Anda punya banyak lemari Plastik di rumah? Tahukah Anda bahwa ada cara merawat lemari plastik yang secara khusus perlu dilakukan agar benda untuk simpan menyimpan ini tetap awet.

Untuk membuat lemari pakaian tetap awet, treatment perawatannya harus dilakukan secara rutin dan berkelanjutan. Ini akan sedikit menjamin lemari tersebut tetap bisa dipakai dalam waktu yang lama.

Nah, kali ini diminimalis akan coba mengulas topik khusus tentang cara merawat lemari plastik yang bisa Anda terapkan. Jika Anda termasuk yang memilikinya di rumah, ulasan ini mungkin berguna untuk Anda, jadi silakan disimak ya.

Kenapa Lemari Plastik Perlu Dirawat dengan Baik

Banyak orang tidak sadar bahwa furniture plastik yang ada di rumah perlu ada perawatan. Seperti halnya furniture kayu yang juga memerlukan sentuhan perawatan.

Berikut ini beberapa poin penting alasan kenapa furniture berbahan plastik termasuk lemari perlu dirawat.

Pertama, bahan plastik rawan dimakan tikus

Siapa sangka bahwa ternyata tikus juga doyan benda-benda berbahan plastik. Untuk itulah jika furniture plastik di rumah Anda tidak dirawat maka akan semakin menarik perhatian dan selera tikus tersebut.

Kedua, bahan plastik mudah rusak

Tentu Anda paham bahwa barang-barang berbahan plastik mudah sekali rusak. Terutama jika tergores, penyok, atau terkena benturan benda keras dan tajam

Untuk itulah diperlukan perawatan dan pengamanan supaya tidak membuatnya cepat rusak.

Ketiga, agar ruangan tetap nampak cantik

Siapa sih yang tidak ingin ruangan rumahnya terlihat cantik? Jadi meskipun ruangannya dipenuhi dengan furniture dari plastik tetap bisa estetik kok.

Kuncinya ada pada perawatannya yang memerlukan perlakuan yang benar.

Cara merawat lemari plastik, cara menghilangkan bau lemari, kelebihan lemari plastik
Tips dan cara merawat lemari plastik agar awet dan tahan lama – diminimalis.com

Tips dan Cara Merawat Lemari Plastik

Di bandingkan dengan lemari kayu, kelebihan lemari plastik ialah lebih mudah untuk dibersihkan dan dirawat.

Di bawah ini ada beberapa kiat cara merawat lemari plastik agar setidaknya lebih awet dan tahan lama.

1. Bersihkan Bagian Luarnya Secara Rutin

Lemari yang biasanya menjadi tempat untuk menyimpan pakaian atau barang-barang penting lainnya perlu dibersihkan secara rutin.

Cara merawat lemari plastik dari yang paling simpel adalah membersihkan bagian bodi luarnya.

Anda bisa menggunakan alat pembersih seperti kain atau kuas pembersih untuk membersihkan bagian luar lemari tersebut. Jika debu pada lemari tidak terlalu banyak, Anda dapat membersihkannya dengan kain kering atau alat pembersih lainnya seperti kemoceng dan tisu.

Akan tetapi jika debu lemari terlalu tebal, maka Anda perlu membersihkan dengan menggunakan kain yang sudah dibasahi air. Alternatifnya bisa juga dengan tisu basah namun akan terlalu boros jika banyak yang harus dibersihkan.

Cara merawat lemari plastik, cara menghilangkan bau lemari, kelebihan lemari plastik
bagian dalam lemari plastik juga perlu dirawat agar tidak merusak isi lemari – diminimalis.com

2. Bersihkan Bagian Dalamnya (juga)

Membersihkan bagian dalam lemari tentu sedikit berbeda dengan pembersihan bagian luar.

Sebelum membersihkannya, Anda perlu mengeluarkan seluruh isi lemari agar proses pembersihan lebih mudah dilakukan dan menjaga agar isinya tidak terkena sisa-sisa debu.

Bersihkan bagian dalam lemari menggunakan kain lembab yang sudah dibersihkan, kemudian sapu seluruh permukaan bagian dalamnya hingga bersih.

Lakukanlah hal itu 2-3 kali agar debu yang menempel langsung hilang. Anda bisa agendakan untuk membersihkannya setiap dua pekan sekali atau sesuai kebutuhan.

3. Gunakan Pewangi Lemari

Berbeda dengan lemari kayu yang memiliki pori-pori, lemari pakaian plastik tidak memiliki pori-pori atau celah sehingga sirkulasi udara di dalamnya bisa tidak baik.

Sirkulasi udara di dalam lemari yang buruk bisa membuat pakaian menjadi bau apalagi jika disimpan terlalu lama.

Oleh karena itu agar pakaian Anda tetap segar dan di dalam lemari tidak ada bau apek, gunakan pewangi khusus lemari yang bisa digantung atau diletakkan begitu saja.

Pilihlah pewangi yang tidak menimbulkan bau menyengat agar tidak mengganggu saat pakaian hendak dipakai. Gantungkan pewangi pakaian untuk mencegah timbulnya aroma yang tidak sedap ketika lemari Anda ditutup.

Meski dalam keadaan tertutup, pakaian dan isi lemari Anda akan terhindar dari bau apek karena adanya aroma wangi dari pewangi tersebut. Jadi, cara merawat lemari plastik berisi pakaian salah satunya adalah dengan menambahkan wewangian.

4. Jangan digunakan untuk menyimpan barang berat

Lemari plastik memang umumnya dibuat dengan sistem knock down yang disusun oleh beberapa bagian yang disambungkan dan dirancang untuk kuat menahan beban.

Namun, salah satu kekurangan dari lemari plastik adalah strukturnya yang sedikit kurang kuat jika untuk menahan beban berat.

Untuk itu, sebaiknya hindari meletakkan atau menyimpan barang yang memiliki bobot berat ke dalamnya.

Selain bisa membuatnya cepat rusak, bahan dasarnya juga memang dirancang hanya untuk barang-barang dengan bobot ringan agar mudah dipindahkan dan dibongkar-pasang bila ingin dipindah-pindahkan.

Jadi, cukup mudah bukan cara merawat lemari plastik versi diminimalis? Silakan dipraktekkan di rumah ya. Semoga berhasil (ls) editted by RN07092021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *