Cara Merawat Tillandsia, Tanaman Unik Tanpa Media Tanam

Tillandsia merupakan satu dari sekian tanaman hias yang banyak dipelihara karena bentuk dan karakter hidupnya yang unik. Tanaman ini cocok untuk Anda jadikan pajangan di beranda rumah. Karakternya yang unik membuat banyak orang kadang kesulitan bagaimana cara merawat tillandsia agar tidak sampai mati.

Tanaman yang tidak memerlukan media tanam ini ternyata tidak bisa dibiarkan sebagaimana tanaman biasa. Tillandsia memerlukan penyiraman, pemupukan, dan perawatan kecil lain seperti halnya tanaman hias pada umumnya. Nah, ada beberapa hal yang setidaknya perlu dilakukan sebagai salah satu cara merawat tillandsia seperti yang ditanyakan oleh sebagian besar pemilik tanaman ini.

Tillandsia, Tanaman Hias Unik Minim Perawatan

Tillandsia merupakan tanaman yang dapat hidup di udara yang artinya media tanam biasa (tanah). Meski sekilas mirip dengan tanaman hias yang digantung di beranda rumah, namun tidak sedikit juga yang masih bingung cara merawat tillandsia. Padahal sebetulnya sama saja dengan perawatan pada tanaman lain, hanya saja tidak sama persis dengan yang menggunakan media tanam.

Di Indonesia sendiri, tanaman ini belum begitu populer. Masih jarang yang memelihara tanaman ini. Tidak heran jika tillandsia ini tergolong sebagai tanaman yang banderol harganya cukup mahal. Ditambah lagi kebanyakan nursery masih acapkali menjual Tillandsia ini dalam jumlah terbatas.

 cara merawat tillandsia, cara perawatan tillandsia, manfaat tanaman tillandisa, bunga Tillandsia, cara merawat tanaman Tillandsia, harga tanaman Tillandsia
tillandsia dalam vas kaca yang cantik – diminimalis.com

Karena Tillandsia merupakan tumbuhan unik yang tidak membutuhkan media tanam, tanaman ini memiliki sebutan Air Plants. Sebutan Air plants pada tillandsia ini karena bertahana hidup dengan menangkap uap air dan debu yang mengandung unsur hara melalui daunnya. Hal inilah yang membuat tanaman ini menjadi mahal, selain karena faktor persediannya yang masih sedikit di Indonesia.

Tanaman ini pada dasarnya satu kelompok dengan anggrek, dan tergolong tanaman epifit yang menempel pada tumbuhan inang tanpa merugikannya. Tillandsia terbilang spesial karena kelangkaannya dan harganya yang tidak murah.

Tillandsia berukuran kecil saja harganya bisa mencapai ratusan ribu hingga jutaan rupiah, tergantung jenisnya. Apabila Anda berkunjung ke daerah yang berudara sejuk seperti Cipanas dan Puncak, mungkin dapat Anda temukan beberapa tanaman tillandsia di beberapa nursery di sana.

Perlu diketahui bahwa tillandsia bukanlah tanaman parasit yang merugikan pohon yang ia tumpangi. Ia hanya menjadikan inangnya sebagai media bergantung saja, sebagaimana bunga anggrek yang menempel pada pepohonan. Bahkan ada juga jenis tillandsia yang dapat hidup di bebatuan.

Meski bisa hidup dengan menggantung di udara, bukan berarti Tillandsia tidak membutuhkan perawatan sama sekali. Selayaknya tumbuhan lain, air plants ini tetap membutuhkan sedikit perhatian agar dapat tumbuh dengan baik. Di bawah ini Diminimalis akan ulas untuk Anda tentang cara merawat Tillandsia dengan baik dan benar.

Cara Merawat Tillandsia dengan Baik dan Benar

Seperti sudah disinggung sedikit di awal bahwa cara merawat tillandsia tidak akan jauh beda dengan tanaman lain. Penyiraman, pemupukan dan pemeliharaan daun-daun yang sudah kering adalah beberapa hal yang wajib dilakukan jika ingin tillandsia bertahan hidup dengan baik.

