by

Kiat Memilih Kompilasi Warna Cat Rumah Minimalis dan Mengatasi Berbagai Masalah Cat Tembok

Selamat pagi, bicara soal desain rumah mungkin Anda adalah ahlinya dan tulisan ini bisa jadi hanya selingan untuk Anda. Mungkin. Jadi disini saya tidak ada niatan untuk menggurui Anda.

Tulisan ini mungkin lebih tepat disebut sebagai pemancing obrolan. Sebab, kali ini saya akan mengajak Anda untuk ngobrol soal bagaimana memilih cat rumah minimalis yang tepat. Lalu bicara juga soal permasalahan yang sering terjadi pada cat tembok, penyebab dan bagaimana solusi terbaiknya.

Sebelum itu saya menyarankan Anda untuk meng-klik tombol bintang di ujung kanan/kiri browser Anda. Silahkan bookmark dulu halaman ini. Dengan begitu Anda tidak akan kesulitan lagi untuk mencari artikel seperti ini.  

Baik. Lanjut. Saya akan memulai obrolan ini dengan beberapa butir pertanyaan. Silahkan dijawab.

Seberapa minimalis rumah Anda? Atau gampangnya, berapa ukuran rumah Anda sekarang?

Bagaimana kondisi catnya? Sudah pudar warnanya, atau masih bagus?
Mengelupas atau tidak?

Rumah Anda saat ini mungkin sudah ditinggali selama bertahun-tahun. Dan sangat mungkin Anda bosan dengan nuansanya yang itu-itu saja.

Coba cek, seringkali Anda hanya perlu gebrakan kecil.
Mungkin tampilan warna cat rumah mininimalis Anda butuh sentuhan baru. Dicat ulang atau diganti warna baru.

Preambul: Cat Rumah Minimalis, Tentang Memilih Kombinasi Warna yang Tepat

cat rumah minimalis.jpg5.jpg

Rumah menjadi salah satu aspek terpenting dalam kehidupan seseorang. Oleh karenanya, setiap aspek yang berkaitan dengan suasana rumah mau tidak mau harus turut menjadi perhatian.

Biasanya yang sudah-sudah, setelah rumah dihuni bertahun-tahun, suasana seakan stuck di satu display yang monoton. Ingin merubah sesuatu agar tidak lagi monoton namun bingung bagian mana yang perlu diubah. Padahal mungkin hanya permasalahan cat rumah Anda yang perlu dieksplorasi.

Kenapa hipotesanya demikian?

Warna cat rumah sejatinya mampu mendefinisikan suasana yang ada dalam rumah. Kesan hangat akan tercipta jika dalam meracik warna dilakukan dengan tepat.

Anda sendiri juga bisa menciptakan warna yang harmonis dengan memadukan warna cat dinding yang kontras dengan perabot.

Tidak perlu harus jadi desainer interior. Tidak perlu juga merubah tata perabot atau merenovasi ruangan. Cukup dengan seember cat lalu mainkan imajinasi dan pengetahuan dari referensi Anda maka dijamin tampilan rumah Anda akan berbeda. Look like different.

Cat rumah itu seperti magic yang tidak perlu banyak drama tapi akan mampu membuat display rumah Anda seperti baru. Tentu Anda berpikir ulang bahwa bagaimana sebuah cat dalam teori konstruksi bisa menjadi solusi monotonnya warna rumah.

Sekali lagi, Anda tidak perlu berpikir bagaimana mengotak-atik tata ruang atau menambahkan taman yang bisa memakan biaya jutaan. Faktanya hanya dengan seember cat, rumah Anda akan seperti baru lagi.

Cat Rumah Minimalis yang Cocok untuk Luaran Rumah

Setiap orang berhak memiliki selera yang berbeda-beda. Sebab, daya kreasi orang juga berbeda. Namun pada dasarnya keunikan tampilan rumah Anda bisa diwujudkan hanya dengan mengubah warna catnya..

cat rumah minimalis.jpg5.jpg

Warna cat rumah memberikan kita sebuah harapan untuk bisa terus menghidupkan rumah.

Sentuhan-sentuhan ide warna memang memiliki penagruh yang postif terhadap kebahagaian penghuninya.

Untuk eksterior rumah, yang utama harus diperhatikan dalam pemilihan warnanya adalah menyesuaikan dengan konsep dasar rumah.

Jika rumah Anda banyak menggunakan material tambahan seperti batu alam misalnya, gunakan warna yang serasi. Bisa warna abu-abu atau putih. Cat rumah minimalis abu abu terbilang paling cocok untuk konsep rumah jenis apapun.

Tentu Anda bisa memilih warna lain sesuai dengan selera Anda. Yang terpenting kesesuaian warna dengan konsep rumah yang diusung mesti diperhatikan.

Warna-warna gelap juga bisa jadi pilihan alternatif. Warna tersebut akan mampu memberi kesan misterius dan bisa jadi rumah Anda akan tergolong anti-mainstream.

Selain pemilihan warna, hal-hal lain yang juga penting untuk diperhatikan adalah pemilihan kualitas cat. Untuk eksterior rumah pilih cat yang memiliki ketahanan yang bagus terhadap cuaca dan anti jamur.

Ide Membuat Sentuhan Warna Cat Rumah Minimalis yang Eye Catching

Soal ini, barangkali Anda lebih tahu karena mungkin punya pengalaman soal perpaduan desain. Ada banyak cara menemukan kombinasi desain rumah yang elegan dan enak dipandang.

Salah satunya, mungkin dengan menerapkan konsep yang saat ini banyak diadopsi. Yaitu, konsep monochrome pada cat rumah minimalis. Warna monochrome yang kontras dengan daun pintu, jendela, dan elemen eksterior lainnya.

Membuat tembok luar berwarna putih atau abu-abu sementara bagian lain berwarna kontras seperti coklat adalah konsep dasarnya. Atau bisa juga dengan menggabungkan warna lain yang sesuai dengan favorit Anda.

Ide Perpaduan Warna Cat Rumah Minimalis untuk Interior

Apa yang tergam,barkan di benak Anda ketika saya sebut kata interior?

Ruang tamu, ruang makan, kamar tidur, kamar mandi? Yap benar, keempat yang saya sebut itu adalah salah empat dari elemen dalam rumah (interior) secara umum.

cat rumah minimalis.jpg5.jpg

Dan tahukah Anda bahwa setiap apa yang Anda kreasikan di ruang-ruang tersebut akan selalu menghasilkan kombinasi tampilan warna yang bagus.

Dalam menentukan warna cat rumah minimalis interior alangkah baiknya berpikir futuristik. Artinya sesuaikan dengan warna dominan yang akan menjadi warna perabot di ruangan tadi. Tentu konteksnya ini untuk Anda yang baru punya rumah baru ya. Untuk Anda yang mencoba berkreasi mengotak-atik tampilan ruang interior bisa mencocokan dengan perabot yang sudah ada.

Semakin matching warna temboknya maka akan semakin bagus tampilannya.

Satu hal lagi yang perlu ditekankan dalam mendesain interior rumah adalah pemilihan cat. Tidak hanya sekedar warnanya saja yang sesuai favorit namun juga perlu mempertimbangkan kualitas.

Saat ini sudah banyak cat dinding yang menawarkan lebih dari sekedar variatif warna. Anda bisa memilih sesuai dengan budget yang Anda miliki.

Semakin pintar Anda memilih warna dan kualitas yang cocok maka semakin bagus untuk ruangan Anda.

Silahkan bac dulu artikel kami sebelumnya tentang 5 Tips Memilih Kombinasi Warna Cat Rumah Minimalis.

Rekomendasi Cat Rumah Minimalis Modern Terbaru

Banyak orang kesulitan menentukan warna cat rumah minimalis bagian dalam (interior) atau bagian luar (eksterior) rumah. Bahkan sebagiannya sudah terlanjur salah. Padahal jika bisa mengatur komposisi yang tepat, bukan tidak mungkin akan ditemukan kombinasi warna yang elegan.

cat rumah minimalis.jpg5.jpg

Harus dipahami bahwa interior berhubungan dengan ruangan-ruangan dalam rumah. Sementara eksterior hanya berkaitan dengan tampilan luarnya yang umumnya terdiri dari pintu hingga teras. Keduanya harus Anda pahami sebagai bagian dari elemen yang harus didesain dengan sekompak mungkin.

Di beberapa kota-kota modern di dunia, tren cat luar rumah minimalis (eksterior) didesain dengan tampilan monochrome. Tujuannya untuk mengurangi kesan ramai dan lebih terlihat elegan dari luar.

Sementara untuk interior lebih kepada konsep colorful. Warna-warna yang sedikit mencolok sangat pas untuk interior rumah. Terlebih ketika mampu melebur dan berpadu dengan warna perabot yang ada.

Mengatasi Berbagai Masalah Cat Tembok di Rumah

Selain menentukan cat tembok yang pas untuk dinding baru, tentu Anda juga sering menjumpai berbagai permasalahan seputar cat tembok lama.

Beberapa diantaranya mungkin sering membuat Anda jengkel. Padahal Anda merasa sudah memilih cat tembok yang bagus, prosedur pengecatannya juga benar.

Nah, berikut ini saya ulas seputar berbagai permasalahan yang sering dialami pada cat rumah minimalis khususnya cat tembok lama. Akan coba saya sampaikan beserta penyebab dan solusi yang bisa Anda usahakan.

1. Pengapuran (Chalking)

Masalah pengapuran pada tembok mungkin sudah cukup familiar.

cat rumah minimalis

Secara kasat mata mungkin tembok yang mengalami pengapuran tidak mudah terdeteksi namun jika diperhatikan lebih dekat akan lain. Terutama jika mengusapkan permukaan tangan ke atasnya.

Permukaan cat yang kasar dengan benjolan-benjolan kecil ditambah warna cat memudar maka sangat mungkin tembok tersebut mengalami pengapuran.

Tembok yang mengalami chalcking biasanya disebabkan oleh beberapa hal diantaranya:

  • Menggunakan cat berpodwer tinggi untuk tembok luar (eksterior),
  • Alkali masuk ke lapisan film cat
  • Kondisi cuaca berkepanjangan yang tidak bersahabat dengan cat tembok rumah

Langkah solusi untuk mengatasi tembok yang mengalami pengapuran:

  • Bersihkan kapur dengan sikat. Lalu bilas dengan air hingga bersih, tunggu sampai kering dan pastikan kapur sudah benar-benar hilang.
  • Lapisi dinding dengan cat dasar dan cat akhir dengan tingkat ketahanan terhadap cuaca yang lebih baik dari cat lama.

Jika gejala-gejala pengapuran telah hilang dan cat lama masih bagus maka tidak perlu dilapisi dengan cat dasar lagi.

2. Retak-retak (cracking)

Tembok yang mengalami peretakan biasanya memang tidak bisa terlihat jelas secara kasat mata. Gejala ini hanya bisa dilihat dari dekat karena bentuknya yang menggaris seperti sehelai rambut.

Kiat Memilih Kompilasi Warna Cat Rumah Minimalis  dan Mengatasi Berbagai Masalah Cat Tembok 1

Tembok yang mengalami peretakan akan cukup riskan menjadi penyebab kebocoran, pengelupasan dan sebagainya. Gejala retak-retak pada tembok seringkali terjadi lantaran beberapa sebab, diantaranya:

  • Saat pengecatan; lapisan cat pertama belum benar-benar kering sudah ditimpa lapisan cat berikutnya. Atau bisa juga karena pengecatan terlalu banyak, kondisi cairan cat (substarte) saat diaplikasikan terlalu panas/dingin.
  • Kondisi udara saat pengecatan terlalu berangin sehingga permukaan cat lebih cepat kering.

Solusi untuk cat tembok yang mengaalmai retak-retak, ada dua pengkondisian.

1. Jika terindikasi hanya akan terjadi peretakan tanpa pengelupasan maka cara menanganinya sebagai berikut:

Tutup retakan dengan plamur terbaik >> (setelah kering) lapisi dengan cat dasar >>> untuk lapisan terluar dengan cat akhir.

2. Jika cat mengalami pengelupasan, keroklah semua lapisan cat dengan kape/amplas hingga bersih. Selanjutnya lakukan pengecatan ulang seperti biasa dengan benar.

3. Cat mengelupas

Ini adalah masalah umum yang sering dihadapi oleh pemilik rumah. Gejala dari tembok cat yang mengalami pengelupasan adalah naiknya permukaan lapisan terluar cat.

Kiat Memilih Kompilasi Warna Cat Rumah Minimalis  dan Mengatasi Berbagai Masalah Cat Tembok 2

Beberapa penyebabnya antara lain:

  • Pengaplikasian cat pada dinding lama yang mengalami pengapuran
  • Permukaan dinding yang dicat berminyak sehingga cat tidak menempel sempurna
  • Lapisan dasar belum kering sempurna tapi sudah dilapisi cat terakhir
  • Lapisan cat terlalu tebal untuk digunakan sekali pakai

Solusinya:

Kerok lapisan yang mengelupas kemudian bersihkan dari sisa-sisa kapur, minyak, dan kotoran-kotoran yang menempel di permukaan hingga bersih. Lalu bilas dengan air dan keringkan. Setelah itu lapisi dengan cat dasar yang bermutu tinggi dan terakhir lapisi dengan cat akhir yang tingkat adesi dan ketahanan airnya lebih baik.

Baca:
MENIMPA CAT TEMBOK LAMA ATAU MENGELUPAS CAT TEMBOK LAMA TERLEBIH DAHULU?

4. Warna Pudar

Pada sebagian cat tembok mungkin Anda pernah menyaksikan tembok rumah Anda memudar. Warnanya berubah menjadi lebih putih atau lebih muda dari warna aslinya.

Kondisi ini sendiri sering terjadi karena beberapa hal, diantaranya:

  • Penggunaan cat yang tidak tepat
  • Kualitas cat rendah sehingga mudah mengalami pengapuran
  • Penggunaan cat yang tidak tahan radiasi sinar UV (seperti warna merah, orange, dan violet yang cerah)

Solusinya:

  • Lakukan pengecatan ulang dan ganti dengan cat yang memiliki ketahanan lebih baik.
  • Jika warna pudar karena pengaruh pengapuran maka atasi masalah seperti pada mengatasi masalah pengapuran sebelumnya.

Nah, saya yakin ke-empat masalah di atas sering terjadi pada tembok di rumah Anda. Meski sangat jarang ke-empat empatnya terjadi sekaligus. Setelah Anda mengetahui ini harapannya Anda bisa menyelesaikan masalah tersebut secara mandiri.

Memilih warna cat rumah minimalis yang tepat bisa menjadi salah satu solusi mengatasi monotonnya tampilan rumah Anda. Semoga ulasan singkat ini bisa bermanfaat sebagai pengetahuan Anda kedepannya. Terimakasih.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.