamar dengan anak, akan menghasilkan dekorasi terbaik – Diminimalis.com

Peran orang tua begitu besar dalam pembentukan karakter anak. Namun perlu juga disadari bahwa seorang anak pun bisa terbentuk karakternya dari lingkungan lain seperti lingkungan sekolah dan lingkungan pergaulan. Maka dari itu, sebelum menentukan suatu konsep desain kamar dan melakukan perubahan, kenali lebih dalam seperti apa karakter anak Anda.

• Ajak anak untuk berdiskusi

Perlu juga mengajak anak untuk berdiskusi mengenai desain dan dekorasi kamar yang diinginkan. Hal ini untuk menghindari kesalahpahaman antara keinginan anak dan apa yang Anda kira cocok untuk anak. Selain itu, melibatkan anak dalam penataan ulang dekorasi dan desain kamarnya, akan membuat anak yang sudah remaja menjadi lebih dewasa dan bertanggung jawab atas keputusannya.

• Mendukung cita-cita anak

Seorang anak yang sudah masuk jenjang usia remaja biasanya sudah terlihat apa saja yang menjadi cita-citanya. Walaupun masih belum begitu terlihat jelas, paling tidak sudah diketahui apa yang menjadi minat anak Anda sehingga perlu didukung dengan dekorasi dan desain yang tepat.

Contoh Ide Dekorasi Kamar Anak Remaja

Membuat perubahan dekorasi kamar yang memang sesuai dengan karakter dan mendukung cita-cita anak memang bukan pekerjaan yang mudah. Ketika sedang menentukan ide, perlu sekali mencari banyak inspirasi desain kamar anak remaja masa kini. Jika Anda masih bingung, simaklah beberapa contoh ide dekorasi kamar anak usia remaja berikut ini:

  • Konsep minimalis
 dekorasi kamar anak remaja, dekorasi kamar remaja perempuan sederhana, desain kamar tidur remaja perempuan, kamar tidur anak muda gaul, kamar tidur anak muda jaman sekarang, desain kamar tidur remaja laki laki, kamar tidur anak muda sederhana, dekorasi kamar sederhana dan murah, desain kamar tidur perempuan dewasa sederhana
Salah satu kamar remaja dengan konsep minimalis – Diminimalis.com

Konsep kamar minimalis untuk anak remaja memiliki banyak kelebihan. Konsep ini cocok untuk mengedapankan pemanfaatan ruang yang ada, sehingga lebih membuat kamar terasa lega. Dengan kamar yang terasa luas, maka anak pada usia remaja akan lebih memiliki ruang yang cukup untuk beraktivitas dalam kamar, dan juga bisa menjadi tempat yang seru ketika teman-temannya datang ke rumah.

Selain itu, keunggulan lainnya yang akan dirasakan jika memilih konsep kamar minimalis untuk anak remaja adalah mengantisipasi selera remaja yang mudah berubah. Dengan desain kamar yang tidak terlalu spesifik pada pemilihan perabot kamar, maka cenderung tidak akan membuat anak remaja menjadi cepat bosan.

  • Desain kamar dengan tema warna vibrant blue

Penentuan tema kamar yang dititikberatkan pada suatu pemilihan warna yang dominan, merupakan cara yang paling mudah untuk menyiapkan kamar anak remaja. Diantara banyaknya warna yang ada, waran vibrant blue sering direkomendasikan oleh banyak pihak. Warna biru langit yang lembut ini akan menghadirkan nuansa kamar yang tenang dan cocok untuk anak remaja.

Ketika masuk pada usia remaja, anak Anda akan mulai mengalami banyak sekali gesekan atau permasalahan dalam pergaulannya. Jika memiliki kamar yang bisa membuat mereka tenang, tentu saja akan membantu anak menjadi lebih bisa menyelesaikan masalah yang dihadapi. Secara tidak langsung, dekorasi kamar yang menenangkan juga membantu anak fokus pada upaya meraih cita-citanya, karena mendukung kestabilan mood dan konsentrasi belajar.

  • Desain kamar anak dengan tema spesifik

Jika Anda sudah sangat paham dengan karakter dan apa yang diinginkan anak di masa depannya, maka jangan ragu untuk membuat tema kamar yang spesifik. Contohnya membuat kamar dengan tema sepakbola, tema musik, tema basket, tema seni budaya dan sebagainya.

Pembuatan sebuah kamar dengan tema spesifik yang sesuai dengan karakter anak, akan berdampak baik untuk psikologi mereka dalam meraih cita-cita. Kamar merupakan ruangan di yang sering menjadi tempat terlama yang dihabiskan oleh anak remaja. Dengan tema yang pas, anak Anda akan terus memiliki fokus meraih apa yang diinginkan, dan bahkan bisa terus membuat mereka semangat menempa diri agar bisa meraih cita-cita.

Setelah mengetahui ide dekorasi kamar anak remaja, jangan lupa untuk memahami cara membersihkan kamar tidur yang baik. Ajarkan pada anak Anda agar ia terbiasa disiplin. Smeoga bermanfaat! (an) editted by RN19082020

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.