Kiat Memilih Warna Cat Fasad Rumah Minimalis

Apa yang pertama kali kita lihat dari sebuah tampilan rumah? Seseorang akan cenderung melihat bagian luarnya, bukan? Inilah yang di dalam dunia konstruksi rumah disebut dengan fasad. Bagian luar atau cat fasad rumah minimalis turut berperan mempengaruhi estetika rumah.

Ketika Anda hendak menilai apakah sebuah rumah tersebut memiliki desain yang indah atau tidak, maka Anda dapat melihat tampilan fasadnya.

Bisa dibilang dari fasad inilah Anda bisa memperkirakan seperti apa kondisi interior sebuah rumah, apakah bagus atau tidak. Oleh karena itu, untuk menentukan kualitas sebuah rumah, diminimalis menyarankan  untuk memperhatikan masalah fasad ini terutama warna cat fasad rumah minimalis Anda.

Cat fasad rumah minimalis
memilih yang baik – diminimalis.com

Hal yang paling sederhana untuk memperindah penampakan fasad depan rumah minimalis adalah dengan memoles dinding-dindingnya. Anda bisa menggunakan warna cat fasad rumah minimalis favorit Anda.

Warna-warna pastel bisa Anda pilih untuk mengesankan rumah bersih dan terlihat segar. Namun jika Anda lebih menyukai kesan elegan warna-warna chromo bisa Anda coba.

Setiap warna cat fasad rumah minimalis yang Anda sapukan pada fasad rumah akan memunculkan kesan dan efek psikologis yang tidak sama.

Contohnya ketika Anda memilih warna biru yang memberikan efek segar dan menenangkan, atau warna coklat yang akan menjadikan rumah Anda terasa hangat dan menenangkan.

Sekarang, mungkin Anda berfikir bahwa memilih warna cat fasad rumah minimalis adalah hal mudah. Namun, sikap kehati-hatian Anda sangat dituntut dalam menentukan warna cat fasad rumah. Penentuan warna cat yang salah tidak hanya mengakibatkan kurang nyaman untuk dilihat namun juga dapat mempengaruhi kejiwaan Anda.

Baca juga: 5 Tips Mudah Mengganti Cat Tembok

Kiat Memilih Warna Cat Fasad Rumah Minimalis Yang Tepat

Oke, sekarang pertanyaannya bagaimana cara menentukan warna cat fasad rumah minimalis yang tepat agar diperoleh hasil terbaik. Anda tentunya tidak ingin mengeluarkan biaya yang mahal dikarenakan ketidaktahuan Anda pada saat membeli cat fasad. 

Untuk membantu Anda dalam memilih cat fasad, berikut kiat praktis yang bisa Anda lakukan. Selamat menyimak.

1. Jangan gunakan warna gelap

Diminimalis sarankan gunakan warna-warna netral seperti krem dan putih sebagai warna pelapis pada dinding fasad rumah minimalis Anda. Warna lain seperti ligt gray dan kuning gading juga bisa Anda pilih sebagai warna cat tembok untuk teras rumah.

Penggunaan warna-warna terang bisa digunakan sebagai media untuk memantulkan sinar matahari dan hawa panas yang dihasilkan darinya. Oleh karena itu, suhu ruangan rumah Anda pun akan berkurang sehingga Anda akan merasa nyaman ketika di dalam rumah.

Cat fasad rumah minimalis
mengkombinasikan warna – diminimalis.com

2. Serasikan dengan warna genteng

Selain Anda menggunakan warna interior rumah sebagai panduan memilih warna cat fasad rumah minimalis, penyesuaian dengan warna genteng juga perlu dilakukan.

Elemen genteng merupakan elemen yang tidak bisa dipisahkan dari fasad rumah. Kesesuaian warna antara fasad rumah dengan genteng akan menimbulkan kesan harmonis dan enak dilihat pada rumah Anda. Maka dari itu pilihlah warna yang sesuai untuk keduanya.

3. Menciptakan aksen dengan warna terang

Seperti disebutkan di awal, bahwa panas yang dihasilkan dari matahari bisa di reduksi menggunakan warna terang pada cat fasad rumah minimalis Anda. Namun, penggunaan warna terang yang mencolok sebagai warna utama tidak disarankan.

