Cara Sholat Ied di Rumah Saat Pandemi Covid-19

Cara Sholat Ied di rumah menjadi hal yang sangat dicari masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat muslim yang saat ini tengah menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Ibadah puasa tahun ini menjadi puasa yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Hal tersebut dikarenakan, ibadah puasa Ramadhan kali ini dilaksanakan ditengah adanya wabah covid-19 (corona vidus disease 2019) atau lebih dikenal dengan virus corona. Dimana masyarakat dianjurkan untuk tetap di rumah untuk meminimalisir penyebaran virus corona.

Sehingga masyarakat dibatasi dalam beraktivitas di luar rumah. Seperti bekerja, berbelanja, termasuk dalam menjalankan ibadah di Ramadhan bersama keluarga di rumah. Semua kegiatan dianjurkan untuk dilakukan di dalam rumah saja.

Oleh karena itu, pada penghujung Ramadhan tahun ini pasti banyak yang bingung jika melaksanakan sholat Idul Fitri di rumah. Hal ini dikarenakan biasanya sholat Idul Fitri dilaksanakan berjamaah di lapangan.

Sholat Idul Fitri

Sholat Idul Fitri atau Sholat Ied merupakan sholat yang dilaksanakan pada hari raya Idul Fitri atau pada tanggal 1 Syawal. Sholat idul fitri dilaksanakan oleh kaum muslim setelah menjalankan ibadah puasa pada bulan Ramadhan.

Shalat idul fitri atau sholat ied dilaksanakan di pagi hari. Pelaksanaan Sholat ied disunnahkan di tanah lapang. Di Indonesia, pelaksanaan sholat idul fitri biasanya di lapangan yang luas.

Sehingga masyarakat dapat melaksanakansholat idul fitri secara bersama-sama tanpa mengkhawatirkan tempatnya yang sempit atau tidak cukup. Oleh karena itu, kita akan sangat mudah menemukan pelaksanaan sholat idul fitri secara berjamaah indonesia.

Pelaksanaan sholat idul fitri di tanah lapang ini berdasarkan hadist rasulullah SAW yang menyatakan bahwa sholat idul fitri di tanah lapang lebih afdol dari pada shalat ied di masjid.

“Rosulullah SAW biasa keluar pada hari raya Idul Fithri dan Iduh Adha menuju tanah lapang” (HR Abu Said).

Namun, jika memiliki uzur seperti hujan dan tidak ada tanah lapang sisekitar tempat tinggal, maka Anda boleh melaksanakan di masjid. Sama halnya ketika sedang dilanda wabah seperti adanya pandemi covid-19 sekarang ini.

Cara Sholat Ied di Rumah
Cara Sholat Ied di Rumah via klimg.com

Ibadah sholat ied dapat dilaksanakan di rumah masing-masing, baik secara berjamaah maupun sendirian. Sehingga Anda tetap bisa melaksanakan sholat ied walapun tidak diperbolehkan untuk keluar rumah.

Tata cara Sholat Ied di rumah

Sholat Ied yang dilaksanakan di rumah, dapat dilakukan dengan berjamaah ataupun sendirian. Jika Anda hendak melakukan sholat ied di rumah dengan berjamaah, maka jumlah minimal jamaah adalah 4 orang, satu orang imam dan tiga orang makmum.

Berikut cara sholat ied di rumah yang perlu Anda ketahui:

1. Disunnahkan takbiran sebelum sholat

Sebelum dilaksanakan sholat Idul Fitri, Anda dapat mengumandangkan takbir. Takbiran sebelum sholat ini hukumnya sunah. Jadi Anda bisa melakukannya, namun jika tidak-pun tidak apa-apa.

Lafadz takbir tersebut adalah sebagai berikut:

Cara Sholat Ied di Rumah
Cara Sholat Ied di Rumah via bimasislam.kemenag.go.id

“Allahu akbar Allahu akbar Allahu akbar, laa illaaha illallahu wa Allaahu akbar. Allaahu akbar walullaahi hamd”.

