Carport Minimalis Modern Pelindung Kendaraan Bernilai Elegan

Carport minimalis modern merupakan salah satu solusi yang bisa Anda gunakan untuk menampung mobil yang Anda miliki agar tidak terkena panas matahari dan air hujan yang membuat mobil menjadi kusam dan berkarat. Keberadaan garasi indoor sebagai tempat menyimpan mobil memang tidak bisa dimiliki oleh rumah minimalis dikarenakan lahan yang terbatas. Namun, dengan pembuatan carport minimalis kendala tersebut bisa diatasi.

carport minimalis modern
carport minimalis modern – diminimalis.com

Desain rumah minimalis yang berkembang saat ini banyak yang mengusung konsep modern dalam pembuatannya, jadi sangat cocok jika ditambahkan desain carport minimalis modern di dalamnya. Dengan begitu carport juga bisa memberikan nilai tambah tersendiri pada eksterior rumah, terutama desain atap carport yang dipilih. Ditambah lagi area carport juga bisa Anda manfaatkan sebagai area bermain anak, sehingga Anda lebih mudah mengawasi anak-anak saat bermain. Menarik bukan?

Sebelum Anda menikmati hasil dari desain carport minimalis dan tips membuat carport sendiri. Anda harus mengetahui apa itu carport dan apa perbedaannya dengan garasi.

Apa itu Carport?

Carport adalah tempat yang digunakan untuk berteduh mobil yang hanya mempunyai kapasitas lebih kecil dari garasi. Carport berfungsi sebagai tempat perlindungan kendaraan dari air hujan, embun di malam hari, atau dari terik matahari. Carport dibuat karena keterbatasan lahan untuk menampung kendaraan. Umumnya carport dibuat dengan atap datar dan disokong oleh empat tiang.

Berbeda dengan garasi yang dibuat menyatu dengan bangunan rumah, carport dibuat terpisah dengan bangunan rumah sehingga pembuatannya sangat bergantung pada lahan yang tersedia. Garasi merupakan tempat yang dapat ditutup dan dikunci. Keamanannya lebih terjaga dan barang-barang Anda akan lebih aman jika disimpan di ruangan. Sedangkan, carport mempunyai tingkat keamanan yang rendah sebab tempatnya yang terbuka.

Tips Penting dalam Membangun Carport Minimalis Modern Rumah Anda

Membangun sebuah carport yang nyaman dan sesuai dengan keinginan Anda memang harus memperhatikan langkah-langkah yang benar, guna mendapatkan hasil yang baik. Berikut ini beberapa tips penting yang harus Anda perhatikan sebelum membangun carport minimalis di rumah Anda:

1. Standarisasi Ukuran

Setiap mobil mempunyai ukuran yang berbeda-beda. Apabila Anda ingin menempatkan mobil pada carport agar pas, ini standar ideal untuk ukuran carport Anda:

  • Memperhatikan lebar dan panjang. Lebar ideal untuk sebuah carport yaitu antara 2-3 meter dan panjang mencapai 5 meter
  • Ketinggian dari dasar lantai sampai atap mencapai 2,5 meter
  • Jarak antara mobil dengan dinding samping yaitu 1,2 meter
  • Kemiringan lantai dapat Anda berikan -1% sampai -2,5% ke arah depan

2. Memperhatikan Jenis Lantai

Carport di pasang untuk menampung beban berat yaitu mobil, sehingga pemilihan jenis lantai menjadi hal yang paling penting dan harus diperhatikan. Berikut ini jenis lantai yang paling cocok untuk ditempatkan pada carport minimalis :

  • Batu Alam

Jenis batu alam yang paling cocok untuk diletakkan di carport minimalis adalah batu kali lempeng, salagedeng, dan andesit. Pemasangan batu alam tersebut akan menambah kesan alami pada carport Anda. Anda juga tidak perlu lagi menggunakan nat yang sama. Perawatan batu alam ini dapat memoles batu alam dengan finishing coating agar terhindar dari lumut.

  • Lantai Keramik

Keramik yang digunakan pada carport berbeda dengan keramik yang digunakan pada lantai rumah. Jenis keramik pada carport adalah granit atau marmer, jenis keramik yang tidak licin dan dapat menahan beban berat.

