Bentuk Dapur Luar Rumah yang Sesuai dengan Rumah Anda

Di zaman yang serba tidak dapat diprediksi seperti sekarang ini, tata desain hunian menjadi salah satu aspek yang diutamakan. Tujuannya tidak lain agar kenyamanan dan keindahan dapat sekaligus tercapai. Nah, dapur luar rumah kini jadi perbincangan yang turut mengundang perhatian.

Dapur outdoor alias berada di luar rumah merupakan salah satu inovasi hunian modern masa kini. Memiliki dekorasi dapur idaman yang nantinya menjadi tempat memasak nyaman dan menyenangkan merupakan harapan hampir semua ibu rumah tangga. Kebersamaan dalam menikmati hidangan pun bisa dilakukan di dalamnya.

dapur luar rumah
dapur luar rumah terlihat natural – diminimalis.com

Menjamurnya tren dapur luar akhir-akhir ini merupakan akibat dari banyaknya orang yang menginginkan suasana santap makan berbeda. Menikmati hidangan sambil disuguhi pemandangan indah sekitar rumah akan menambah kesan waktu makan Anda.

Keunggulan Dapur Luar Rumah

Selain suguhan pemandangan indah yang menemani waktu santap makan Anda, dapur di luar rumah masih memiliki keunggulan lain dibanding dapur di dalam rumah. Hadirnya suasana makan yang lebih santai dan tidak sumpek akan Anda dapatkan pada dapur outdoor.

Sekedar contoh, kesan sempit dan sumpek akan muncul jika Anda memiliki sebuah dapur kecil di dalam rumah. Namun, lain halnya jika dapur kecil tersebut terletak pada luar rumah. View terbuka menjadikan dapur kecil terasa lapang.

Desain rumah minimalis dengan dapur terbuka di belakang rumah akan lebih memberikan keleluasaan bagi empunya rumah untuk berkreasi tanpa takut terganggu anggota keluarga lain.

Ruang utama dalam rumah bisa Anda gunakan untuk kepentingan anggota keluarga, apalagi acara makan dan memasak dapat Anda lakukan di dapur terbuka yang biasanya terletak di belakang rumah.

dapur luar rumah
dapur luar rumah membebaskan rumah dari tikus – diminimalis.com

Dapur luar ruangan memiliki kelebihan tersendiri dalam hal pendesainannya, yaitu lebih fleksibel.

Peletakkan pot minimalis berisi tanaman hias di spot tertentu dapat Anda lakukan untuk memperindah tampilan desain dapur.

Penggunaan furnitur berbahan tertentu sebagai pelengkap dekorasi dapur akan memperkuat konsep dapur Anda. Bahan furnitur dari stainless akan mengesankan modern pada dapur, sedangkan furnitur dari kayu akan menjadikan tampilan dapur Anda lebih natural.

Dapur diluar rumah menjamin rumah minimalis Anda bebas dari aroma masakan yang bercampur dengan aroma pengharum ruangan yang menjadikan aroma rumah menjadi tidak sedap. Rumah juga terlihat lebih rapi dan juga terbebas dari serangga dan juga tikus yang biasa menjadikan dapur sebagai rumahnya. Tumpukan sampah yang biasanya ada di dapur pemicu bau busuk dan pengundang bibit penyakit akan jauh dari rumah minimalis Anda.

Ide Desain Dapur Luar Rumah Minimalis

dapur luar rumah
dapur outdoor minimalis – diminimalis

Konsep rumah secara keseluruhan dapat Anda gunakan juga untuk memberikan konsep dapur luar rumah agar terlihat serasi. Berikut beberapa ide sebagai bahan inspirasi Anda:

  • Jika Anda terkendala dengan terbatasnya lahan yang bisa dimanfaatkan, dapur dapat Anda buat di belakang rumah dengan arah hadap menghadap taman belakang. Penggunaan kitchen set minimalis beserta meja makannya bisa Anda manfaatkan guna mengesankan dapur yang luas.
  • Sebaliknya, jika ketersediaan lahan cukup luas Anda dapat memanfaatkannya dengan membuat dapur terpisah dengan rumah induk. Untuk menyambung dapur dengan rumah induk Anda bisa membuat elemen keras pada area tanah.
    image
  • Anda dapat memilih ingin membuat bangunan dapur cukup dengan atap atau dibuat permanen sekaligus, masing-masing memiliki cita rasa berbeda. Namun, Anda harus memastikan bangunan harus cukup luas dan cukup kuat menahan paparan cuaca yang tidak menentu, sehingga furnitur dan kitchen set yang Anda miliki bisa terjaga.