Penggunaan warna dominan yang mencolok akan menimbulkan kesan yang berlebihan dan terlihat kuno. Anda dapat menggunakan warna bold untuk memunculkan aksen yang unik dengan dipadukan oleh warna netral cat rumah minimalis Anda.

Sebagai contohnya Anda bisa menggunakan warna biru untuk bagian dinding yang mempunyai bidang menjorok, di sisi lainnya bisa Anda sapukan warna light blue atau light cyan.

Solusi lain, apabila rumah Anda terdapat pagar di bagian depan rumah, Anda dapat menggunakan warna cerah untuk menimbulkan kesan cerah yang akan menjadi daya tarik tersendiri.

Kesan yang unik dan ‘menyala’ akan Anda dapatkan dengan pengkombinasian warna cat yang tepat.

Pada dasarnya pemilihan cat untuk bagian luar atau fasad rumah juga harus disesuaikan dengan interiornya. Bagaiman desain interior secara umum dan konsep yang diusung oleh rumah itu sendiri.

Kombinasi Warna Rumah Anda

Setelah mengetahui kiat praktis dalam memilih warna cat fasad bagi rumah minimalis Anda, sekarang saatnya Anda dapat berinovasi dengan memadukan berbagai warna. Namun, yang perlu diperhatikan bahwa memadukan warna tidak sekedar cocok dan pas. Anda juga perlu memperhatikan interior rumah Anda.

Oleh karena itu, Anda dapat menyimak ulasan berikut ini untuk lebih mengetahui warna-warna apa saja yang cocok untuk desain rumah Anda.

1. Warna Abu-Abu dan Putih

Desain rumah Anda yang minimalis dapat dipadukan dengan warna terang yaitu putih dan warna yang tidak terlalu gelap yaitu abu-abu. Jika warna cat tembok rumah berwarna putih, maka Anda dapat memberikan kesan abu-abu pada warna jendela.

Selain itu, jika Anda mempunyai rumah dengan dua lantai dapat menggunakan warna abu-abu. Penggunaan warna ini akan terlihat elok dan cantik dengan perpaduan warna abu-abu di lantai dua dan warna putih di lantai satu.

2. Warna Gelap di antara Terang

Warna fasad rumah selanjutnya adalah warna gelap yaitu abu-abu yang diletakkan di tengah sedangkan warna terang yaitu putih diletakkan di bagian atas (atap) dan bawah.

Penggunaan warna putih di bagian atap dapat menyerap panas ketika siang hari dan membuat sejuk ketika malam hari. Tidak hanya itu, penggunaan warna gelap pada dinding rumah dapat menjadi solusi agar rumah tidak terlihat kotor ketika terkena noda.

3. Warna Cokelat Pastel dan Putih

Anda yang menyukai warna klasik dengan perpaduan warna alam atau tanah dapat menggunakan warna cokelat pastel dan putih. Anda dapat menggunakan warna cokelat tua pada atap dan warna cokelat pastel pada dinding.

Namun, jika Anda mempunyai rumah dengan dua lantai, Anda dapat menggunakan warna putih pada tembok dengan bingkai pintu dan jendela berwarna cokelat tua.

4. Warna Dinding Abu-Abu

Fasad rumah selanjutnya adalah perpaduan gaya industrial dengan nuansa tradisional dan sentuhan modern. Warna yang dapat Anda gunakan adalah warna dinding dan atap abu-abu dengan bingkai pintu dan jendela berwarna putih.

Menggunakan perpaduan warna ini, Anda akan merasakan berada pada kondisi di zaman dahulu dan sekarang. Sejuk dan nyaman tentunya jika Anda menambah berbagai tanaman halaman rumah.

5. Warna Pink dan Kuning

Anda yang menyukai rumah dengan gaya mediterania, sangat cocok menggunakan perpaduan antara warna pink dan warna kuning. Warna pink dapat digunakan pada bagian luar dan tiang, sedangkan warna kuning dapat Anda gunakan pada dinding yang menjorok bagian dalam.

Itulah beberapa ulasan mengenai kiat memilih warna dan kombinasi warna cat fasad rumah Anda yang akan menambah kesan sederhana namun elegan. Semoga bermanfaat. (Is) editted by AL 17022020.


Comment