  • Paving Block

Perhatikan apakah lantai pada carport Anda masih berupa tanah atau sudah dalam bentuk paving block. Jika masih berupa tanah, Anda dapat memasang beton agar kendaraan mudah masuk.

Paving block adalah jenis lantai yang terbuat dari campuran semen, pasir, dan air. Bahan ini sangat cocok digunakan terutama jika musim hujan. Pori-pori yang terdapat di sela-sela lantai dapat digunakan sebagai resapan air, sekaligus menambah kesan menarik jika terdapat rumput yang tubuh disekitarnya.

3. Jenis Material pada Atap

Kondisi cuaca memang tidak bisa diprediksi secara pasti. Pemasangan atap sangat diperlukan untuk mengantisipasi hujan dan panas agar mobil tidak mudah rusak dan tetap terjaga kualitasnya.

Atap biasanya dipasang tidak terlalu tinggi dan cenderung mepet dengan ketinggian mobil. Sehingga antara atap dan mobil hanya menyisakan sedikit ruang. Perhitungan ini harus pas, kalau tidak akan berisiko terhadap kualitas carport dan mobil Anda. Lantas, apa saja jenis material yang cocok untuk carport di rumah minimalis Anda? Berikut ulasannya.

  • Genteng

Jenis atap ini mempunyai daya tahan terhadap sinar matahari dan hujan sangat baik. Tidak hanya itu, genteng juga mempunyai tekstur yang sejuk, sehingga nyaman untuk berteduh kendaraan Anda. Pemasangan genteng harus menggunakan kuda-kuda yang baik, karena bertujuan untuk menahan beban atap tersebut.

  • Tenda

Penggunaan atap tenda lebih praktis dan fleksibel. Penutup ini dapat dibuka dan ditutup secara mudah. Apabila hujan dan terkena sinar matahari sedangkan mobil berada di luar, tenda dapat ditarik sebagai pelindung.

  • Polikarbonat

Polikarbonat adalah jenis penutup yang terbuat dari plastik dan mudah dibentuk. Pemasangan polikarbonat pada carport adalah cukup dengan memberikan sealent dan sekrup pada balok rangka atap.

4. Posisi Letak Carport

Posisi yang tepat dalam memasang carport untuk rumah minimalis Anda adalah disamping atau berada ditengah sesuai dengan desain fasad Anda. Letaknya jangan sampai mengganggu pintu masuk utama dan mengganggu jalan depan rumah Anda.

Anda juga perlu membuat rancangan tata letak carport yang nantinya tidak menghambat kabel dan instalasi yang ada. Pemasangan listrik pada carport berbeda dengan garasi. Daya yang digunakan pada carport tidak terlalu tinggi jika dibandingkan dengan garasi, sehingga lebih menghemat listrik.

5. Memasang Talang Air

Fungsi pemasangan talang air adalah sebagai tempat pembuangan air hujan. Wadah ini sangat penting untuk carport yang tidak mempunyai posisi atap miring atau datar. Posisi talang air sebaiknya diletakkan di sudut tiang penyangga carport sehingga tidak mengganggu jalan dan pemandangan.

Desain Carport Minimalis Modern dan Elegan

Jika lahan di rumah Anda tidak cukup luas untuk membangun carport yang lebar, maka rekomendasi desain carport minimalis dibawah ini sangat cocok untuk Anda. Selain, bentuknya yang elegan, desain ini simple dan mudah untuk dibuat.

Baca juga: carport minimalis

carport minimalis modern
ide carport minimalis elegan – diminimalis.com
carport minimalis modern
ide carport minimalis – diminimalis.com
carport minimalis modern
carport minimalis elegan – diminimalis.com
carport minimalis modern
ide carport minimalis besar – diminimalis.com
carport minimalis modern
ragam carport minimalis – diminimalis.com
carport minimalis modern
ide carport modern – diminimalis.com
carport minimalis modern
ragam carport minimalis – diminimalis.com
carport minimalis modern
inspirasi carport minimalis – diminimalis.com
carport minimalis modern
ide carport modern elegan – diminimalis.com
carport minimalis modern
ide carport minimalis sederhana – diminimalis.com

Demikian artikel diminimalis tentang carport minimalis modern yang dapat menjadi rekomendasi rumah Anda. Anda juga dapat membuat kreativitas lainnya untuk memperindah bangunan carport. Semoga bermanfaat. Selamat mencoba. (Is) editted by AL26042020


Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.