by

Kiat Memilih Warna Cat Fasad Rumah Minimalis yang Tepat

Apa yang pertama kita lihat dari sebuah tampilan rumah seseorang adalah bagian luarnya. Inilah yang dalam dunia konstruksi rumah disebut dengan fasad. Bagian luar atau cat fasad rumah minimalis turut berperan mempengaruhi estetika rumah.

Ketika Anda hendak menilai apakah sebuah rumah tersebut memiliki desain yang indah atau tidak, maka lihatlah tampilan fasadnya.

Bisa dibilang dari fasad inilah Anda bisa memperkirakan seperti apa kondisi interior sebuah rumah, maka dari itu diminimalis sarankan  untuk memperhatikan betul-betul masalah fasad ini, terutama warna cat fasad rumah minimalis Anda.

Cat fasad rumah minimalis
memilih yang baik – diminimalis.com

Hal yang paling sederhana untuk memperindah penampakan fasad depan rumah minimalis adalah dengan memoles dinding-dindingnya. Anda bisa menggunakan warna cat fasad rumah minimalis faforit Anda.

Warna-warna pastel bisa Anda pilih untuk mengesankan rumah bersih dan terlihat segar. Namun jika Anda lebih menyukai kesan elegan warna-warna chromo bisa Anda coba.

Setiap warna cat fasad rumah minimalis yang Anda sapukan pada fasad rumah akan memunculkan kesan dan efek psikologis yang tidak sama.

Contohnya ketika Anda memilih warna biru yang memberikan efek segar dan menenangkan, atau warna coklat yang akan menjadikan rumah Anda terasa hangat dan menenangkan.

Sekarang, mungkin Anda berfikir bahwasannya memilih warna cat fasad rumah minimalis adalah hal mudah. Namun, kehati-hatian Anda sangat dituntut dalam menentukan warna cat fasad rumah. Pengalikasian yang salah tidak hanya mengakibatkan kurang nyamanya untuk dilihat namun juga mempengaruhi kejiwaan Anda.

Baca juga:

5 Tips Mudah Mengganti Cat Tembok

Kiat Memilih Warna Cat Fasad Rumah Minimalis Yang Tepat

Oke, sekarang pertanyaannya bagaimana cara menentukan warna cat fasad rumah minimalis yang tepat agar diperoleh hasil terbaik. Anda tentunya tidak menginginkan biaya yang dikeluarkan untuk membeli cat fasad depan rumah minimalis terbuang begitu saja bukan dikarenakan ketidak tauan Anda.

Untuk membantu Anda berikut kiat praktis yang bisa Anda lakukan untuk memilih cat fasad rumah minimalis yang bisa Anda usahakan. Selamat menyimak.

1. Jangan gunakan warna gelap

Diminimalis sarankan gunakan warna-warna netral seperti krem dan putih sebagai warna pelapis pada dinding fasad rumah minimalis Anda. Warna lain seperti ligt gray dan kuning gading juga bisa Anda pilih sebagai warna cat tembok untuk teras rumah.

Penggunaan warna-warna terang bisa digunakan sebagai media untuk memantulkan sinar matahari dan hawa panas yang dihasilkan darinya. Oleh karena itu, suhu ruangan rumah Anda pun akan berkurang sehingga Anda akan merasa nyaman ketika di dalam rumah.

Cat fasad rumah minimalis
mengkombinasikan warna – diminimalis.com

2. Serasikan dengan warna genteng

Selain Anda menggunakan warna inertior rumah sebagai panduan memilih warna cat fasad rumah minimalis, penyesuaian dengan warna genteng juga perlu dilakukan.

Elemen genteng merupakan elemen yang tidak bisa dipisahkan dari fasad rumah. Kesesuain warna antara fasad rumah dengan genteng akan menimbulkan kesan harmonis dan enak dilihat pada rumah Anda. Maka dari itu pilihlah warna yang sesuai untuk keduanya.

3. Menciptakan aksen dengan warna terang

Seperti disebutkan diawal tadi bahwasannya panas yang dihasilkan dari matahari bisa direduksi menggunakan warna terang pada cat fasad rumah minimalis Anda. Namun, penggunaan warna terang yang mencolok sebagai warna utama tidak diminimalis sarankan.

Penggunaan warna dominan yang mencolok akan mengesankan berlebihan dan norak. Gunakanlah warna bold untuk memunculkan aksen yang unik dengan warna netral cat rumah minimalis Anda.

Sebagai contohnya Anda bisa menggunakan warna biru untuk bagian bidang dinding yang menjorok, di sisi lainnya bisa Anda sapukan warna light blue atau light cyan.

Solusi lain, apabila rumah Anda memilik pagar sebagai pengaman tambahan rumah bisa Anda kuaskan warna cerah tersebut, sehingga akan menjadi penarik perhatian tersendiri.

Kesan yang unik dan ‘menyala’ akan Anda dapatkan dengan pengkombinasian warna cat yang tepat.

Pada dasarnya pemilihan cat untuk bagian luar atau fasad rumah juga harus disesuaikan dengan interiornya. Bagaiman desain interior secara umum dan konsep yang diusung oleh rumah itu sendiri. 

Dengan memahami hal tersebut niscaya upaya memilih warna cat fasad rumah minimalis Anda akan berjalan baik dan sempurna. (am.) -editted byRN24052019


Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.