2. Pelaksanaan Sholat Ied

Setelah takbiran, Anda dapat langsung melaksanakan sholat Idul Fitri dengan tata cara sebagai berikut:

Pertama, takbiratul ihram dengan membaca Allahu Akbar sambil mengangkat kedua tangan dan berniat dalam hati. Adapun niat sholat Idul Fitri adalah sebagai berikut:

Niat Sholat Idul Fitri secara berjamaah

Ushali sunnatan li’iidil fithri rok’ataini (mamuuman/imaaman) lillaahi ta’aalaa

Artinya: “ Aku berniat shalat sunnah Idul Fitri dua rakaat (menjadi makmum/imam) karena Allah ta’ala.

Niat Sholat Idul Fitri sendirian

Ushalli sunnatan li’iidil fithri rok’ataini adaa’an lillaahi ta’aalaa

Kedua, membaca doa iftitah

Ketiga, membaca takbir pada rakaat pertama sebanyak 7 kali (di luar takbiratul ihram) dan diantara tiap takbir itu dianjurkan membaca:

Cara Sholat Ied di Rumah
Cara Sholat Ied di Rumah via bimasislam.kemenag.go.id

Subhanallah wal hamdulillah wa laa ilaha illa Allah wa Allahu akbar

Keempat, membaca surat al-Fatihah, lalu membaca surah yang pendek dari Al-Qur’an.

Kelima, kemudian ruku’, i’tidal, sujud, duduk diantara dua sujud, sujud, kemudian berdiri dan memulai rakaat kedua.

Keenam, membaca takbir pada rakaat kekedua sebanyak lima kali dan diantara tiap takbir dianjurkan membaca
Subhanallah wal hamdulillah wa laa ilaha illa Allah wa Allahu akbar

Ketujuh, membaca surat Al-Fatihah, lalu membaca surah yang pendek dari Al-Qur’an.

Kedelapan, ruku, i’tidal, sujud, duduk diantara dua sujud, sujud, kemudian tahiyat akhir dan salam.

Ke sembilan, disunnahkan mendengarkan khutbah Idul Fitri.

3. Pelaksanaan Khutbah

Khutbah dilakukan secara singkat, dengan tata cara sebagai berikut:

Khutbah pertama

Khutbah diawali dengan membaca takbir Allahu akbar sebanyak 9 kali. Kemudian membaca Alhamdulillahi rabbil’alamin. Setelah itu membaca sholawat kepada Nabi Muhammad SAW dengan lafadz:

Allahuma sholi’ala sayidinaa muhammadin wa’alaihi wa shobihi wa salam

Kemudian berwasiat takwa dan membaca ayat Al-Qur’an.

Khutbah kedua

Khutbah ke dua diawali dengan membaca takbir (Allahu akbar) sebanyak 7 kali. Lalu membaca Alhamdulillahirabbil’alamin. Setelah itu membaca shalawat kepada Nabi Muhammad SAW dengan lafadz sebagai berikut:

Allahuma sholi’ala sayidinaa muhammadin wa’alaihi wa shobihi wa salam

Setelah itu berwasiat takwa dan membaca ayat Al-Qur’an. Dan yang terakhir mendoakan kaum muslimin sekurang-kurangnya sebagai berikut:

Cara Sholat Ied di Rumah
Cara Sholat Ied di Rumah via bimasislam.kemenag.go.id

Jika jumlah jamaah kurang dari empat orang, atau jika dalam pelaksanaan shalat jamaah di rumah tidak ada yang berkemampuan untuk khutbah, maka sholat Idul Fitri boleh dilakukan berjamaah tanpa adanya khutbah.

Demikian informasi terkait tata cara sholat ied di rumah. Semoga informasi di atas dapat membantu Anda terutama untuk menambah pengetahuan, sehingga akan membantu Anda dalam pelaksanaan sholat Idul Fitri dengan baik dan benar.

Selain itu Anda dapat dengan percaya diri untuk tetap melaksanakan sholat Idul Fitri di rumah dengan keluarga ataupun secara sendiri. Semoga semua informasi di atas bermanfaat untuk Anda semua.

Selamat Hari Raya Idhul Fitri. Mohon maaf lahir dan batin untuk semua. Semoga kita semua tetap senantiasa istiqomah dalam menjalankan kebaikan dan sentiasa diberi kesehtan dan ketabahan ditengah pandemi covid 19 ini. (fy)


Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.