Beginilah Cara Menciptakan Comfort Zone di Rumah Minimalis

Ada kalanya kita ingin bersantai sambil rebahan namun bingung mau di ruangan mana. Di ruang tamu jelas kurang pas karena bisa saja tiba-tiba orang datang berkunjung ke rumah sewaktu-waktu. Mau di ruang keluarga biasanya anak-anak atau anggota keluarga lain suka bermain/berkumpul di ruang ini. Untuk itulah ide membuat comfort zone di rumah secara khusus mungkin adalah ide terbaik untuk Anda.

Lalu seperti apa kriteria area khusus yang nyaman untuk bersantai? Apakah perlu ada tambahan furniture tertentu, apa saja, dan bagaimana mengaturnya? Kita akan bahas selengkapnya di bawah ini. Kita mulai dengan pertanyaan kenapa penting harus ada comfort zone room.

Kenapa Anda perlu Membuat Ruang Comfort Zone di Rumah

Rumah Anda akan menjadi jauh lebih nyaman untuk ditinggali bila ada ruangan yang dibuat khusus untuk melakukan kegiatan tertentu. Bahkan untuk sekedar santai, menciptakan zomfort zone di rumah bisa menjadi sesuatu yang worth it lho.

Kenapa menciptakan sebuah ruangan khusus untuk bersantai itu penting? Salah satunya adalah untuk mengakomodasi kebutuhan raga dan sekaligus menjaga privasi Anda. Akan sangat kurang nyaman ketika bersantai di ruangan lain seperti ruang tamu atau ruang tengah, apalagi ruang makan. Selain waktu santai Anda terganggu dengan aktivitas anggota keluarga lain di ruangan tersebut, juga kurang pas dan tidak sesuai peruntukannya.

Untuk itulah kami sarankan untuk Anda membuat comfort zone terbaik di rumah minimalis Anda. Nah, mungkin Anda masih bertanya-tanya bagaimana cara menciptakan sebuah ruangan yang mendukung zona nyaman. Anda tidak perlu khawatir karena nyatanya hal ini bisa dilakukan dengan beberapa cara sederhana berikut ini.

Menciptakan Comfort Zone di rumah, keluar dari comfort zone, contoh comfort zone, arti my comfort zone, comfort zone quote, comfort zone dalam hubungan, apa itu comfort, contoh zona nyaman, out of the zona artinya
salah satu comfort zone di ruangan rumah minimalis – diminimalis.com

Mudahnya Menciptakan Comfort Zone di Rumah

Pada dasarnya desain rumah minimalis memang sudah memiliki berbagai keistimewaan dari pada jenis rumah lainnya. Salah satunya adalah kemudahan diatur berdasarkan style yang diinginkan.

Begitu pula untuk menciptakan comfort zone di rumah minimalis yang akan lebih mudah dan praktis karena tidak memerlukan berbagai hal rumit. Beberapa cara yang bisa Anda terapkan adalah sebagai berikut:

• Menyusun perabotan agar lebih ergonomis

furniture etnik, furniture klasik, funriture antik
Ruang tengah denganm aneka funriutre etnik yang menawan dan nyaman untuk dijadikan tempat bersantai – Diminimalis.com

Maksud dari ergonomis adalah praktis dalam mengambil dan mengembalikannya, serta disusun dengan diurutkan sesuai prioritas dan sering atau tidaknya barang tersebut digunakan. Contohnya adalah ketika Anda membuat sebuah perpustakaan kecil, maka Anda bisa menyusun rak buku sesuai dengan yang kerap Anda baca.

Tidak hanya itu, Anda pun bisa mendekatkan meja baca dengan rak buku tersebut agar Anda lebih mudah dalam mengambil buku yang Anda inginkan. Hal-hal semacam ini pada comfort zone di rumah Anda akan membantu mengefektifkan aktivitas. Dengan menata furniture kompak dan mengusung ke dalamnya maka ruangan akan semakin indah dan nyaman.

• Siapkan perangkat pemutar musik di ruangan santai

Anda bisa memasang seperangkat pemutar musik di ruang bersantai Anda. Pemutar musik yang dipasang di ruangan ini akan membuat Anda lebih mudah dalam menikmati waktu santai sambil mendengarkan musik.

Ada banyak piranti musik yang bisa dipilih. Diantaranya akan memasang speaker eksternal atau hanya mengandalkan gadget. Kalau dulu ada VCD yang bisa dipakai untuk menyetel musik video, sekarang sudah jarang jadi bisa diganti dengan Ipad dan sejenisnya.

• Perhatikan detail dinding ruangan Anda

Meskipun terlihat sepele, tetapi sebenarnya keindahan dari tampilan dinding ruangan bisa mempengaruhi kenyamanan. Jika Anda memiliki selera tertentu dalam hal desain, maka Anda bisa mencoba untuk memasang stiker pada dinding dengan motif yang sesuai selera.

