Cara Merawat Pohon Palem Supaya Tetap Indah dan Sehat Hingga Tua

Perlu Anda ketahui bahwa cara merawat pohon palem sebenarnya sangat mudah. Bagi Anda yang memiliki tanaman hias palem sebagai peneduh dan penghias taman minimalis Anda, Anda bisa melakukan beberapa perawatan rutin supaya pohon tersebut tetap sehat dan indah.Kali ini diminimalis akan mengulas tips merawat pohon palem, mengingat banyaknya manfaat dari pohon tersebut.

Cara Merawat Pohon Palem dari Mulai Pembibitan Hingga Penanaman

 Cara Merawat Palem, Cara Merawat Palem merah, Cara Merawat Palem botol
Media pohon palem perlu disterilkan dari penyakit – diminimalis.com

Pohon palem menjadi salah satu tanaman favorit untuk hiasan di taman rumah. Bentuknya yang unik dengan daun berbentuk jemari (suku pinang-pinangan/arecaceae) membuatnya elegan untuk ada di deretan tanaman rumah Anda.

Berikut ini hal-hal yang peru Anda ketahui tentang pohon palem dan metode penanamannya.

Tentang Pertumbuhan Pohon Palem

Pohon palem sendiri sudah cukup populer karena banyak orang sudah mengenalnya. Palem dapat tumbuh dengan baik di lingkungan beriklim tropis dengan suhu berkisar antara 20 hingga 35 derajat celcius. Secara umum, pohon palem ini dapat tumbuh di dataran tinggi dan juga rendah.

Pembibitan  Pohon Palem

Pohon palem bisa dikembang biakan dengan metode pembijian dan juga anakan. Cara pembibitan pohon palem yang baik yaitu dengan mengggunakan biji. Jikapun akan menggunakan anakan sebaiknya pilih anakan dari biji yang berkualitas. Sebab, tingkat keberhasilannya lebih tinggi.

Cara pembibitan pohon palem sebenarnya sama saja dengan jenis pohon lain. Pertama, pilih biji palem dari indukan yang berkualitas baik, setelah biji siap tebar, selanjutnya biji-biji tersebut disemai. Jika sudah bertunas, bibit dapat dipindah tanamkan pada media tanam yang telah disiapkan.

Pengurusan Media Tanam Palem

Media tanam menjadi salah satu faktor penting dalam keberhasilan menanam. Oleh karenanya penting untuk memperhatikan kualitas dan karakterisitik media tanam termasuk di dalamnya campuran pasir dan pupuk. Gunakan perbandingan 1:1 antara tanah dan pupuk. Pilih tanah dengan tingkat keasaman (pH) 6,5 derajat celcius.

Cara Merawat Pohon Palem pada Taman Minimalis Anda

Untuk lebih jelasnya tentang tips perawatan pohon palem bisa lihat pada ulasan berikut.

1. Menyediakan Tempat yang Sesuai

Tempat tumbuh pohon palem tiap-tiap perlu disesuaikan dengan karakter tiap jenisnya. Untuk tanaman palem yang berpohon besar tentunya membutuhkan tempat yang luas. Sedangkan untuk jenis tumbuhan palem hias kecil, Anda bisa menanamnya di atas pot dan bisa dipindah-pindahkan sesuai selera Anda.

2. Media Tanam yang Tepat

Media tanam untuk palem yang baik sebaiknya terdiri dari campuran kompos, pasir, dan arang sekam dengan perbandingan 1:1:1. Ada baiknya Anda menambahkan sedikit kapur bubuk untuk mengurangi kelembaban yang dapat mencegah tumbuhnya jamur pada akar palem.

3. Persediaan Air

Selalu sirami pohon palem Anda sesuai kebutuhan. Ini disebabkan jika pohon palem kekurangan air, tubuhnya akan kering dan layu sehingga tidak akan menarik untuk dilihat serta tidak terawat baik. Di musim kemarau, pastikan kebutuhan airnya cukup sehingga akarnya dapat menyerap nutrisi dari dalam tanah, dan di musim hujan, Anda cukup menyiraminya bila tidak terjadi hujan saja.

Jenis Pohon Palem, Jenis Pohon Palem hias, harga Pohon Palem
Cahaya matahari di pagi hari sangat baik untuk pertumbuhan pohon palem – diminimalis.com

4. Persediaan Cahaya

Pohon palem selalu memerlukan sinar cahaya matahari yang cukup. Karena tanaman ini akan tumbuh subur dan tinggi jika dengan dukungan sinar matahari di pagi hari.

