Cermin Dinding Minimalis Perubah Suasana Monoton Dalam Ruangan

Cermin dinding minimalis di dalam perkembangannya menyuguhkan ragam bentuk dan model yang sangat variatif. Kalau dahulu cermin hanya memiliki bentuk kotak atau bulat monoton, namun sekarang cermin menampilkan pilihan yang sangat beragam. Anda tinggal memilih cermin sesuai dengan kebutuhan penggunaan.

cermin dinding minimalis
cermin dinding minimalis – diminimalis.com

Cermin secara umum memiliki dua fungsi, yaitu fungsional dan sebagai elemen dekoratif. Jika Anda lebih condong pada fungsi kedua, memilih cermin hias minimalis tentunya lebih Anda prioritaskan dibandingkan cermin yang memiliki model monoton. Namun, selain pemilihan fungsi ada hal lain yang perlu Anda perhatikan agar penggunaan cermin bisa sesuai, yaitu penempatannya.

Penempatan cermin dinding minimalis

Anda sebetulnya bisa memasang cermin dimanapun saja sesuai dengan keinginan. Tapi, ada satu poin yang perlu Anda catat, yaitu penempatan cermin haruslah memberikan kesan yang lebih baik pada ruangan. Jangan sampai penempatan cermin malah justru mengganggu aktifitas Anda di dalam rumah dan dapat merusak suasana ruangan.

Ruang tamu

Jika ruang tamu dan ruang makan Anda memiliki taman di dalamnya, penempatan cermin pada arah berlawanan dengan taman bisa dicoba. Penempatan cermin pada posisi ini akan memungkinkan Anda maupun orang yang berkunjung bisa menikmati taman dari berbagai sisi. Anda juga akan dapat merasakan bagaimana suasana makan di tengah-tengah taman, lebih segar tentunya.

Kamar tidur

Ruangan yang satu ini juga tidak boleh luput dari penempatan cermin di dalamnya. Anda tidak boleh menyepelekan ilusi dari cermin dinding minimalis di dalam kamar. Area kamar tidur akan semakin terlihat luas jika Anda menempatkan cermin yang berukuran besar di dalamnya. Cermin yang berada di dalam kamar juga bisa membantu Anda saat berdandan.

Lorong

cermin dinding minimalis
cermin di lorong – diminimalis.com

Jika rumah Anda memiliki lorong atau ruangan yang kecil memanjang, sangat cocok di tempatkan cermin di dalamnya. Selain penempatan cermin dapat mengesankan luas pada area tersebut, pemilihan model cermin dinding minimalis yang sesuai juga turut memperindah interiornya. Jadi, kesan monoton dan suram pada lorong akan hilang dengan penggunaan cermin tersebut.

Tips Memilih dan Memasang Cermin Dinding Minimalis

Keberadaan cermin di sebuah rumah sama pentingnya dengan furnitur lainnya. Sebab, elemen ini tidak kalah sering dipakai saat beraktivitas di rumah. Mau bepergian atau setelah mandi biasanya akan perlu berdandan di depan cermin agar terlihat kerapihannya.

Meski terlihat sepele, namun dalam memilih cermin dinding sudah seharusnya memperhatikan hal-hal penting agar justru tidak membuat ruangan berantakan. Nah, tips berikut akan membantu Anda dalam menentukan cermin didning yang pas.

1. Rencanakan desain dengan matang

Perencanaan desain secara matang di awal adalah hal penting. Sebab, hal ini akan berpengaruh pada jenis cermin yang akan dipakai serta teknik pemasangannya. Tentukan dimana cermin akan dipasang, upayakan untuk meletakkan furnitur bersebelahan dengan dinding kaca, agar ilusi yang tercipta lebih sempurna.

2. Lakukan pengukuran cermin dan area dinding dengan akurat

Mirip dengan poin pertama, ukurlah setiap area yang akan dipasangi cermin. Berapa ukuran cermin dan berapa ukuran area yang akan dipsangi trsebut. Hal ini akan mengurangi potensi kesalahan saat membeli cermin.

3. Tentukan jenis cermin yang tepat

cermin dinding minimalis
Cermin dinding minimalis via julliettesinteriors.com

Ada dua macam cermin yang biasa dipakai untuk ruang interior rumah. Apabila Anda ingin terpancar efek luas pada ruangan, pilih model cermin klasik yang datar yang mana pantulannya akan terbentuk sempurna. Lalu jika ingin suasana ruangan lebih elegan, Anda bisa gunakan bronze mirror. Cermin ini memiliki efek perunggu yang biasa dipadu dengan pencahayaan yang hangat sehingga membuat ruangan Anda tampil cantik.

Pada intinya, dalam memilih cermin yang akan dipasang pada dinding, Anda harus mempertimbangkan banyak hal seperti diatas. Mengapa penting? Karena dengan mempertimbangkan hal-hal dasar yang urgent itulah Anda akan mendapatkan tampilan ruangan dengan cermin yang indah di dalamnya bisa terwujud.

Sebagai penutup ulasan tentang penempatan cermin dinding minimalis yang dapat merubah suasana ini, ada satu tip yang bisa diminimalista lakukan. Jangan menempatkan cermin pada tempat-tempat yang mengesankan kotor, seperti pintu toilet dan tempat sampah agar ruangan juga tidak terkesan kotor dan jorok. Selamat mencoba (am). editted by RN28012020

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.