Rekomendasi Desain Dapur di Halaman Rumah

Tampilan yang menarik dan indah, tentunya menjadi tujuan utama bagi pemilik rumah. Salah satunya adalah desain dapur di luar rumah yang memerlukan tata letak dan dekorasi yang baik untuk menghasilkan hunian yang unik dan menarik.

Dapur di luar rumah tidak memerlukan banyak ruang. Anda bisa membuatnya di halaman belakang rumah. Apabila, Anda kebingungan untuk membuat dapur di luar ruangan. Anda dapat melihat desain dapur terbuka yang terletak di halaman belakang rumah di bawah ini.

1. Dapur dengan Gaya Modern Minimalis

Anda yang suka mengadakan BBQ dengan teman atau saudara, desain ini cocok diterapkan di rumah Anda. Tema yang dapat digunakan adalah monokrom (sederhana tapi modern).

Dapur terletak di bagian luar dengan berbagai taman yang menghiasi, di tambah dengan atap skylight geser yang dapat dibuka dan ditutup. Anda juga dapat menggunakan pintu dari bahan kaca untuk menghubungkan ruang utama dan dapur.

2. Dapur Rumah Ala Kedai

Desain dapur berbentuk kedai memang banyak diminati karena tidak memerlukan banyak tempat dan terlihat mewah. Jika Anda menginginkan desain ini, Anda dapat meletakkan bagian utama dapur di dalam rumah sedangkan meja berada di luar ruangan.

Pada bagian utama, tata letak dapur diletakkan di sudut ruangan dan menempel dinding. Di bagian samping dapur diberikan pintu keluar yang terbuat dari kaca dan terhubung dengan dapur bagian luar.

Pada bagian luar, Anda dapat meletakkan meja panjang dengan hiasan lampu dan beberapa kursi di depan dan samping meja. Pemandangan taman dan pepohonan halaman rumah menambah daya tarik tersendiri.

3. Dapur di Sepanjang Lorong Rumah

Desain dapur selanjutnya adalah dapur yang dibuat sepanjang lorong rumah. Desain ini dibuat dari sisi samping rumah sampai halaman belakang.

Dinding luar menjadi tempat untuk bersandar dapur yang dapat difungsikan meletakkan peralatan dapur. Sepanjang lorong, Anda dapat menggunakan atap skylight untuk menambah nuansa alami pada dapur.

Di sudut ruangan, Anda dapat meletakkan satu meja makan dengan kursi yang diletakkan di samping dan depan meja. Memasuki bagian halaman belakang, Anda bisa menggunakan kitchen island yang dilengkapi dengan tempat cuci piring dan alat pemanggang.

4. Dapur Rumah Ala Pedesaan

Anda yang menyukai pemandangan pedesaan. Desain dapur ini cocok untuk diterapkan di rumah. Dinding dapur dibuat dengan berbahan batu bata, sedangkan untuk furnitur dapat menggunakan bahan dari kayu.

Anda dapat meletakkan dapur utama di bagian dalam dan meja makan, tempat pemanggang di bagian luar. Di bagian luar Anda bisa memakai tungku dengan bahan bakar kayu untuk lebih menampilkan nuansa tradisional. 

Dengan mengetahui jenis dan pemilihan penempatan yang tepat selanjutnya Anda bisa menikmati keindahan rumah Anda saat malam. Ketika hari-hari besar dimana anggota keluarga berkumpul bisa masak-masak di luar rumah.

Untuk perabotan tidak terlalu berbeda dengan dapur indoor. Pada intinya, dapur di luar rumah cukup ampuh untuk membuat rumah jadi terlihat berbeda.

Dapur luar rumah menjadi sebuah alternatif ketika kita hendak berkumpul bersama keluarga. Bagi Anda yang menyukai tema outdoor, mungkin Dapur Bertema Tropis bisa menjadi pilihan. (Is) editted by AL20032020.


Comment