Tips dan Cara Merawat Kamar Mandi yang Benar

Sepertinya sudah sering kami ulas di beberapa kami sebelumnya bahwa kamar mandi adalah salah satu dari sekian ruangan yang mesti benar-benar diperhatikan. Kamar mandi yang buruk sistem perawatannya akan cukup jelas efek dominonya.

Pertama, dalam hati kecil Anda mengakui rumah Anda jadi tidak sedap dipandang, itu pasti. Dipakai sendiri sekeluarga oke mungkin tidak jadi masalah besar, tapi bagaimana kalau ada tamu yang pakai. Bukankah bisa jadi penilain buruk?

Kedua, bagaimana soal kesehatannya? Yakin tidak jadi sumber masalah kesehatan untuk keluarga Anda?

Baiklah terserah apapun jawaban Anda, tahu cara merawat kamar mandi yang benar adalah kunci dari masalah-masalah di atas. Anda harus beri perhatian lebih pada bagian kecil apapun di dalam kamar mandi. Bahkan, bila perlu atur agar setiap elemen di dalamnya mampu menunjang perawatan interiornya jadi lebih mudah.

Tidak ada Alasan, Merawat Kamar Mandi itu Super Penting

Terdengar klise dan hiperbolis sih, tapi nyatanya tak semua orang paham dengan detail dampak soal ini. Cara merawat kamar mandi harus dipelajari dan dibiasakan sedini mungkin. Ajari anak Anda bagaimana cara terbaik memakai wastafel, toilet, dan apapun yang ada di dalam sana.

Intensitas penggunaan kamar mandi yang tinggi lantaran bisa berkali-kali keluar-masuk kamar mandi dalam sehari cukup menjadi alasan kuat kenapa harus bersih. Peduli terhadap kebersihan kamar mandi tidak boleh mengandalkan mood ya. Jadikan ini sebagai bookmark aktivitas harian Anda.

cara merawat kamar mandi yang benar, cara membersihkan kloset, cara membersihkan kamar mandi dengan baking soda,

Banyak areadi kamar mandi yang harus dibersihkan agar steril dari kuman yang mendatangkan penyakit – diminimalis.comLantas bagaimana bila Anda lupa membersihkannya secara intensif dan ini terjadi pada rentang waktu yang lama? Pertanyaannya, sudahkah Anda membuat jadwal rutin untuk membersihkan kamar mandi secara disiplin? Jika belum, wajar saja terbengkalai. Anda harus terbiasa, ini adalah kuncinya.

Tips dan Cara Merawat Kamar Mandi yang Benar

Agar kamar mandi selalu bersih, tentu kuncinya ada pada pembersihan yang rutin dan pola perawatannya yang juga harus benar. Untuk memudahkan Anda dalam melakukan program perawatan kamar mandi, berikut kami ulas cara merawat kamar mandi yang benar untuk Anda:

1. Membersihkan setiap sudut kamar mandi

Kamar Mandi Ideal, gambar Kamar Mandi Ideal , desain Kamar Mandi Ideal

kamar mandi yang bersih dapat menghindarkan keluarga kita dari penyakit – diminimalis.com

Cara merawat kamar mandi yang benar pertama adalah fokus pada sudut sempit pada kamar mandi. Seperti kita tahu, kamar mandi mempunyai celah-celah yang menjadi tempat persembunyian kuman dan bakteri. Makanya, kamar mandi perlu untuk dibersihkan setiap waktu dengan mengutamakan celah-celah tersebut.

Bicara soal apa yang bisa dipakai untuk membersihannya? Tidak harus beli mahal, ada banyak kok bahan rumah tangga yang bisa dipakai, salah satunya adalah bubuk soda kue. Bagi Anda yang belum tahu, bubuk soda kue sangat bermanfaat untuk meluruhkan kotoran. Bahan ini juga berguna untuk membantu mensterilkan kuman yang menempel.

Bagian-bagian interior kamar mandi yang harus Anda bersihkan diantaranya ialah lantai, bak, toilet, wastafel, dan dindingnya. Saat membersihkannya, buka jendela dan pintu agar sirkulasi udara tetap terjaga. Pastikan Anda memakai sarung tangan untuk melindungi iritasi kulit karena bahan kimia pembersih.

2. Bersihkan tempat sabun

Tips dan cara merawat kamar mandi yang benar selanjutnya adalah membersihkan tempat sabun dengan teratur. Sisa-sisa sabun bisa menyebabkan lapisan residu. Akibatnya, tempat sabun menjadi berkerak dan semakin sulit dibersihkan.

