Tahukah Anda bahwa pemilihan warna cat pada sebuah rumah hunian punya andil besar dalam menjaga keharmonisan di tengah keluarga? Ya, memilih warna cat rumah yang ideal berarti sama saja membuat keluarga nyaman dan sehat dalam jangka panjang.

Kita tahu bahwa cat sendiri terbuat dari bahan kimia berbahaya yang jika tidak disikapi dengan baik dalam hal penggunaannya bisa berbahaya.

Bahan cat yang mengandung racun apabila tertelan atau tercium dalam jangka waktu lama bisa berbahaya untuk saluran pernafasan. Meski begitu, ada juga cat yang terbilang aman, meskipun tidak 100% namun setidaknya lebih baik untuk dipilih.

Untuk itulah penting sekali Anda sebagai pemilik rumah minimalis paham akan pentingnya memilih warna cat rumah yang ideal dan sehat.

Kriteria Cat Rumah yang Ideal dari Jenis dan Warnanya

Cat dinding rumah yang bagus sama dengan pengkombinasian warna yang bagus pula. Termasuk memilih jenisnya juga sesuai peruntukannya, warna interior menggunakan cat khusus interior dan eksterior dengan cat khusus untuk bagian eksterior.

Jadi apa kriteria yang tepat dari cat rumah yang ideal itu?

Sebetulnya ada cukup banyak, namun yang paling kentara yaitu tadi, memilih jenis yang sesuai peruntukannya, dan menentukan kombinasi warna dinding yang tepat.

Jika dua hal ini seimbang dan dilakukan dengan benar, bukan tidak mungkin hasil pewarnaan cat rumah akan sangat menawan.

Selain soal tampilan, pentingnya memilih warna cat rumah yang ideal adalah soal keawetan. Sekarang bayangkan misalnya, cat khusus interior dipakai atau diaplikasikan pada tembok bagian luar, apakah mungkin akan awet?

Sebaliknya, cat eksterior dipakai pada bagian dalam rumah, tentu tidak sesuai peruntukannya dan bisa-bisa hasilnya malah wagu alias aneh.

Disinilah pentingnya untuk memilih warna cat rumah yang ideal sebagai bentuk apresiasi mewujudkan rumah yang lebih layak huni, tidak hanya sekedar kokoh berdiri namun juga cantik dan enak dilihat.

Sekarang, mari kita bahas apa saja tips memilih warna cat rumah yang ideal agar semakin menambah wawasan Anda.

Warna cat ideal, Warna cat ideal untuk rumah, kombinasi Warna cat rumah
interior dengan memainkan warna hijau untuk mengesankan kesejukan – diminimalis.com

Tips Menentukan Warna Cat Rumah yang Ideal ala Diminimalis

Bagi Anda yang ingin memiliki warna cat tembok rumah yang awet dan tahan lama, Anda bisa menyimak beberapa tips di bawah ini:

• Pertama pilihlah cat yang ramah lingkungan.

Untuk mengetahui warna cat yang ramah lingkungan, Anda bisa melihat label free lead and mercury, low volatile organic compound atau green label pada kemasannya. Dengan menggunakan cat tersebut, Anda sekeluarga akan dapat terhindar dari efek buruk kandungan cat yang berbahaya bagi paru-paru ketika dihirup.

• Gunakan cat yang mengandung lapisan anti jamur untuk ruangan lembab

Untuk ruangan yang lembab atau sering berair, gunakanlah cat yang mengandung lapisan anti jamur. Anda bisa baca dalam kemasan atau bertanya kepada penjual.

Tidak perlu khawatir, cat-cat jenis ini biasanya bisa diaplikasikan pada dinding interior ataupun warna dinding eksterior.

• Pilihlah cat yang tahan terhadap noda.

Cat jenis ini tentu saja lebih mudah dibersihkan bila terkena noda. Untuk membersihkannya hanya dengan di lap ataupun dipercikan sedikit air. Dengan cara ini, Anda tidak perlu sering mengganti cat saat dinding rumah Anda terkena noda.

• Untuk pemilihan cat eksterior, pilihlah yang double UV protection atau weatherproof.

Hal ini sangat penting karena cat tidak cepat pudar karena paparan sinar matahari ataupun perubahan cuaca yang ekstrim. Untuk mendapatkan cat ini, Anda bisa meminta dipilhkan oleh penjaga toko saat Anda membelinya.

paduan warna dinding, paduan warna dinding rumah, paduan warna dinding rumah minimalis, paduan warna cat dinding rumah
dinding berwarna oranye dengan kursi berwarna merah merupakan paduan lembut yang tidak kontras dipandang mata – diminimalis.com

• Pilihlah warna yang sesuai dengan tema warna ruangan yang ingin dibangun.

Tips lainnya dalam memilih warna cat rumah adalah kesesuaian dengan tema. Anda bisa pilih kombinasi cat dinding kontras untuk menunjukkan kesan mewah dari dalam ruangan.

Jika Anda kurang paham dengan kombinasi catnya, maka Anda juga bisa berkonsultasi dengan desainer interior.

Anda juga bisa mencari referensi lain di internet, majalah dan yang lainnya yang banyak disediakan.

• Pilihlah cat dengan kandungan kadar timbal yang rendah.

Jangan sampai Anda menggunakan cat dengan kandungan kadar timbal yang terlalu tinggi, karena hal ini akan berbahaya bagi kesehatan keluarga Anda untuk jangka panjang.

Kesimpulan:

Dalam memilih cat rumah yang ideal, perlu ada beberapa tahapan penting yang harus dilalui. Beberapa diantaranya ialah harus memenuhi unsur keamanan dan kesehatan.

Selain itu, memilih cat rumah yang bagus juga harus berdasar pada berbagai pertimbangan seperti lokasi penggunaan yang harus sesusai dengan jenisnya dan yang memenuhi unsur keserasian terhadap ruangan.

Jika mampu menerapkan tips-tips di atas, maka besar kemungkinan rumah cantik Anda akan terwujud.

Oke mungkin demikian saja ulasan kami tentang beberapa tips memilih warna cat rumah yang ideal. Semoga ulasan singkat ini bisa bermanfaat untuk Anda dalam memilih cat rumah terbaik. (ls) editted by RN17092021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *