Inilah Perbedaan Mendasar Antara Cat Interior dengan Eksterior untuk Dinding Rumah

Ada perbedaan dasar antara cat inteior dengan eksterior dilihat dari fungsi dan pernerapannya. Cat interior jelas penggunaannya untuk bagian dalam rumah/ruangan, sementara cat eksterior untuk sisi luar. Selain itu cat interior dengan eksterior juga punya karakteristik berbeda saat diaplikasikan. Nanti kita akan bahas dimana bedanya.

Pada dasarnya, dalam memilih cat dinding rumah, baik untuk interior ataupun eksterior mudah saja karena biasanya sudah ada label khusus. Meski begitu, mengenalinya secara mendalam tetap saja penting. Hal utama perbedaannya ialah pada karakteristik keduanya yang memiliki ciri khas tersendiri.

Memang ada juga cat yang bisa diaplikasikan pada dua tempat berbeda, interior dan eksterior. Namun begitu, dari sisi kualitas jelas jauh lebih baik yang dikhususkan. Untuk itu, sebelum membeli dan mengaplikasikannya, Anda mesti pertimbangkan soal pembeliannya.

Pada kesempatan yang baik ini, Diminimalis akan coba fokus mengulas masing-masing perbedaan dari kedua jenis cat tersebut.

cat interior dengan eksterior, cat tembok interior dan eksterior, cat tembok interior dan eksterior, perbedaan cat tembok interior dan eksterior, bisakah cat eksterior untuk interior, cat eksterior mengkilap, cat interior dipakai untuk eksterior, cara membedakan cat interior dan eksterior

Ruangan interior dan eksterior membuituhkan cat khusus dengan masing-masing kelebihannya – DIminimalis.com

Mengapa Kita Perlu Membedakan Antara Cat Interior dan Eksterior?

Secara sekilas kami yakin Anda sudah bisa membedakan perbedaan antara keduanya. Bahwa cat interior dengan eksterior memiliki perbedaan yang mendasar dari sisi penggunaannya. Cat interior yang penaplikasiannya lebih tepat untuk bagian dalam ruangan memiliki bahan yang relatif tidak sekuat cat eksterior.

Sebaliknya, cat eksterior memiliki fungsi dasar melindungi dinding bagian luar dari cuaca buruk, rembesan air, dan sebagainya. Sehingga, tidak heran jika bahan yang dipakai jelas berbeda.

Bisa disimpulkan secara sederhana bahwa cat eksterior lebih terpat dipakai di bagian luar ruangan. Tidak lain, karena cat jenis ini dibuat khusu untuk mampu tahan terhadap terpaan sinar matahari, hujan, dan perubahan cuaca yang dapat membuat dinding rusak.

Sementara cat interior, sesuai namanya, dibuat sebagai pelapis dinding interior rumah. Terbuat dari bahan yang tidak untuk mampu bertahan dari cuaca luar.

Dengan memahami perbedaan keduanya, maka saat Anda akan membelinya untuk dipakai, Anda bisa memilih poduk yang paling tepat. Hasil pengecatannya akan awet dan Anda tidak akan dibohongi juga oleh produden saat berniat membelinya di toko.

Perbedaan Antara Cat Interior dengan Eksterior

Meski antara cat interior dengan eksterior sama-sama berfungsi sebalai lapisan pelindung dinding. Namun, biasanya ada perbedaan dasar dari sisi bahan yang digunakan. Mengingat penggunaannya hanya untuk ruangan dengan desain interior colorful, cat interior kebanyakan tidak menggunakan bahan berbahaya.

Lain lagi, cat eksterior bisanya cenderung dibuat dari kombinasi bahan kimia dan warna yang khusus. Untuk membantu memperjelas perbedaan tersebut, berikut ini beberapa poin tambahan perbedaan cat interior dengan eksterior.

Pemanfaatan Cat Interior

Cat interior yang memang umumnya diaplikasikan pada bagian dalam rumah, biasanya selalu menonjolkan aspek estetika dengan dukungan warna dan tekstur yang khusus. Cat interior yang bagus dapat dilihat dari kehalusan hasil lapisan cat dan warnanya.

Biasanya, cat khusus interior lebih mudah dibersihkan, tahan terhadap rembesan air, tidak mudah keropos dan juga memiliki daya rekat yang cukup tinggi. Cat interior pada umumnya bebas dari kandungan logam berat ataupun bahan-bahan beracun.

Namun, tentu saja ini kembali lagi pada merk cat yang Anda gunakan. Intinya, cat jenis ini tidak bagus digunakan pada eksterior rumah mengingat lemahnya daya tahan terhadap cuaca.

Bahan Cat Interior

Cat khusus interior rumah tidak terkena perubahan suhu yang drastis, sehingga, resin yang digunakan untuk mengikat cat bersifat lebih kaku. Cat interior terbuat dari bahan-bahan yang membuatnya lebih mudah dibersihkan, tahan terhadap goresan, anti noda, dan hasil pewarnaan yang lebih baik.

Cat interior bebas dari kandungan logam berat seperti lead (Pb), cadmium (Cd), chromium (Cr) dan merkuri (Hg). Hal ini bertujuan supaya tidak ada efek samping saat sengaja atau tidak menghirup aroma cat ini yang masih basah.

Saat ini komposisi cat interior masih terus dikembangkan untuk memberikan kualitas pengecatan terbaik. Bahkan, sudah ada beberapa cat interior yang dapat ditambahkan dengan pengharum ruangan.

Pemanfaatan Cat Eksterior

Kontrakan Rumah Minimalis, Kontrakan Rumah Minimalis untuk mahasiswa, tips mencari Kontrakan Rumah Minimalis

Cat eskterior selain memperindah tampilan rumah, juga harus dapat melindungi dinding dari pengaruh cuaca – diminimalis.com 

 

 

Terpaan sinar matahari, dingin, hujan, dan perubahan temperatur membuat dinding bagian luar cepat mengalami kerusakan. Dampak dari kerusakan ini nantinya akan menimbulkan flek-flek pada dinding bagian dalam dan membuatnya mudah berjamur.

Disinilah peran penting sebuah cat khusus eksterior yang mampu membuat dinding jadi lebih tahan terhadap kondisi tersebut. Dari sini kita paham, bahwa cat eksterior sangat dibutuhkan untuk memperindah tampilan sekaligus meminimalisasi potensi kerusakan seperti yang sudah disebut.

Bahan Cat Eksterior

Cat eksterior dibuat menggunakan bahan-bahan yang lebih tahan lama, anti jamur, dan tidak cepat memudar. Sudah seharusnya cat eksterior bersifat fleksibel terhadap perubahan suhu dan kelembaban yang tinggi. Tidak heran resin yang digunakan untuk membuat cat ini juga lebih lembut.

Secara harga, cat eksterior umumnya lebih murah dibandingkan cat yang bisa dipakai pada interior dan eksterior.

Cat eksterior yang bisa digunakan untuk interior

Bila cat interior tidak bisa diaplikasikan pada eksterior, maka, cat eksterior ada yang bisa digunakan untuk interior. Hanya saja, harganya memang akan lebih mahal daripada cat khusus eksterior biasa.

Cat eksterior yang bisa diaplikasikan pada interior biasanya berbahan baku minyak. Mampu memberikan kesan mengkilap pada dinding, mudah dicuci, dan tidak mudah keropos.

Cat jenis ini cocok dipalikasikan pada ruang bermain anak yang rentan noda atau coretan di dinding. Bila dinding tersebut ternoda/tercoret, Anda bisa membersihkannya menggunakan lap basah.

Cat waterproof sebagai alternatif pelindung dinding

Setiap cat eksterior sudah pasti dibuat dengan bahan terbaik supaya dapat melindungi dinding dari kerusakan akibat perubahan cuaca. Namun, bila Anda ingin membuat perlindungan lebih ekstra, Anda bisa menggunakan cat waterproof. Cat seperti ini terbuat dari bahan dasar acrylic waterproofing yang bersifat anti bocor dan anti rembes.

Cat waterproof secara efektif dapat mencegah rembesan air dari dinding ke dalam rumah. Cat waterproof dapat diaplikasikan pada dinding bagian dalam ataupun luar rumah. Penggunaan cat waterproof akan membuat dinding menjadi tahan terhadap rembesan air. Sehingga, otomatis mampu mencegah air masuk ke dalam ruangan.

Cat waterproof sendiri merupakan salah satu produk cat anti bocor dan tahan lama yang dibuat khusus untuk melapisi dinding. Fungsinya yang lebih unggul dibanding cat dinding biasa, membuatnya dijadikan sebagai penyempurna.

Jika hanya menggunakan cat dinding biasa mungkin kualitasnya tidak akan tahan lama. Berbeda dengan setelah mengaplikasian cat waterproofing ini, cat akan lebih tahan dari pengelupasan warna.

Jadi, sesederhana itu memahami perbedaan dari dua jenis cat ini. Harapannya, dengan memahami perbedaan antara cat interior dengan eksterior, Anda lebih jeli saat membeli. Dengan begitu, fungsi kedua jenis cat tersebut saat diaplikasikan akan sesuai dengan keinginan. (ls) editted by RN27062020


Comment