Contohnya adalah bila Anda menyukai motif feminim, maka pasanglah wallpaper/wallsticker dinding ruangan tersebut dengan motif bunga. Jika ingin yang bertema maskulin, bisa usung wallsticker warna gelap yang bagus. Dengan memasang wallsticker rumah minimalis pada ruang santai, waktu istirahat Anda akan terdukung dengan baik.

• Selalu jaga kebersihan ruangan

Desain Ruang Makan dan Ruang Keluarga, Desain Ruang Makan dan Ruang Keluarga jadi satu, Desain Ruang Makan sekaligus Ruang Keluarga
Selalu jagalah kebersihan ruang favorit Anda di rumah – diminimalis.com

Hal yang satu ini tidak boleh terlewatkan, karena bersih atau tidaknya ruangan tentu akan mempengaruhi kenyamanan di dalamnya. Akan lebih baik lagi bila Anda menyusun jadwal rutin untuk pembersihan ruangan lengkap dengan pengecekan fungsi setiap perabotan yang ada.

Tujuannya ialah agar alat-alat yang ada di sekeliling Anda bisa bekerja sesuai dengan fungsinya. Termasuk bila ada yang rusak maka bisa segera terdeteksi dan direncanakan untuk diganti dalam waktu dekat.

Comfort Zone Menjadikan Rumah Minimalis Semakin Sempurna

Sudah merupakan rahasia umum bahwa rumah minimalis selalu identik dengan kesederhanaan. Kini banyak orang yang berencana membangun rumah dan menerapkan gaya desain minimalis di dalamnya untuk terlihat lebih spesial dan nyaman digunakan. Anda dapat menyempurnakan rumah minimalis yang Anda miliki dengan menambahkan satu atau dua ruangan yang cozy.

Rumah adalah tempat Anda selalu pulang di setiap harinya, sehingga Anda harus benar-benar memastikan bahwa bangunan tempat Anda beristirahat ini sudah memiliki tatanan yang ideal sesuai dengan selera Anda. Namun, hal yang kerap menjadi pertanyaan adalah bagaimana cara mempertahankan sebuah ruangan comfort zone agar bisa selalu nyaman setiap hari. Hal ini tidak perlu khawatir karena ada beberapa trik yang bisa Anda lakukan.

Tips Mempertahankan Ruangan Comfort Zone Tetap Nyaman

Tips pertama: libatkan seluruh anggota rumah yang Anda tempati.

Jika Anda tinggal bersama keluarga Anda, maka ajak mereka untuk menjaga kenyamanan rumah di setiap harinya. Demikian pula bila Anda tinggal bersama rekan-rekan Anda, maka ajak mereka untuk piket bersama agar kenyamanan dapat terjaga.

Tidak perlu melakukan pembersihan yang repot di setiap harinya, Anda bisa memberikan tugas-tugas sederhana pada anggota penghuni rumah yang lain.

Sebagai contoh, bila Anda memiliki tugas untuk mempertahankan kerapihan ruang baca, maka anggota yang lain bisa membantu untuk menjaga kerapihan ruangan keluarga maupun ruang dapur. Hal seperti ini memang terdengar sangat sederhana, tetapi sangat berguna untuk membantu mempertahakan kenyamanan rumah.

Tips kedua: lakukan pengecekan berkala untuk setiap perabot yang Anda miliki, baik perbot elektronik maupun perabot jenis lainnya.

Anda tidak perlu menunggu sebuah perabot rusak untuk mengganti atau memperbaikinya, tetapi Anda bisa memperhatikan secara berkala agar kerusakan bisa dicegah dan perbaikan pun tidak akan begitu banyak. Anda pun bisa melakukan hal ini dengan mengajak anggota penghuni rumah yang lain, agar pemantauan bisa lebih mendetail dan Anda pun tidak akan merasa bekerja sendirian.

Jika Anda sudah menerapkan berbagai cara di atas, maka akan menjadi hal yang sangat mudah untuk mewujudkan ruangan comfort zone yang nyaman di rumah minimalis Anda. Rumah minimalis akan menjadi semakin istimewa dengan berbagai sentuhan kecil dan sederhana seperti di atas.

Tidak hanya itu, Anda pun akan memiliki ruangan istirahat yang begitu nyaman dan membuat Anda betah untuk tinggal di rumah. Jadi bagaimana, mudah bukan menciptakan comfort zone di rumah minimalis? Tipsnya juga cukup mudah dan praktis untuk diterapkan. Semoga kerja keras Anda terbayar lunas dengan hasil desain comfort zone yang nyaman. (an) editted by RN29082020


Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.