5. Pemupukan

Lakukan pemupukan yang teratur namun tak perlu terlalu sering. Alangkah baiknya Anda menggunakan pupuk kompos, karena unsur hara yang terkandung dalam pupuk kompos memberi pengaruh yang baik pada pertumbuhan dan warna palem dengan maksimal. Jangan lupa berikan obat pembasmi hama untuk saat musim hujan tiba.

6. Perawatan dalam Pot

Jika Anda menanam pohon palem di dalam pot, alangkah baiknya Anda menggunakan sistem holtikultura dengan media pasir, kerikil serta sekam kayu. Cara ini berguna untuk menjaga kelembaban media di dalam pot.

Cara Merawat Pohon Palem dalam Ruangan

Anda yang ingin menanam pohon palem di dalam ruangan untuk mempercantik rumah, perlu memperhatikan hal-hal berikut ini.

1. Memenuhi Kebutuhan Sinar Matahari

Langkah pertama yang harus Anda perhatikan dalam merawat pohon palem di dalam ruangan yaitu memastikan kebutuhan sinar matahari yang tercukupi dengan baik. Oleh sebab itu, Anda perlu memilih lokasi atau area yang cukup mendapatkan sinar matahari.

Matahari mempunyai peranan penting untuk proses fotosintesis. Durasi, kualitas, dan intensitas cahaya sangat mempengaruhi pertumbuhan tanaman. Oleh karena itu, letakkan tanaman pada area yang terkena sinar matahari selama 12-16 jam per hari agar pohon palem berbunga, dan 14-16 jam per hari untuk menghasilkan daun. Namun, apabila ruangan jauh dari jangkauan dari sinar matahari, Anda dapat menggunakan lampu neon sebagai alternatif.

2. Jangan Memindahkan Tanaman Terlalu Sering

Langkah kedua cara merawat pohon palem di dalam ruangan yaitu jangan terlalu sering memindahkan tanaman. Perlu diketahui bahwa, tanaman memerlukan waktu yang cukup lama untuk menyesuaikan dengan lingkungan sekitar. Sehingga, Anda jangan memindahkan tanaman terlalu sering agar proses adaptasi dapat berlangsung dengan baik.

Tidak hanya itu, apabila Anda terlalu sering memindahkan tanaman misalnya dari tempat gelap ke tempat yang lebih terang akan berdampak negatif pada pertumbuhan tanaman itu sendiri. Selain itu juga jangan menempatkan tanaman pada area dengan ruangan yang sering mengalami perubahan suhu drastis karena juga akan berdampak pada proses pertumbuhan.

3. Menggunakan Alat Pelembab Udara

Selanjutnya langkah yang perlu Anda perhatikan yaitu menggunakan pelembab udara pada ruangan yang kecil. Langkah ini merupakan cara merawat pohon palem yang dapat membuat daun dan bunga menjadi basah. Apalagi jika suhu di ruangan Anda termasuk panas dan lembab.

4. Memberikan Pupuk NPK

Langkah selanjutnya adalah memberikan pupuk NPK. Pupuk NPK berfungsi untuk memberikan nutrisi tanaman agar tumbuh dan berkembang dengan baik. Anda dapat menambahkan juga Natrium, Fosfor, dan Kalium atau pupuk NPK dengan takaran yang seimbang yaitu 10:10:10. Apabila Anda memberikan pupuk ini dengan takaran yang baik, tumbuhan akan subur dan dapat berfungsi sebagai pembersih ruangan.

5. Memangkas Tanaman Secara Rutin

Cara merawat pohon palem dalam ruangan yang terakhir adalah memangkas tanaman secara rutin. Hal ini dilakukan untuk menghindari pertumbuhan yang tidak terkendali. Biasanya tumbuhan yang tidak dipangkas secara rutin akan tumbuh lebat hingga akarnya dapat tumbuh sampai ke luar pot.

Anda bisa memangkas daun-daun yang sudah mulai layu dan kering. Ini dilakukan agar tidak ada serangga yang hinggap dan merusak tanaman. Jika dilakukan secara rutin pertumbuhan tanaman lebih sehat. Dengan begitu, tanaman akan baik dan menarik.

Demikian ulasan kami tentang cara merawat pohon palem, semoga bermanfaat dan menginspirasi Anda untuk menanam pohon palem di rumah. Bagi Anda yang belum memiliki pohon palem di rumah atau belum tertarik memilikinya, Anda bisa membaca artikel kami tentang pohon palem hias tanaman ideal untuk taman minimalis Anda. (Is) editted by AL0121.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.