Cara membersihkan wadah sabun ini cukup mudah. Campurkan soda kue dan kue sama banyak satu sendok the. Beri sedikit air hingga terbentuk menjadi adonan. Oleskan adonan bubuk soda yang sudah dibuat menggunakan sikat gigi bekas.

Bila perlu, tambahkan saja produk pembersih khusus kamar mandi jenis lain untuk menambah efektivitas pembersihan.

3. Bersihkan tempat sikat gigi

Dari semua aksesoris yang ada di dalam kamar mandi, wadah sikat gigi adalah salah satu barang yang harus Anda bersihkan juga. Ada banyak kuman dan bakteri di tempat sikat gigi, baik di dalam wadah atau gantungannya.

Bahayanya, kuman-kuman tersebut bisa berpindah dari wadah ke bulu-bulu di sikat gigi yang secara otomatis akan berpindah pula ke mulut Anda. Apabila wadah tempat sikat gigi di rumah Anda memang terpisah dari kamar mandi, maka cucilah tempat tersebut secara rutin. Jangan lupa untuk membersihkan celah-celahnya hingga bersih.

4. Bersihkan toilet dan sikatnya

Kita tahu, toilet adalah tempat yang paling kotor di kamar mandi. Ada banyak elemen kamar mandi yang berpotensi menjadi sarang kumanm, yang paling besar adalah toilet. Bersihkan semua peralatan pembersih toilet seperti sikat,.

Caranya adalah Anda bilas gagang dan kepala sikat menggunakan air panas. Lalu rendam sikat tersebut ke dalam larutan cuka atau karbol yang dimasukkan ke dalam air panas selama satu jam. Larutkanlah 2 cangkir teh karbol dalam air panas sebanyak 5 liter. Lalu, gosok kepala sikat dengan sabun cuci piring lalu bilas. Biarkan sikat mengering secara alami.

5. Bersihkan Setiap Bercak di Cermin

Jika kamar mandi Anda ada cermin, jangan lupakan pembersihannya juga harus dilakukan. Cermin kamar mandi yang seringkali terkena percikan air sabun jelas lama-lama kotorannya akan menimbulkan bercak.

Oleh karenanya, optimalkan pembersihannya dengan selalu dilap menggunakan pembersih khusus Untuk membersihkan noda membandel, gunakan campuran air dan cuka dalam jumlah yang sama, setelah itu keringkan dengan lap atau koran bekas.

6. Bersihkan Wastafel

Jika wastafel anda berada di ruang kamar mandi, maka sebaiknya elemen ini tak boleh luput dari pembersihan. Wastafel biasanya tidak kalah kotor dibandingkan lantai dan kloset lho, jadi bersihkan seluruh bagian terutama saringannya.

Anda bisa gunakan cairan pembersih kimia, campurkan juga dengan cuka untuk mendapatkan  kesan bersih yang maksimal. Terakhir bisa siram dengan air hangat setengah panas agar kotoran yang terlihat bisa hilang terbawa air.

7. Bersihkan juga gagang Pintu Kamar Mandi

Bagian lain dari kamar mandi yang biasanya luput dari pembersihan adalah gagang pintu. Padahal, ini sering dipegang bahkan dalam keadaan tangan sedang kotor-kotornya.

Untuk mencegah kuman berpindah dengan mudah dari tangan Anda ke orang lain, maka tidak ada cara lain selain harus membersihhkannya secara rutin. Gunakan tisu desinfektan atau cairan pembersih lainnya yang mudah Anda temukan.

Terakhir, sebagai pelengkap, agar pembersihan kamar mandi Anda berjalan sempurna, Anda mesti memperhatikan berbagai kriteria kamar mandi ideal. Coba perhatikan ventilasi dan sumber cahaya apakah bisa masuk dengan baik ke dalam kamar mandi atau tidak.

Kondisi kamar mandi yang akan sering lembab jelas jadi pertanda buruk jika tidak diimbangi dengan perhatian terhadap hal-hal tersebut. Bila kesulitan menambahkan jendela, bisa tambahkan exhaust fan kamar mandi sebagai pengantinya.

Jika hal-hal seputar cara merawat kamar mandi yang benar di atas diperhatikan baik-baik, maka kami yakin tidak akan ada masalah besar pada kamar mandi Anda. Selamat bekerja dan semoga bermanfaat.(ls) editted by RN31052020

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.