Penyiraman

Meski tumbuhan ini bisa tumbuh dengan mengandalkan unsur hara di udara, bukan berarti tillandsia tidak membutuhkan air. Air dan mineral tetaplah dibutuhkan oleh setiap tumbuhan, hanya saja kadarnya yang berbeda-beda.

Untuk tillandsia sendiri, hanya membutuhkan air secukupnya saja. Anda cukup menyemprotkan air menggunakan spray tiap pagi dan sore hari. Jika ini dilakukan rutin maka sangat mungkin tillandsia Anda akan hidup sehat dan tidak akan mati.

Pencahayaan

Pada habitat aslinya, tanaman Tillandisa tumbuh liar di hutan tropis, sehingga sinar matahari merupakan kebutuhan vital yang harus ada setiap saat. Oleh karenanya, cara merawat tillandsia saat mengupayakan pencahayaan adalah Anda tidak harus mengarahkan tanaman pada sinar matahari secara langsung. Cukup gantungkan saja Tillandisa pada ruangan pada pada salah satu eksterior rumah minimalis Anda.

Di alam liar, tanaman tillandsia biasa berpegangan pada batang atau ranting-ranting tumbuhan yang tinggi. Apabila bagian tubuhnya terkoyak lalu terlepas, maka dia tetap bisa hidup dengan menggantung meskipun tidak memiliki akar.

bunga Tillandsia, cara merawat tanaman Tillandsia, harga tanaman Tillandsia
tillandisa dalam gantungan kaca yang cantik – diminimalis.com

Meski akarnya dapat tumbuh memanjang, namun fungsinya digunakan untuk berpegang pada media yang dia tumpangi, entah tali atau batang pohon. Hal ini disebabkan karena ia sudah cukup mendaptkan nutrisi udara lembab yang ditangkap oleh bulu-bulu halusnya. Sebagai tanaman hias di rumah, ia dapat hidup walaupun tergantung di udara dengan seutas tali.

Jika Anda tertarik dengan tillandsia, Anda bisa memeliharanya sebagai tanaman hias di rumah. Tanaman ini sangat mudah dirawat, Anda hanya perlu membuatkan naungan dan menyemprotnya setiap hari. Lebih mudah lagi jika Anda hidup di daerah dengan udara yang dingin lembab, karena Anda tidak perlu lagi melakukan penyemprotan berkala.

Tillandisa juga cocok dijadikan budidaya untuk tujuan bisnis, karena harganya yang mahal dan orang masih kesulitan untuk mencarinya. Anda bisa mendapatkan keuntungan yang berkali lipat, karena tanaman ini mudah diperbanyak, dan perawatannya tidaklah sulit.

Berbeda dengan tanaman pada media tanam tanah, cara merawat tillandsia tidak memerlukan pemupukan seperti kompos dan sebagainya. Perawatan nutrisi hanya mencakup pada pencahayaan dan penjagaan kelembaban.

Oleh karenanya, jika Anda menjadikan tanaman ini sebagai salah satu produk bisnis, bukan tidak mungkin hasilnya akan sangat lumayan. Tinggal Anda cari pasar potensialnya yaitu para pecinta tanaman hias rumahan.

Mungkin demikian dulu ulasan dari kami tentang cara merawat tillandsia yang ditanam di rumah. Jika Anda ingin tahu bagaimana sensasinya merawat tanaman hias yang langka dan unik, tillandsia bisa jadi pilihan yang bagus. Semoga bermanfaat. (ls) editted by RN02112020

2 thoughts on “Cara Merawat Tillandsia, Tanaman Unik Tanpa Media Tanam”

    1. Hai kak Fildzah..
      Tillandsia sendiri ada banyak macamnya, apakah sudah dipastikan warna hitam adalah salah satau ciri varietas lain yang beda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.