Konsep Desain Dapur Sejuk untuk Maksimalkan Mood Memasak Anda

Memiliki dapur yang sejuk dan nyaman dipakai memasak merupakan dambaan hampir setiap orang khususnya para ibu rumah tangga. Ketidaksejukan dapur, tidak selalu karena terbatasanya ruang gerak atau dipengaruhi oleh ukurannya saja. Namun, bisa juga karena tidak terciptanya konsep dapur sejuk yang mendukung kenyamanan selama aktivitas memasak.

Nah, untuk mewujudkan desain dapur sejuk sendiri seringkali gampang-gampang susah. Bukan karena perlu banyak furniture tambahan, namun justru karena harus membatasi furniture yang ada. Kemudian mengatur setiap elemen lainnya agar suportif. Dimulai dari ventilasi udara yang bagus hingga pencahayaan alami yang mendukung mood memasak.

Sebab-sebab Dapur Kurang Sejuk

Meski ukuran ruangan bukan satu-satunya penyebab ketidaksejukan, namun tidak bisa dipungkiri bahwa ukuran nyatanya ada pengaruhnya dan tidak  bisa dibantah. Desain interior dapur minimalis yang sempit turut menyumbang sebab kenapa suasananya terasa kurang atau sama sekali tidak ada aura kesejukannya.

Apalagi, jika penataannya tidak terencana dengan baik, sudah pasti membuat dapur  menjadi lebih pengap dan jauh dari kata segar. Dampak negatifnya tentu saja adalah suasana tersebut bisa saja mengurangi mood memasak harian anda. Jika mood sudah jelek, sedikit banyaknya pasti akan mempengaruhi hasil masakan yang Anda sajikan untuk keluarga. Sangat disayangkan.

Idealnya, untuk mewujudkan dapur sejuk, syaratnya hanyalah berorientasi pada sirkulasi udara. Sebuah dapur yang sejuk harus memiliki sistem sirkulasi udara yang baik. Pada rancangan rumah non minimalis, hal ini mungkin mudah saja untuk diwujudkan. Namun bagaimana jika diterapkan pada rumah minimalis? Bagaimana triknya supaya tetap bisa menghasilkan desain dapur sejuk yang sesuai rencana? Pasti ada tips khusus, mari kita bahas.

dapur sejuk, dapur sejuk rumah minimalis, kitchen set rumah minimalis
Konsep penataan dapur sejuk dapat meningkatkan mood Anda saat memasak – diminimalis.com

Rancangan Desain Dapur Sejuk pada Rumah Minimalis

Umumnya, konsep rumah minimalis hanya terdiri dari 2 kamar tidur, satu kamar mandi, ruang tamu, dapur serta ruang keluarga. Dengan ukuran dapur yang bisa dipastikan tersisa tidak begitu luas, maka seringkali berdampak pada udara di sekitar dapur yang menjadi membuat gerah. Namun begitu, Anda bisa membuat dapur Anda menjadi sejuk dengan berbagai cara.

Anda bisa terapkan beberapa tips dapur sejuk berikut ini sebagai solusi untuk mengurangi udara panas ruangan:

Pasang Backsplash Menarik 

Dapur akan lebih bersih dan terlihat menarik apabila dilengkapi dengan berbagai ornamen backsplash yang pas. Backsplash sendiri adalah tambahan dekorasi yang biasa diterapkan pada dapur agar ada corak yang berbeda. Backplash pada dapur biasanya dalam bentuk hiasan keramik di dinding atau hiasan lainnya yang bisa memperindah dapur.

Lengkapi Dengan Tumbuhan Hijau

bunga Tillandsia, cara merawat tanaman Tillandsia, harga tanaman Tillandsia
tanaman tillandsiadapat Anda gantung di dapur meski tanpa menggunakan media – diminimalis.com

Nah bagi Anda yang suka dengan tanaman hias, tidak ada salahnya untuk menempatkan beberapa tanaman hidup di sekitar interior dapur. Misalnya saja tanaman tillandsia air plant, Anggrek, atau palem mini.

Dengan menambahkan tanaman hias, tentu akan sangat membantu untuk menyegarkan udara dalam ruangan dapur minimalis Anda. Pastikan jenis tumbuhan dan ukuran tanaman yang Anda pilih sudah sesuai dengan luas dapur yang ada. Ini agar tidak menyulitkan ruang gerak Anda saat tengah memasak.

Gunakan Tempat Penyimpanan yang Simpel Minimalis

Saat mendesain dapur minimalis, ada beberapa cara untuk membuatnya menjadi sejuk, diantaranya ialah mengusung laci/tempat penyimpanan yang sederhana dan multifungsi. Hindari membuat tempat penyimpanan yang terlalu besar dan cenderung tidak terpakai.

Selain bisa untuk menghemat space ruangan yang ada di dapur, penggunaan tempat penyimpanan yang sederhana dan minimalis bisa mengurangi sesaknya ruangan. Selain itu, Anda bisa mempercantiknya dengan ide kreatif hiasan dengan lebih mudah.

Gunakan Perabotan multifungsi, singkirkan yang tidak diperlukan

Ada hal lain yang sering diabaikan dan menjadi kebiasaan buruk banyak orang, yaitu, seringnya menyimpan barang/furniture yang tidak terpakai tetap ada di dapur. Adanya barang tidak terpakai ini tentu saja dapat  menjadikan ruangan dapur menjadi semakin sempit.

Ada baiknya Anda pilih saja barang apa yang benar-benar dibutuhkan di dapur dan mana yang tidak. Adapun yang memang tidak terlalu penting sebaiknya disingkirkan. Barang yang tidak terpakai entah furniture atau hiasan sebaiknya disimpan di gudang, dan diambil kembali saat nanti Anda butuh untuk menggunakannya.

Atur Sistem Ventilasi Terbaik

Seperti ruangan lain pada umumnya, ventilasi merupakan hal terpenting untuk menjaga suhu ruangan tetap sejuk. Rumah minimalis secara umum dituntut menyediakan ventilasi pada beberapa bagian rumah, termasuk ruang dapur.

Dengan adanya ventilasi ini, minimal bau-bauan yang tercipta dari dapur bisa keluar/menguap dengan mudah. Ini tentu akan membuat Anda sebagai penggunanya lebih nyaman berlama-lama saat memasak.

Sediakan Penyejuk Ruangan (opsional)

Terakhir, jika Adna sudah mengusahakan berbagai cara untuk membuat dapur sejuk, namun belum membuahkan hasil, Anda bisa tambahkan penyejuk ruangan. Bisa AC atau sekedar kipas angin dinding. Ini akan membantu udara dalam ruangan menjadi lebih stabil dan cenderung dingin/sejuk. Kalau ada mini bar cantik, pasti akan lebih bemanfaat, menikmati masakan sembari bersantai.

Jadi, menyediakan penyejuk ruangan merupakan solusi yang paling ampuh untuk menghilangkan udara yang panas dan membuat gerah. Produk penyejuk ruangan pun kini sudah banyak dijual di toko-toko elektronik. Tinggal beli saja sesuai dengan kebutuhan agar tidak mubazir.

Nah, itu saja dulu tips merancang konsep dapur sejuk yang semoga bisa Anda terapkan. Pentingnya mengusahakan kesejukan ruangan tidak lain adalah agar mood memasak Anda terus terjaga dan keluarga kecil Anda bahagia.(ls) editted by RN17012021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.